Home » Tip & Trik » Cara Membersihkan Kipas Angin

Cara Membersihkan Kipas Angin

cara+membersihkan+kipas+angin
Cara Membersihkan Kipas Angin

Cara Membersihkan Kipas Angin – Perawatan kipas angin harus benar-benar diperhatikan. Salah satunya yaitu dengan cara membersihkan secara rutin. Agar kipas angin lebih awet dan kebersihan udaranya terjaga.

Kipas angin yang sering digunakan, akan menghisap banyak debu yang kemudian menempel dan menebal di celah-celah kipas angin. Oleh karena itu, harus dibersihkan agar putaran baling-baling tidak melambat yang mengakibatkan dinamo kipas angin cepat panas.

Untuk membersihkan kipas angin, kita bisa melakukannya sendiri. Hanya cukup menyediakan alat-alat seperti obeng dan kain lap. Jika ingin bersih sempurna, bisa menggunakan cairan cleanin yang terjual di minimarket. Ada pun cara membersihkan kipas angin adalah sebagai berikut.

Cara Membersihkan Kipas Angin

Sebelum memulai pembersihan, pastikan kipas angin dalam keadaan dingin (tidak baru digunakan) dan tidak terhubung ke sumber listrik. Kemudian lakukan langkah di bawah ini :

1. Bukalah tutup pelindung baling-baling kipas. Biasanya terdapat sekrup pengunci yang harus dilepaskan dulu menggunakan obeng.

2. Setelah terbuka lepaskan baling-baling kipas angin dengan cara membuka mur pengunci yang berada di tengah (as baling-baling). Biasanya menggunakan ulir kiri, sehingga untuk membuka mur pengunci tersebut kita harus memutar ke kanan.

3. Kemudian lepaskan tutup baling-baling belakang dengan membuak sekrup penguncinya. Biasanya memiliki dua buah sekrup pengunci.

4. Cucilah semua bagian-bagian yang telah dilepas menggunakan air dan sabun cucian piring agar kotoran dapat tuntas terbuang. Setelah itu, jemur atau biarkan hingga kering

5. Sambil menunggu bagian-bagian yang dijemur, bersihkan seluruh cover mesin kipas angin, mulai dari dudukan, panel saklar, dan kabel dengan kain lap basah.

6. Setelah seluruh bagian kering, pasang kembali sesuai tempatnya. Jangan sampai ada yang tertinggal dan terbalik. Setelah semua terpasang dengan benar, cobalah hidupkan kipas angin dan rasakan kesegarannya.

Demikianlah panduan mengenai cara membersihkan kipas angin. Mudah dan tidak perlu dibawa ke tempat servis terdekat. Dan semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top