Home » Mesin » Macam – Macam Mesin Potong Rumput

Macam – Macam Mesin Potong Rumput

mesin+potong+rumput
Macam – Macam Mesin Potong Rumput
Macam – Macam Mesin Potong Rumput – Mesin potong rumput adalah mesin yang digunakan untuk membabat rumput. Dengan bantuan alat ini, pekerjaan memotong rumput menjadi lebih cepat. Sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, cara menggunakan mesin potong rumput ini juga sangat mudah. Cukup menekan tuas gas dan mengarahkan mata potong ke rumput yang dituju.

Sebagai alat yang sangat membantu pekerjaan, maka mesin potong rumput ini perlu ada di rumah atau pun perkantoran. Apalagi jika terdapat lahan yang luas yang perlu pemeliharaan rutin, maka solusi terbaik untuk menyiangi rumput-rumput liar adalah dengan menggunakan mesin ini.

Namun, sebelum berniat untuk memiliki alat potong rumput ini, sebaiknya kenali dulu jenis mesin rumput yang akan kita beli. Karena mesin potong rumput ini memiliki beberapa macam variasi model dan cara kerja yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang macam-macam mesin potong rumput yang sering digunakan dalam pekerjaan membabat rumput.

Macam – Macam Mesin Potong Rumput

Berdasarkan sumber penggerak yang digunakan dan cara pengunaanya, mesin potong rumput dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya yaitu :

1. Mesin Potong Rumput 2 Tak

Mesin potong rumput 2 tak adalah jenis mesin potong rumput yang mengusung mesin 2 tak sebagai penggeraknya. Mesin 2 tak adalah mesin yang menggunakan bahan bakar bensin campur. Meskipun suaranya sedikit berisik, namun tenaga yang dihasilkan sangat maksimal.

Perawatan dan pemeliharaan pada mesin potong rumput 2 tak juga tidak begitu sulit. Yang terpenting adalah jangan sampai lupa/salah dalam menggunakan bahan baharnya. Yaitu bahan bakar bensin yang dicampuri dengan minyak pelumas 2 tak.

2. Mesin Potong Rumput 4 Tak

Mesin potong rumput 4 tak ini sangat berbeda sekali dengan mesin potong rumput 2 tak. Karena memiliki suara yang halus yang ramah lingkungan. Selain itu, mesin penggerak 4 tak juga sangat terkenal dengan irit bahan bakar. Namun, tentu saja harganya sedikit lebih mahal dari mesin potong rumput 2 tak.

Mesin potong rumput 4 tak ini menggunakan bahan bakar bensin murni dan juga menggunakan oli mesin yang perlu diganti secara rutin. Oleh sebab itu, perawatannya harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai terjadi oli mesin sampai habis, karena akan mengakibatkan kerusakan pada mesin potong rumput ini.

3. Mesin Potong Rumput Listrik

Mesin potong rumput listrik merupakan jenis mesin potong rumput yang menggunakan energi listrik. Sehingga alat ini hanya cocok untuk memotong rumput yang tidak jauh dari sumber listrik. Namun, penggunaan dan perawatannya lebih praktis dibanding dengan yang menggunakan mesin.

Tidak ada perawatan khusus untuk mesin potong rumput listrik ini. Yang penting adalah setelah menggunakan mesin potong rumput ini, cukup membersihkan bagian-bagian yang kotor dengan kain lap agar terjaga kebersihannya.

4. Mesin Potong Rumput Gendong

Mesin potong rumput gendong adalah jenis mesin potong rumput yang cara menggunakannya digendong seperti tas di punggung. Sedangkan untuk menggerakan arah mata potongnya, mesin potong rumput ini memiliki gagang yang dilengkapi dengan tuas gas. Sehingga, sangat praktis dalam pemakaiannya.

Dalam produknya, mesin potong rumput gendong ini ada yang menggunakan mesin 2 tak dan 4 tak. Namun, kebanyakan orang lebih memilih dan menggunakan mesin potong rumput gendong 2 tak karena alasan harganya yang lebih murah.

Mesin potong rumput gendong ini sangat cocok untuk membabat rumput pada lahan yang tidak rata maupun tempat-tempat sempit yang susah dijangkau. Karena, gagang mesin potong rumput gendong ini dapat diarahkan sesuai medan yang dikerjakan.

5. Mesin Potong Rumput Dorong

Mesin potong rumput dorong sangat cocok untuk membabat rumput di lahan yang luas dan rata. Karena jenis mesin potong rumput ini memiliki mata potong yang lebih lebar dari mesin potong rumput gendong. Sehingga, tidak mampu untuk memotong rumput di lahan-lahan yang sempit dan tidak rata.

Mesin potong rumput dorong ini sebagian besar menggunakan mesin penggerak 4 tak. Untuk cara menggunakan mesin potong rumput dorong ini sangat unik. Yaitu dengan mendorong mesin seperti sedang membawa troli. Karena memang kontruksi dari jenis mesin potong rumput ini memiliki roda berjumlah 4 dan memiliki pegangan dibagian belakangnnya.

Demikianlah pembahasan mengenai macam-macam mesin potong rumput. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top