Home » Servis » Cara Memperbaiki Mesin Pompa Air Honda

Cara Memperbaiki Mesin Pompa Air Honda

cara+memperbaiki+mesin+pompa+air+honda
Cara Memperbaiki Mesin Pompa Air Honda

Cara Memperbaiki Mesin Pompa Air Honda – Pada kesempatan kali ini akan menguraikan tentang cara memperbaiki mesin pompa air honda. Permasalahan apa saja yang sering terjadi pada mesin pompa tersebut? Simak pembahasannya berikut ini.

Untuk memperbaiki mesin pompa air honda, terlebih dahulu kita harus mengetahui jenis-jenis permasalahan kerusakannya. Berikut ini merupakan beberapa permasalahan yang sering terjadi pada mesin pompa air honda beserta langkah-langkah cara mengatasinya.

Permasalahan Dan Cara Memperbaiki Mesin Pompa Air Honda

1. Mesin Pompa Air Honda Susah Hidup

Mesin pompa air honda yang tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, biasanya akan susah dihidupkan ketika akan digunakan kembali. Ada dua kemungkinan yang menjadi penyebab mesin susah dihidupkan. Yaitu karburatro kotor dan busi mati.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi mesin pompa air honda uang susah hidup, bersihkanlah karburator dan cek businya apakah masih nyala atau tidak. Karena, mesin yang jarang digunakan akan terjadi pengendapan bahan bakar pada karburator. Begitu juga dengan busi, biasanya akan berkerak, sehingga harsu dibersihkan atau diganti.

2. Mesin Pompa Air Honda Di Gas Mati

Pengguna mesin pompa air honda pasti pernah mengalami ketika mesin akan di gas tiba-tiba mati sendiri. Permasalah seperti ini, dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya yaitu filter udara kotor dan kompresi lemah.

Untuk mengatasi masalah ini, hal yang pertama adalah membersihkan saringan filter udara. Kemudian, cek tekanan kompresi mesin. Jika kompresi lemah, sebaiknya lakukanlah penyekiran klep agar kompresinya meningkat.

3. Mesin Pompa Air Honda Tidak Nyedot

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi jika mesin pompa air honda tidak bisa menyedot air. Diantaranya yaitu mekanikal seal rusak, impeller tersumbat kotoran, dan karet nepel tidak terpasang.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah ini kita harus mengecek bagian-bagian tersebut. Jika mekanikal seal rusak, gantilah dengan yang baru. Ketika mengganti mekanikal seal, kita dapat sekalian membersihkan impeller dari kotoran. Untuk karet nepel yang tidak terpasang, pasanglah karet nepel dengan benar dan kencangkan nepel secara maksimal.

4. Mesin Pompa Air Honda Tidak Bisa Stabil

Mesin pompa air honda yang tidak stabil atau berbunyi tersendat-sendat, biasanya disebabkan oleh umur busi yang sudah tua, sehingga nyala busi menjadi lemah. Akibatnya akan terdengar bunyi yang tidak stabil ketika mesin dinyalakan. Untuk mengatasinya, gantilah busi baru agar proses pembakaran mesin sempurna.

Namun, bunyi mesin yang tidak stabil ini juga bisa disebabkan oleh karburator kotor. Oleh sebab itu, bersihkanlah karburator secara rutin dan berkala agar performa mesin tetap terjaga.

Itulah beberapa permasalahan dan cara memperbaiki mesin pompa air honda. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top