Home » Info Baru » Jenis Carbon Brush Mesin Gerinda

Jenis Carbon Brush Mesin Gerinda

jenis+carbon+brush+mesin+gerinda
Carbon Brush Mesin Gerinda

Jenis Carbon Brush Mesin Gerinda – Artikel kali ini akan membahas jenis dan ukuran carbon brush atau spul pada mesin gerinda tangan. Jika akan mengganti carbon brush mesin gerinda, perhatikan merk dan tipe mesin gerinda, agar tidak terjadi kesalahan ukuran pada carbon brush. Karena carbon brush pada mesin gerinda tangan memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengganti carbon brush pada mesin gerinda tangan yaitu jenis dan ukurannya. Carbon brush itu sendiri memiliki ukuran yang berbeda antara merk mesin gerinda yang satu dengan lainnya. Jenis dan ukuran tersebut sangat dipengaruhi oleh masing-masing merk mesin gerinda.

Carbon brush merupakan zat karbon padat yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik pada peralatan elektrik yang memiliki rotor dan stator. Namun, jenis carbon brush pada peralatan elektik tersebut sangat bervariasi bentuk dan ukurannya.

Pada umumnya, carbon brush mesin gerinda tangan berbentuk kotak memanjang. Ada yang persegi dan ada yang persegi panjang. Begitu juga dengan jenis pengaitnya, ada yang menggunakan pir dan juga ada yang menggunakan plat konek.

Mesin gerinda tangan yang digunakan terus-menerus, pasti lama-kelamaan carbon brush tersebut akan habis. Ciri-ciri carbon brush habis yaitu mesin gerinda tangan tidak bisa dihidupkan. Sehingga harus mengganti carbon brush yang habis tersebut dengan yang baru.

Baca Juga :  Harga Gear Box Mesin Potong Rumput

Jenis Dan Ukuran Carbon Brush Mesin Gerinda Tangan

1. Carbon Brush Gerinda Hitachi (CB 021)

Mesin gerinda tangan dengan merk hitachi memiliki tipe carbon brush CB 021. Biasanya carbon brush tersebut dipakai pada mesin gerinda tangan tangan merk hitachi yang memiliki tipe G 10 SS, G 10 SB1 dan PDA 100.

2. Carbon Brush Gerinda Bosch (GWS 6-100 dan GWS 7-100)

Mesin gerinda tangan dengan merk bosch menggunakan ukuran carbon brush seperti tipe mesinnya, yaitu GWS 6-100 dan GWS 7-100. Biasanya jenis carbon brush ini memiliki jenis konekan sebagai penghubungnya.

3. Carbon Brush Gerinda Makita Dan Maktec (CB 411 dan CB 459)

Untuk merk mesin gerinda makita dan maktec memiliki kemiripan dalam penggunaan carbon brushnya yaitu CB 411. Karena kedua merk tersebut memang diproduksi dalam satu pabrik. Carbon brush CB 411 dipakai pada mesin gerinda tipe MT 954, N 9500 N, dan 9523 NB. Sedangkan untuk CB 459 dipakai pada tipe MT 90, GA 4030, dan GA 5030.

4. Carbon Brush Gerinda Modern (CB 51)

Pada umumnya mesin gerinda tangan dengan merk modern memiliki carbon brush dengan tipe CB 51. Namun ada juga yang menggunakan CB 411 seperti yang dimiliki oleh mesin gerinda tangan merk makita dan maktec.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis carbon brush dari beberapa merk mesin gerinda tangan yang populer di Indonesia. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga :  Cara Pasang Cup Sealer

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top