Servis Cara Melepas Kipas Pompa Air Honda

Cara Melepas Kipas Pompa Air Honda

cara+melepas+kipas+pompa+air
Cara Melepas Kipas Pompa Air Honda
Cara Melepas Kipas Pompa Air Honda – Melepas kipas pompa (impeller) pada mesin pompa air honda biasanya dilakukan pada saat akan mengganti mekanikal seal. Atau juga ilakukan pada saat akan mengganti kipas tersebut karena telah rusak. Namun, kita harus mengetahui cara membukanya agar kipas tersebut tidak rusak (pecah).

Pada mesin pompa air honda, terdapat dua macam jenis tipe kipas pompa. Yaitu tipe drat/ulir dan tipe kones. Oleh sebab itu, sebelum melepas kipas pada pompa air honda tersebut, perhatikan dengan benar jenis tipe kipas pompanya. Karena, dari kedua jenis kipas pompa tersebut untuk membukanya pun caranya berbeda.

Untuk mengetahui jenis tipe kipas pada pompa air honda, kita harus membongkar tabung pompa dan melihat perbedaa dari ujung kipasnya. Jika pada ujung kipas teradapat baut pengunci, maka kipas tersebut merupakan jenis kones. Namun, jika tidak ada baut pengunci, maka kipas tersebut adalah jenis drat/ulir. Sedangkan untuk cara melepas kipas pompa air honda tersebut, bisa mengikuti langkah-langkah yang akan dibahas berikut ini.

Cara Melepas Kipas Pompa Air Honda

Sebelum membuka kipas pada mesin pompa air honda, sediakan terlebih dahulu kunci pas atau ring (ukurannya disesuaikan), dan alat bantu lainnya seperti palu dan obeng. Dan untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Buka tabung pompa dengan membuka 4 baut penguncinya. Kemudian lepaskan cashing pompa air tersebut secara pelan-pelan agar o-ring karetnya tidak rusak (putus).

2. Untuk melepas kipas pompa jenis drat/ulir, kita dapat menggunakan palu. Caranya yaitu dengan mengetuk secara perlahan-lahan dengan arah putaran ke kiri (berlawanan jarum jam) sampai kipas terlepas.

3. Untuk melepas kipas pompa jenis kones, lepaskan terlebih dahulu baut pengunci kipas yang terdapat pada ujung kipas. Kemudian, ketuklah kipas secara perlahan ke arah dalam sampai kipas terpental dan terlepas. Tetapi, jika kipas tak kunjung lepas, kita bisa menggunakan oben min untuk membantu mencongkel ke arah luar sambil mengetuk-ngetuk kipasnya sampai terlepas.

Begitulah cara melepas kipas pada mesin pompa air honda. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *