Home » Mesin » Bagian – Bagian Mesin Cabut Bulu Ayam

Bagian – Bagian Mesin Cabut Bulu Ayam

bagian+mesin+cabut+bulu+ayam
Mesin Cabut Bulu Ayam

Bagian – Bagian Mesin Cabut Bulu Ayam – Mesin cabut bulu ayam merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan bulu-bulu ayam setelah dipotong. Meskipun memiliki komponen yang sederhana, tetapi manfaat yang diberikan alat tersebut sangat besar dalam urusan mencabut bulu ayam.

Pada dasarnya, mesin cabut bulu ayam ini terdiri dari dua buah komponen yang saling terhubung dan bekerja sama. Yaitu sebuah mesin penggerak dan tabung penggilingan. Dan untuk lebih jelasnya, silahkan simak pembahasan berikut ini mengenai bagian-bagian yang ada pada gilingan cabut bulu ayam beserta fungsinya.

Bagian – Bagian Mesin Cabut Bulu Ayam

Sebuah mesin cabut bulu ayam memiliki komponen yang memiliki tugas masing-masing. Dan bagian-bagian tersebut antara lain :

1. Mesin Penggerak

Mesin penggerak yang digunakan pada mesin cabut bulu ayam terbagi menjadi dua jenis, yaitu dinamo dan mesin bensin. Namun, yang sering digunakan adalah dinamo. Karena, selain lebih praktis, dinamo juga mudah digunakan. Mesin penggerak ini berfungsi untuk memutar piringan yang terdapat di dalam tabung penggilingan mesin cabut bulu ayam.

Baca Juga :  Bagian - Bagian Kipas Angin Dan Fungsinya

2. Vanbelt

Vanbelt atau tali kipas merupakan komponen pada mesin cabut bulu ayam yang berfungsi untuk menghubungkan antara mesin penggerak dengan poros piringan penggiling.

3. Puli

Puli merupakan bagian yang berfungsi sebagai tempat alur pergerakan vanbelt. Puli ini berada masing-masing pada mesin penggerak dan poros piringan penggiling. Ada yang besarnya sama dan ada pula yang berbeda tergantung dari tipe mesin cabut bulu ayamnya.

4. Bearing

Pada mesin cabut bulu ayam terdapat bearing yang berfungsi sebagai tempat dudukan poros penggiling. Biasanya terdapat tiga bearing yang terdapat pada as piringan.

5. Piringan

Piringan merupakan damparan yang berputar di dalam tabung mesin cabut bulu ayam. Piringan ini memiliki diameter yang lebih kecil dari tabungnya. Dan terdapat karet-karet yang terpasang berjajar pada permukaan piringan tersebut.

6. Tabung Penggiling

Tabung penggiling adalah ruang utama dari mesin cabut bulu ayam yang digunakan untuk menggiling. Pada dinding tabung penggiling ini juga terdapat karet-karet yang tersusun rapih mengelilingi permukaan bagian dalam tabung dari bawah hingga atas.

Baca Juga :  Bagian - Bagian Mesin Cuci Dan Fungsinya

7. Karet Penggiling

Karet pada mesin cabut bulu ayam berfungsi untuk mencabut bulu dan menyapu bulu ke lubang pembuangan ketika piringan penggiling berputar. Karet ini akan bergesekan dan menarik bulu-bulu ayam yang dimasukan ke dalam tabung penggilingan hingga bersih.

Demikianlah uraian mengenai bagian-bagian mesin cabut bulu ayam. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top