Servis Cara Mengganti Bearing Kipas Angin

Cara Mengganti Bearing Kipas Angin

bearing+kipas+angin
Cara Mengganti Bearing Kipas Angin

Cara Mengganti Bearing Kipas Angin – Bearing pada kipas angin memiliki peranan yang sangat penting. Karena merupakan tempat berputarnya poros kipas. Sehingga, jika bearing kipas angin rusak, maka akan berdampak buruk pada kipas angin.

Ciri-ciri kipas angin yang mengalami kerusakan pada bearing dapat ditandai dari beberapa gejala. Seperti putaran kipas yang tidak stabil, kipas angin berbunyi kasar dan bergetar, atau kipas angin macet tidak bisa berputar sama sekali.

Oleh sebab itu, jika kipas angin yang kita miliki muncul permasalahan seperti itu, periksalah apakan bearing kipas angin masih bagus atau tidak. Apabila menemukan bearing telah rusak, segeralah ganti beraing kipas angin tersebut agar dapat normal kembali.

Namun, dalam penggantian bearing pada kipas angin, kita harus paham cara melepas dan memasang bearing tersebut dari as kipas. Agar tidak terjadi kesalahan yang menyebabkan munculnya permasalahan yang lain. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan memberikan pembahasan mengenai cara mengganti bearing pada kipas angin.

Cara Mengganti Bearing Kipas Angin

Untuk mengganti bearing pada kipas angin, kita harus membongkar dan mengambil bearing dari rumahnya terlebih dahulu dengan cara :

1. Bukalah jeruji pelindung pada mesin kipas angin. Ada yang memiliki pengunci, ada pula yang hanya dengan cara memutar jeruji tersebut.

2. Kemudian lepaskan baling-baling dari dudukannya dengan melepaskan mur penguncinya terlebih dahulu ke arah kanan (searah jarum jam).

3. Bukalah cover dinamo kipas angin. Biasanya memiliki beberapa sekrup atau baut pengunci yang harus dilepaskan terlebih dahulu menggunakan obeng.

4. Kemudian, ambil dinamo mesin kipas angin dari tempatnya.

5. Buakalah dinamo tersebut dengan membelah menjadi dua bagian. Kemudian, lepaskan kedua bearing yang terletak di dalam rumah dinamo tersebut. Gunakan palu kecil untuk mengetuknya keluar.

6. Setelah bearing terlepas, gantilah dengan bearing baru yang memiliki ukuran sama. Untuk membeli bearing tersebut, sebaiknya bawalah contoh bearingnya atau sebutkan nomer bearing yang tertera pada penutup bearing.

7. Jika bearing telah terpasang dengan benar, pasang kembali rotor pada tempatnya.

8. Kemudian rangkai bagian-bagian yang terlepas tadi. setelah selesai, cobalah untuk menghidupkan mesin kipas angin dan lihat hasilnya. Wus..wus..wus,,,kipas angin bergerak tanpa suara.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengganti bearing kipas angin. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *