Home » Tip & Trik » Tips Memilih Mesin Potong Rumput

Tips Memilih Mesin Potong Rumput

tips+memilih+mesin+potong+rumput
Tips Memilih Mesin Potong Rumput

Tips Memilih Mesin Potong Rumput – Penggunaan mesin potong rumput dalam memangkas rumput memang sangat efisien. Sehingga, penting bagi kita untuk memilikinya jika mempunyai halaman yang luas. Namun, kita harus tepat dalam memilih mesin potong rumput yang akan digunakan. Karena mesin ini memiliki beberapa jenis dan tipe yang fungsinya berbeda-beda.

Setiap jenis mesin potong rumput, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu, kita harus tepat dalam memilih mesin potong rumput yang akan digunakan.

Bagi Anda yang hendak membeli mesin potong rumput dan masih bingung untuk menentukannya, silahkan baca artikel ini sampai selesai. Karena akan diulas mengenai tips memilih mesin potong rumput yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips Memilih Mesin Potong Rumput

Perlu diketahui bahwa mesin potong rumput memiliki 3 jenis tipe yang sering digunakan. Dan ketiga jenis tersebut yaitu :

1. Mesin Potong Rumput Gendong

Jenis mesin potong rumput gendong ini adalah yang paling umum digunakan. Ada dua pilihan jenis mesin yang dipakai, yaitu mesin 2 tak dan 4 tak.

Cara menggunakan mesin potong rumput gendong ini sangat praktis. Karena memiliki gagang pemotong yang dapat diarahkan sesuai keinginan.

Mesin potong rumput gendong ini biasanya digunakan untuk medan yang tidak rata. Memiliki baling-baling pemotong dengan ukuran diameter 30 cm, maka mesin potong rumput jenis ini mampu menjangkau area yang sempit dan bergelombang.

2. Mesin Potong Rumput Dorong

Berbeda dengan mesin potong rumput gendong, mesin potong rumput dorong ini lebih ditekankan untuk digunakan pada area yang luas dan rata. Bentuknya yang paten seperti mobil-mobilan maianan yang memiliki 4 buah roda, maka dalam penggunaannya tidak bisa dimiringkan.

Mesin potong rumput dorong ini memiliki tuas gas yang berada di batang pemegang mesin. Sehingga sangat mudah penggunaannya, cukup menghidupkan mesin dan mendorongnya ke area rumput yang akan dipotong.

3. Mesin Potong Rumput Listrik

Keterbatasannya dengan menggunakan motoran listrik, mesin potong rumput listrik ini hanya mampu menjangkau area yang tidak luas. Hal itu disebabkan oleh panjang kabelnya yang hanya memiliki panjang beberapa meter saja.

Namun, mesin potong rumput listrik ini sangat cocok digunakan untuk membabat rumput di halaman rumah. Selain lebih praktis, mesin potong rumput jenis ini juga lebih ramah lingkungan, karena tidak bising dan tidak mengeluarkan asap.

Setelah mengetahui jenis-jenis mesin potong rumput, berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat diterapkan untuk memilih mesin potong rumput. Dan tips tersebut antara lain :

1. Perhatikan Medan Lahan Rumput

Sebelum membeli mesin potong rumput, sebaiknya kenali dulu area yang akan dipotong rumputnya. Jika areanya tidak rata, maka sebaiknya memilih jenis mesin potong rumput gendong. Tepati jika medannya luas dan rata, mesin potong rumput dorong sangat tepat untuk dipilih.

2. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Jika akan membeli mesin potong rumput, sebaiknya lihat dulu mesin potong rumput tersebut akan digunakan dimana. Jika berdekatan dengan lingkungan yang butuh ketenangan, sebaiknya pilihlah mesin potong rumput jenis 4 tak. Karena memiliki suara yang halus dari pada mesin potong rumput 2 tak.

3. Pilih Produk Ternama

Merk mesin potong rumput sangat banyak sekali di pasaran. Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah produk yang sedah memiliki nama terkenal. Seperti Tanaka, Stihl, dan Honda. Selain kualitasnya terjamin, spare partnya juga lebih mudah ditemukan.

4. Sesuaikan Budget

Produk yang bagus memang biasanya harganya mahal. Namun, bukan berati kita harus membeli mesin potong rumput yang sudah terkenal jika memang keadaan budgetnya tidak cukup. Kita dapat memilih merk-merk lokal yang harganya jauh lebih murah. Tetapi, pastikan juga untuk menanyakan ketersediaan suku cadangnya sebelum membelinya.

Demikianlah pembahasan mengenai tips memilih mesin potong rumput yang dapat diterapkan sebelum membeli mesin potong rumput. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top