Home » Mesin » Mesin Pemotong Kayu Dan Bagian-Bagiannya

Mesin Pemotong Kayu Dan Bagian-Bagiannya

mesin+pemotong+kayu+dan+bagian+bagiannya
Mesin Pemotong Kayu Dan Bagian-Bagiannya

Mesin Pemotong Kayu Dan Bagian-Bagiannya – Postingan kali ini akan membahas tentang alat mesin potong kayu (circular saw) dan bagian-bagiannya. Bagian-bagian mesin circular saw akan dijelaskan beserta fungsinya masing-masing.

Mesin Pemotong Kayu

Bagi para pengrajin kayu, pasti tidak asing lagi dengan mesin circular saw. Mesin pemotong kayu atau yang sering disebut dengan sirkel, merupakan mesin yang digunakan untuk memotong atau membelah kayu yang tidak begitu tebal.

Mesin pemotong kayu menggunakan tenaga listrik untuk mengoperasikannya. Mesin pemotong kayu moder ini telah dilengkapi dengan pelindung otomatis yang akan selalu menutup ketika mesin dihidupkan. Sehingga lebih aman dalam penggunanya.

Cara kerja mesin circular saw sangat sederhana. Dengan memanfaatkan putaran dari elektromotor, mata potong berbentuk lingkaran akan mengikis permukaan kayu yang didekatkan.

Mesin pemotong kayu listrik ini memiliki dua bagian utama, yakni dinamo penggerak (elektromotor) dan mata potong bernetuk lingkaran bergerigi. Untuk mengetahui secara lengkap bagian-bagian circular saw, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Bagian-Bagian Mesin Pemotong Kayu Dan Fungsinya

Mesin pemotong kayu listrik memiliki bagian-bagian yang hampir sama dengan komponen mesin gerinda. Namun, mesin ini telah dirancang khusus untuk pengerjaan kayu. Berikut merupakan bagian-bagian mesin pemotong kayu dan masing-masing fungsinya.

1. Mesin Dinamo Penggerak

Sama halnya dengan alat pertukangan listrik lainnya, mesin pemotong kayu ini memiliki dinamo penggerak yang terdiri dari armature, stator dan carbon brush (arang). Armatur adalah bagian yang berputar, sedangkan stator merupakan bagian yang diam. Sementara itu, carbon brush merupakan bahan penghantar arus dari stator ke armature.

Baca Juga :  Bagian-Bagian Mesin GX 160 Dan Fungsinya

2. Saklar Dan Gagang Mesin

Pada mesin pemotong kayu ini, posisi saklar telah didesain dan terletak pada gagang pegangan mesin. Hal ini bertujuan agar pengoperasian mesin potong kayu ini lebih mudah. Ketika memegang mesin tersebut, jari telunjuk siap untuk menghidupkan dan menghentikan mesin dengan mudah.

3. Dudukan Dan Mata Potong

Dudukan ini merupakan tempat melekatnya mata pemotong kayu. Pada bagian ini terdapat flange atau penjepit yang berfungsi sebagai penahan mata potong agar tidak lepas ketika proses pemotongan kayu. Sedangkan mata potong tersebut merupakan lingkaran yang memiliki gerigi berupa titik baja pada kelilingnya.

4. Pelindung Mesin

Pelindung mesin terdapat pada bagian mata potong. Fungsinya adalah sebagai pelindung serta untuk mengarahkan serbuk kayu pada saat proses pemotongan kayu. Sehingga serbuk kayu tidak bertaburan dan selalu mengarah ke bawah.

Demikianlah penjelasan mengenai mesin pemotong kayu dan bagian-bagiannya. Semoga artikel yang sedikit ini dapat menambah wawasan kita. Terima kasih.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top