Tip & Trik Cara Membersihkan Dan Merawat Kulkas

Cara Membersihkan Dan Merawat Kulkas

cara+membersihkan+kulkas
Cara Membersihkan Dan Merawat Kulkas

Cara Membersihkan Dan Merawat Kulkas – Kulkas atau lemari es merupakan perkakas dapur yang perlu dijaga kebersihannya. Dengan merawat kulkas secara teratur, dapat menghindari dari bau tak sedap dan jamur bersarang di dalam kulkas. Oleh sebab itu, pada artikel ini akan dijelaskan bagiamana cara membersihkan dan merawat kulkas yang benar agar makanan dan minuman selalu segar dan terbebas dari kuman.

Perawatan terhadap kulkas memang terkadang menjadi suatu pekerjaan yang membosankan. Sehingga banyak orang yang mengulur waktu untuk membersihkan kulkas. Atau mungkin tidak tahu caranya, sehingga hanya sesekali mengelap ala kadarnya. Tetapi, jika melihat tumpahan makanan atau minuman yang berceceran di dalam kulkas, tentu saja menjadi pemandangan tidak menyenangkan. Sehingga, mau tidak mau harus diersihkan agar lemari es tersebut tidak ditumbuhi bakteri.

Cara memebersihkan kulkas sebenarnya bisa dilakukan dengan cepat asal cara melakukanya. Adapun waktu yang tepat untuk melakukan beres-beres isi kulkas, seperti seminggu sekali, sebulan sekali dan tidak lebih dari 3 bulan. Dengan begitu, kebersihan kulkas akan semakin terjaga dengan baik.

Meskipun terlihat sepele, namun melakukan perawatan pada kulkas merupakan hal yang sangat penting. Namun, ternyata banyak yang belum paham bagaimana cara membersihkan dan merawat kulkas dengan benar. Oleh karena itu, wajib bagi kita untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah dalam pembersihan bagian dalam maupun luar lemari es. Selain itu, kita juga harus memastikan peralatan yang digunakan untuk melakukan pembersihan aman dan terhindar dari bahan-bahan kimia penumbuh racun.

Alat – Alat Dan Bahan Untuk Membersihkan Kulkas

Untuk mempersingkat waktu dalam melakukan pembersihan pada kulkas, sebaiknya sediakan terlebih dahulu peralatan dan bahan-bahan yang digunakan. Agar tidak mondar-mandir mencari peralatan ketika melakukan pembersihan. Dan alat-alat dan bahan untuk membersihkan kulkas antara lain :

  • Sarung Tangan Pencuci Piring
  • Lap basah (Kanebo)
  • Handuk (Lap Kering) Halus
  • Sikat Gigi Halus Atau Spons Lunak (Non Abrasif)
  • Sprayer (Alat Penyemprot)
  • Cairan Pembersih
  • Sabun Cuci Piring

Jika tidak menemukan peralatan yang telah disebutkan di atas, kita bisa menggunakan peralatan pengganti seperti kain halus kering dan cairan air cuka untum membersihkan kulkas.

Langkah – Langkah Membersihkan Kulkas

Setelah peralatan dan bahan terkumpul, kita dapat memulai membersihkan kulkas dengan langkah-langkah berikut ini :

1. Langkah pertama untuk memulai yaitu mencabut kabel jek pada stop kontak. Hal ini bertujuan untuk menghidari efek kesetrum ketika melakukan pembersihan. Selain itu, dengan memutuskan sumber power juga dapat menghemat listrik.

2. Langkah berikutnya yaitu mengambil seluruh makanan dan minuman serta bahan-bahan mentah lainnya yang ada di dalam kulkas. Ketika mengosongkan  isi kulkas, sebaiknya dibarengi dengan memilah dan memilih makanan yang masih bagus dan yang sudah kedaluarsa. Karena biasanya kita juga suka lupa menyimpan makanan atau minuman dalam waktu yang lama.

3. Letakan makanan atau minuman yang telah dikeluarkan dari kulkas pada meja atau tempat yang berdekatan dengan kulkas. Sehingga, ketika mengembalikannya akan mudah mengambilnya. Dan sebaiknya letakan bahan makanan yang membutuhkan pendingin ektra pada wadah yang diisi dengan es batu agar terjaga kebersihannya.

4. Setelah kulkas kosong, ambilah rak dan dan laci yang ada di dalam kulkas. Berhati-hatilah dalam melepas bagian-bagian tersebut. Oleh sebab itu, gunakan sarung tangan pencuci piring agar tidak licin dan untuk menghidari jatuhnya bagian yang terbuat dari kaca yang mengakibatkan pecah.

5. Langkah selanjutnya yaitu mencuci rak dan laci dengan menggunakan sabun pencuci piring. Agar lebih leluasa, kita dapat mencucinya ditempat terbuka. Bersihkan kotoran yang menempel pada celah-celah rak can laci. Jika terdapat kotoran yang membandel, gunakan sikat gigi untuk menggosoknya. Setelag selesai mencuci, lap menggunakan handuk dan biarkan sampai hingga kering.

6. Sambil menunggu rak dan laci kering sempurna, buatlah larutan cairan pemberrsih dan masukan ke dalam sprayer semprotan. Kemudian mulailah dengan membersihkan bagian dalam (interior) kulkas. Bersihkan dinding-dinding, penyangga rak dan laci, serta bagian karet pintu kulkas dengan menyemprotkan cairan pembersih. Kemudian lap dengan kanebo. Setelah itu bilas kain lap yang telah dibasahi dan keringkan dengan handuk kering.

7. Lanjutkan dengan membersihkan bagian luar kulkas. Untuk bagian luar, cukup menggunakan sabun pencuci piring yang di campur dengan air. Kemudian bersihkan mulai dari bagian paling atas terlebih dahulu, agar tetesan air tidak mengenai bagian yang sudah bersih. Setelah selesai, bilas dengan air biasanya dan keringkan dengan kain lap/handuk kering.

8. Setelah semuanya selesai, pasang kembali rak dan laci pada tempatnya masing-masing. Kemudian taruh kembali makanan dan minuman ke dalam kulkas pada posisi yang benar. Sambil mengembalikan makanan ke dalam kulkas, sebaiknya bersihkan juga wadah-wadah tempat makanan dengan menggunakan kain lap kering.

9. Tutup pintu lemari es dengan rapat dan tancapkan kembali kabel jek ke dalam lubang stop kontak. Selesai, kini kulkas telah bersih dan kinclong tampak seperti baru.

Cara Merawat Kulkas Agar Tidak Bau

Setelah pembersihan Kulkas telah dilakukan, sebaiknya kita juga perlu melakukan perawatan kebersihan di dalam kulkas agar makanan atau minuman terhindar dari bakteri yang menyebabkan bau tak sedap ketika pintu lemari es dibuka. Dan berikut merupakan beberapa cara yang dapat diterapkan dalam menjaga kebersihan makanan dan minuman yang tersimpan di dalam kulkas.

1. Meletakan Bubuk Kopi

Mungkin cara ini sudah banyak yang tahu, meletakan bubuk kopi ke dalam kulkas dapat menghilangkan bau tak sedap. Perlu diketahui bahwa bubuk kopi ternyata mampu menyerap dan menghilangkan aroma tidak sedap di dalam kulkas. Oleh karena itu, letakan bubuk kopi di dalam kulkas dan gantilah sekitar 2 minggu sekali agar kulkas terbebas dari bau yang tidak sedap.

2. Meletakan Tisu Gulung

Meletakan beberapa lembar tisu gulung ke dalam kulkas ternyata juga dapat menghilangkan bau pada kulkas secara perlahan. Partikel-partikel penyebab mau tidak sedap akan diserap oleh tisu gulung tersebut. Tetapi, untuk menaruh tisu gulung ini harus meletakan pada sudut-sudut dinding kulkas yang terbesas dari air agar tisu tetap kering.

3. Meletakan Perasan Air jeruk Lemon

Sudah bukan rahasia lagi jika air perasan jeruk lemon memiliki aroma yang segar. Dan ternyata perasan air jeruk lemon ini juga mampu mengurangi bau tak sedap dan memberikan aroma yang fresh di dalam kulkas. Oleh sebab itu, cara ini perlu dicoba bagi anda yang menginginkan kesegaran aroma jeruk lemon di dalam kulkas. Untuk caranya yaitu cukup menaruh perasan air jeruk lemon tersebut pada cawan atau wadah terbuka dan memasukannya ke dalam kulkas.

4. Meletakan Baking Soda

Baking soda merupakan zat yang ahli dalam menyerap dan menghilangkan bau tak sedap. Oleh sebab itu, jika ingin kulkas terhindar dari arom yang tidak sedap, letakan baking soda ke dalam kulkas dengan menempatkanya pada wadah yang terbuka. Dan pastikan penggantian baking soda ini harus dilakukan secara rutin, yaitu sekitar 30 hari sekali.

Itulah langkah-langkah yang dapat dilakukan agar kebersihkan kulkas tetap terjaga dan terhindar dari tumbuhnya bakteri yang menyebabkan bau tak sedap. Semoga cara membersihkan dan merawat kulkas diatas dapat menjadi dorongan agar kita lebih rutin dalam merawat perabotan yang kita miliki. Dan silahkan share jika bermanfaat. Terim kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *