Home » Servis » Cara Memperbaiki Permasalahan Mesin Pompa Air

Cara Memperbaiki Permasalahan Mesin Pompa Air

permasalahan+mesin+pompa+air
Memperbaiki Masalah Pompa Air

Cara Permasalahan Mesin Pompa Air – Mesin pompa air merupakan sebuah alat bantu yang wajib dimiliki di rumahan. Dengan adanya mesin pompa air, pemasokan air di rumah akan menjadi lebih cepat dan mudah. Namun, mesin pompa air terkadang juga mengalami masalah. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki permasalahan yang terjadi pada mesin pompa air.

Dalam penggunaanya, memang tak selamanya mesin pompa air yang kita miliki selalu lancar. Biasanya pemakaian dalam jangka waktu lama, mengakibatkan mesin pompa air mengalami permasalahan. Entah itu kerusakan ringan atau pun masalah yang serius.

Nah, bagi yang mesin pompa airnya sedang mengalami masalah, Anda tidak perlu khawatir dan berpikiran untuk segera membeli yang baru. Karena, siapa tahu mesin pompa air hanya mengalami kerusakan kecil dan masih bisa diperbaiki. Berikut merupakan beberapa permasalahan yang sering terjadi pada mesin pompa air dan cara memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Permasalahan Mesin Pompa Air

Diantara permasalahan yang sering terjadi pada mesin pompa air antara lain:

1. Mesin Pompa Air Hidup Tetapi Air Tidak Keluar

Permasalahan yang satu ini sering sekali terjadi pada mesin pompa air yang sudah lama digunakan. Permasalahan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya yaitu mekanikal seal rusak, impeller aus, dan saluran pengisapan terdapat kebocoran.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Genset Tidak Keluar Listrik

Untuk mengatasi permasalahan ini, kita harus menelusuri satu per satu penyebabnya. Untuk mengecek mekanikal seal dan impeller, kita harus membongkar mesin pompa air tersebut. Jika mendapati mekanikal seal atau impeller rusak, maka gantilah bagian yang rusak tersebut dengan yang baru.

Namun jika kedua bagian tersebut masih bagus, periksalah saluran pipa pengisapan. Saluran pengisapan yang bocor biasanya ditandai oleh adanya resapan air yang menetes. Dan apabila menemukan kebocoran pada saluran pengisapan, segerala perbaiki dengan cara menambal atau mengelem pada bagian yang bocor tersebut.

2. Mesin Pompa Air Tidak Dapat Berhenti Meski Kran Air Telah Ditutup

Permasalahan ini hanya terjadi pada mesin pompa air yang memiliki sistem otomatis. Penyebab dari mesin pompa air yang tidak dapat berhenti ini adalah otomatis yang telah rusak.

Jika mengalami masalah seperti ini, periksalah pengaturan tekanan pada otomatis tersebut dan putarlah ke arah tekanan yang lebih rendah. Jika dengan mengatur tekanan air pada otomatis tersebut tidak membuahkan hasil, maka gantilah otomatis pompa air tersebut dengan yang baru.

3. Mesin Pompa Air Terkadang Hidup Sendiri

Penyebab dari permasalahan ini adalah adanya kebocoran pada saluran keluar pompa air tersebut. Kebocoran tersebut biasanya terjadi pada sambungan-sambungan pipa atau pada kran air yang tidak dapat tertutup rapat.

Untuk mengatasi masalah ini, periksalah pada setiap sambungan pipa keluar dan kran air. Jika terdapat rembesan atau tetesan air pada sambungan pipa, perbaikilah dengan cara mengelem sambungan pipa tersebut. Namun jika rembesan atau tetesan air tersebut terdapat pada kran air, maka gantilah kran air tersebut dengan yang baru.

Baca Juga :  Panduan Servis Pompa Air Semua Merk

Demikianlah uraian mengenai cara memperbaiki permasalahan pada mesin pompa air. Untuk permasalahan lainnya, akan segera diulas pada artikel berikutnya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *