Mesin Mesin Pemotong Kayu Dan Bagian – Bagiannya

Mesin Pemotong Kayu Dan Bagian – Bagiannya

mesin pemotong kayu dan bagian-bagiannya
Mesin Pemotong Kayu Dan Bagian – Bagiannya

Mesin Pemotong Kayu Dan Bagian – Bagiannya – Postingan kali ini akan membahas tentang alat pertukangan cyrcle atau mesin potong kayu dan bagian-bagiannya. Bagi yang belum tahu apa itu cyrcle, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Bagi para pengrajin kayu, pasti tidak asing lagi dengan alat yang satu ini. Ya, mesin pemotong kayu atau dengan nama lain sirkel (circle). Merupakan mesin yang digunakan untuk memotong dan membelah kayu sesuai ukuran yang diinginkan.

Mesin pemotong kayu modern ini dijalankan oleh tenaga listrik. Sehingga penggunaanya lebih praktis. Alat gergaji modern ini juga dilengkapi dengan pelindung otomatis yang akan selalu menutup mata potong ketika mesin dihidupkan. Sehingga akan lebih aman, karena serbuk kayu akan diarahkan ke arah yang aman dari penggunanya.

Mesin ini bekerja sesuai dinamo penggerak yang berputar. Dan putaran tersebut akan menjalankan mata potong khusus yang dirancang untuk memotong dan membelah kayu. Sehingga, proses pengerjaan kayu akan lebih mudah tanpa harus banyak mengeluarkan tenaga.

Adapun bagian-bagian utama dari mesin pemotong kayu ini berupa komponen elektrik dan gigi penggerak mata potong. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.


Bagian – Bagian Mesin Pemotong Kayu Dan Fungsinya


Mesin sirkel ini memiliki bagian-bagian yang hampir sama dengan komponen mesin gerinda tangan. Namun karena dirancang khusus untuk pengerjaan kayu, maka komponennya telah didesain sedemikian rupa agar mudah digunakan. Dan Berikut merupakan bagian-bagian dari mesin pemotong kayu.
1. Mesin Dinamo Penggerak

Sama halnya seperti alat pertukangan lainnya, mesin pemotong kayu ini memiliki dinamo penggerak yang terdiri dari armature,stator dan carbon brush (arang). Armatur adalah bagian yang berputar, sedangkan stator merupakan bagian yang diam. Dan carbon brush sendiri merupakan bahan penghantar arus dari stator ke armature.
2. Saklar Dan Gagang Mesin

Pada mesin pemotong kayu ini, posisi saklar telah didesain dan terletak pada gagang pegangan mesin. Hal ini bertujuan agar pengoperasian mesin potong kayu ini lebih mudah. Karena ketika kita memegang mesin tersebut, jari telunjuk kita siap untuk menghidupak dan menghentikan mesin ini.
3. Dudukan Dan Mata Potong

Dudukan ini merupakan sebuah as tempat melekatnya mata pemotong kayu. Pada bagian ini terdapat flange atau penjepit yang berfungsi sebagai penahan mata potong biar selalu kencang ketika proses pemotongan kayu. Sedangkan mata potong tersebut merupakan lingkaran yang memiliki titik baja pada setiap tepinya (kelilingnya).

4. Pelindung Mesin

Pelindung mesin ini terdapat pada bagiann mata potong dan mengitarinya. Fungsinya yaitu mengarahkan serbuk kayu pada saat proses pemotongan atau pembelahan kayu. Sehingga serbuk kayu tersbut tidak bertaburan dan selalu mengarah ke bawah.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai mesin pemotong kayu dan bagian-bagiannya. Semoga artikel yang sedikit ini dapat menambah wawasan kita. Terima kasih.
Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *