Home » Mesin » Cara Kerja Governor Mesin Diesel

Cara Kerja Governor Mesin Diesel

cara+kerja+governor+mesin+diesel
Cara Kerja Governor Mesin Diesel

Cara Kerja Governor Mesin Diesel – Governor merupakan serangkaian komponen yang membentuk sebauh kinerja yang didasari oleh gaya sentrifugal. Pada mesin diesel, governor difungsikan sebagai pengatur kecepatan putaran mesin yang dikendalikan oleh tuas gas. Lalu, bagaimana cara kerja governor hingga hingga dapat menaikan rpm mesin?

Sebelum mengulas tentang cara kerjanya, penting juga untuk mengetahui bagian-bagian dari governor mesin diesel. Karena, bagian-bagian tersebut memiliki fungsi masing-masing dalam melakukan kerjanya. Dan bagian- bagian governor mesin diesel antara lain :

1. Shaft Governor

Shaft Governor merupakan bagian yang berfungsi sebagai dudukan governor weight. Shaft ini terletak pada crankshaft dan berada di depan gigi timing crankshaft.

2. Weight Governor

Weight governor adalah sepasang bandul yang berfungsi pengatur langkah shaft governor yang didasari oleh gaya sentrifugal. Pada putaran rpm tinggi, weight governor ini akan membuka dan memberi keseimbangan pada governor lever.

3. Governor Lever

Governor lever merupakan tangkai yang dioperasikan oleh tuas gas dan spring lever control. Bagian ini berfungsi sebagai penghubung antara shaft governor dengan control rack di injection pump (boschpump).

Cara Kerja Governor Mesin Diesel

Setelah mengetahui bagian-bagian utama rangkaian governor, berikut merupakan penjelasan mengenai cara kerja governor mesin diesel.

  • Ketika tuas gas di gerakan ke posisi ON, maka maka governor lever akan bergerak menggeser control rack, sehingga plunger akan terbuka dan bahan bakar dari tangki akan masuk ke dalam boschpump. Pada posisi ini, bahan bakar telah siap ditekan (dipompa) ketika awal menghidupkan mesin.
  • Jika tuas gas digerakan ke posisi maksimal, maka lever governor akan membuka weight governor untuk melakukan keseimbangan pada titik maksimal. Sementara itu, lever governor juga akan membuka penuh control rack. Sehingga plunger pun akan terbuka maksimal pada rpm tertinggi.
  • Ketika tuas gas kembali ke posisi OF, maka governor lever pun akan mengembalikan weight governor untuk menguncup dan control rack pun akan bergerak untuk menutup posisi plunger. Dengan begitu, maka aliran bahan bakar akan terhenti dan mesin pun mati.

Demikanlah penjelasan mengenai cara kerja governor mesin diesel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa governor akan bergerak mengikuti tuas gas dalam melakukan keseimbangan pada titik kecepatan tertentu ketika mesin diesel dihidupkan. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top