Home » Info Baru » Prinsip Kerja Mesin Bubut Beserta Bagian-Bagiannya

Prinsip Kerja Mesin Bubut Beserta Bagian-Bagiannya

prinsip+kerja+mesin+bubut
Prinsip Kerja Mesin Bubut

Prinsip Kerja Mesin Bubut – Mesin bubut adalah suatu mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar. Bubut itu sendiri merupakan proses pemakanan benda kerja yang dilakukan dengan cara memutar benda kerja, kemudian dikenakan pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja.

Prinsip Kerja Mesin Bubut

Kinerja mesin bubut didasari oleh bagian-bagiannya. Diantara bagian-bagiam utama mesin bubut terdiri dari meja dan kepala tetap. Di dalam kepala tetap terdapat roda-roda gigi transmisi penukar putaran yang akan memutar poros spindel.

Poros spindel akan memutar benda kerja melalui piringan pembawa sehingga memutar roda gigi pada poros spindel. Melalui roda gigi penghubung, putaran akan disampaikan ke roda gigi poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros ulir tersebut diubah menjadi gerak translasi pada eretan yang membawa pahat. Akibatnya pada benda kerja akan terjadi sayatan yang berbentuk ulir.

Pada mesin bubut, gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif, sedangkan gerakkan translasi dari pahat bubut dinamakan gerak umpan. Dengan mengatur perbandingan kecepatan rotasi benda kerja dan kecepatan translasi pahat maka akan diperoleh berbagai macam ulir dengan ukuran kisar yang berbeda-beda.

Roda gigi penukar disediakan secara khusus untuk memenuhi keperluan. Jumlah gigi pada masing-masing roda gigi penukar bervariasi mulai dari jumlah 15 sampai dengan jumlah maksimum 127. Roda gigi penukar dengan jumlah 127 mempunyai kekhususan karena digunakan untuk konversi dari ulir metrik ke ulir inci.

Baca Juga :  Pengertian Dan Bagian-Bagian Genset

Bagian-Bagian Mesin Bubut

Dalam menunjang prinsip kerjanya, mesin bubut didukung oleh bagian-bagian utamanya. berikut merupakan bagian-bagian utama pada mesin bubut beserta fungsinya masing-masing.

  • Kepala Tetap, berfungsi sebagai dudukan benda kerja.
  • Kepala Lepas, fungsi utama dari bagian ini adalah sebagai penyenter dan penahan benda kerja, serta sebagai tempat chuck bor dalam proses pengeboranbenda kerja.
  • Eretan, berfungsi sebagai tempat dudukan mata pahat mesin bubut.
  • Meja Mesin, berfungsi sebagai tempat dudukan kepala lepas dan eretan.
  • Rumah Mata Pahat, berfungsi sebagai penjepit dan penahan mata pahat bubut.

Demikianlah informasi mengenai prinsip kerja mesin bubut beserta bagian-bagian pendukungnya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top