Home » Mesin » Alat Pres Plastik

Alat Pres Plastik

alat pres plastik
Alat Pres Plastik
Alat Pres Plastik – Alat pres plastik (impulse sealer)adalah mesin yang digunakan untuk mengemas plastik makanan. Fungsi alat ini yaitu untuk merekatkan plastik (membungkus) aneka makanan ringan supaya lebih awet dan tahan lama.

Cara kerja alat pres plastik ini yaitu mengubah energi listrik menjadi panas. Panas yang dialirkan pada sebuah elemen akan melelehkan plastik. Setelah plastik meleleh, akan ditekan oleh alat pres hingga plastik merekat. Sehingga, platik kemasan akan tertutup.

Suhu panas pada alat pres plastik ini diatur oleh relay saklar yang dapat mengubah tingkat temperaturnya. Jadi, alat presi ini dapat digunakan untuk mengepres jenis plastik tipis, plasti sedang, dan plastik tebal.

Macam – Macam Alat Pres Plastik

Alat pres plastik ini memiliki dua jenis tipe, yaitu tipe biasa dan tipe vakum penghisap. Alat pres plastik tipe biasa memiliki dua ukuran berdasarkan panjang elemennya. Yaitu PFS-200 (20cm) dan PFS-300 (30cm). Dan pres plastik tipe biasa ini digunakan untuk mengemas makanan kering, seperti keripik, kerupuk, dan lain-lain.

Cara menggunakan alat pres plastik tipe biasa ini sangat mudah. Pertama, hidupkan alat pres plastik dan atur temperatur panasnya sesuai ketebalan plastik. Setelah itu, tempelkan ujung plastik yang telah terisi makanan. Kemudian pres dengan alat penekannya.

Pada alat pres plastik tipe vacum, dilengkapi dengan adanya vacum penghisap angin agar kemasan makanan tidak menggembung. Tipe alat pres vacum ini biasanya digunakan untuk mengemas makanan setengah basah, seperti ikan bandeng, daging, dan lain-lain.

Cara menggunakan alat pres plastik vakum ini sedikit berbeda dengan alat pres plastik biasa. Setelah mesin pres dihidupkan, masukan ujung plastik yang telah terisi makanan ke dalam mulut vacum yang terletak di dekat elemen pemanas. Kemudian tekan alat presnya sampai terkunci. Setelah itu, tekan tombol start, maka vakum akan menghisap angin di dalam plastik kemasan. Setelah lampu indikator berubagh warna, tandanya pengepresan telah selesai.

Demikianlah ulasan tentang alat pres plastik dan cara penggunaannya. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top