Home » Info Baru » Perbedaan Spray Gun HVLP Dan LVLP

Perbedaan Spray Gun HVLP Dan LVLP

perbedaan+spray+gun+hvlp+dengan+lvlp
Perbedaan Spray Gun HVLP Dengan LVLP

Perbedaan Spray Gun HVLP Dan LVLP – Meskipun sama-sama merupakan spray gun yang membutuhkan tekanan udara bertekanan rendah, namun antara spray gun HVLP dan LVLP memiliki perbedaan, yaitu pada tingkat viskositas material yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Mana Yang Terbaik, Spray Gun HVLP Atau LVLP ?

Spray Gun HVLP

spray+gun+hvlp
Jenis Spray Gun HVLP

Spray gun HVLP (high volume low pressure) merupakan jenis air spray gun yang dimodifikasi secara khusus dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi material dalam penggunaanya. Desain yang ada pada spray gun HVLP telah dirancang untuk dapat memperoleh hasil atomisasi yang baik dengan setelan tekanan udara yang rendah.

Pada spray gun HVLP ini, tekanan udara yang mengalir di dalamnya harus stabil pada tekanan udara sekitar 14,7 psi atau kurang. Sedangkan untuk membantu proses atomisasi pada materialnya digunakan aliran udara tekan dengan jumlah yang lebih banyak.

Daya rekat material finishing dengan menggunakan spray gun HLVP ini lebih efisien pada permukaan benda kerja, hingga mampu ke tingkat maksimal (transfer efisiensi sekitar 60% – 70%). Meskipun begitu, spray gun jenis ini memiliki kelemahan tersendiri, yaitu kecepatan pekerjaan yang relatif rendah dan tidak dapat digunakan pada material dengan viskositas yang tinggi.

Oleh sebab itu, spray gun HVLP ini biasanya hanya dipakai untuk aplikasi stain dan glazewood pada pekerjaan wood finishing. Spray gun ini tidak terlalu cocok digunakan untuk pekerjaan dengan jumlah besar, karena memiliki kecepatan pekerjaan yang rendah. Namun, spray gun ini juga bisa digunakan untuk aplikasi sealer, top coat, base coat atau primer, namun sangat terbatas pada tinggkat viskositas yang tidak terlalu tinggi.

Spray Gun LVLP

spray+gun+lvlp
Jenis Spray Gun LVLP

Spray gun LVLP (low volume low pressure) sebenarnya merupakan pengembangan lebih lanjut dari spray gun HVLP. Tekanan udara yang mengalir pada spray gun ini juga rendah seperti halnya pada spray gun HVLP, yaitu kurang dari 14,7 psi. Dan untuk kecepatan kerjanya juga rendah tidak jauh berbeda dengan HVLP. Oleh karena itu, spray gun ini juga tidak cocok digunakan pada permukaan bidang yang luas.

Jika dibandingkan dengan spray gun HVLP, spray gun jenis ini memiliki kelebihan tersendiri, yaitu mampu bekerja dengan viskositas material yang tinggi. Selain itu, spray gun ini juga dapat digunakan untuk melakukan finishing pada aplikasi sealer, top coat, base cepat kecuali stain.

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan? Itulah perbedaan antara spray gun HVLP dan LVLP. Untuk itu, pilihlah jenis spray gun yang cocok untuk pekerjaan Anda sebelum membelinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top