Info Baru Manfaat Kipas Angin

Manfaat Kipas Angin

manfaat+kipas+angin
Manfaat Kipas Angin

Manfaat Kipas Angin – Kipas angin berfungsi sebagai sirkulasi udara agar menghasilkan kesegaran dan suhu yang lebih dingin. Fungsi kipas angin secara umum adalah alat penghasil angin. Namun, kipas angin juga sering dimanfaatkan sebagai alat pengering yang biasanya dilengkapi dengan adanya sistem pemanas.

Pada dasarnya, kipas angin terbagi menjadi dua, yaitu kipas angin tradisional dan kipas angin konvensional. Kipas tradisional menggunakan tenaga manusia untun menggerakannya. Sedangkan kipas angin konvensional dioperasikan oleh dinamo listrik. Namun, keduanya memiliki kegunaan yang sama, yaitu sebagai penghembus angin.

Dalam berkembangnya tehnologi, banyak sekali jenis, model, ukuran dan bentuk kipas angin bermunculan. Seperti kipas angin mini, portable, kipas dinding, kipas langit-langit dan exhouse fan yang digunakan untuk sirkulasi udara di dalam ruangan. Namun, secara garis besar manfaat kipas angin tersebut adalah sebagai pendingin obyek kemana kipas angin tersebut diarahkan.

Selain itu, ada juga kipas listrik yang terpasang pada barang-barang elektronik yang digunakan untuk menjaga temperatur suhu di dalamnya. Sebagai contoh adalah kipas yang ada di perangkat komputer. Dimana kipas tersebut berfungsi untuk menjaga suhu pada komponennya agar tetap stabil.

Dengan beberapa uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa manfaat kipas angin adalah sebagai berikut.

Manfaat Kipas Angin

1. Penyegar Ruangan

Manfaat kipas angin dapat menyegarkan udara di dalam suatu ruangan. Sangat berbeda dengan AC (Air Conditioner) yang tidak memiliki pertukaran udara. Meskipun lebih dingin, namun ruangan AC sebenarnya kurang begitu bagus dalam masalah kesehatan udaranya.

2. Penurun Suhu Panas

Fungsi kipas angin sebagai penurun suhu panas akan terasa sekali jika pada saat cuaca panas kita menyalakan kipas angin berdiri di hadapannya. Maka dengan sekejap panas akan berganti dengan udara yang menyejukan.

3. Sebagai Pengering

Kegunaan kipas angin juga dapat difungsikan sebagai pengering. Sebagai contoh kecil yaitu ketika kita sedang mengepel lantai dan menghidupkan kipas angin. Maka lantai yang terbasuh air tersebut akan menjadi cepat kering.

4. Sebagai Sirkulasi Udara

Penerapan kipas angin sebagai sirkulasi udara biasanya ada pada jenis kipas angin exhouse fan. Dimana kipas angin ini sering terpasang pada dapur rumah agar pertukaran udara terjadi lebih cepat sehingga bau ruangan pun akan hilang.

5. Menjaga Kesetabilan Temperatur Komponen Elektrik

Ada beberapa komponen elektrik yang harus dijaga suhunya supaya tidak melebihi batasan temperaturnya. Agar temperatur suhu komponen elektrik tidak cepat panas, maka dipasanglah kipas angin pendingin untuk menjaga kesetabilan suhunya.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat kipas angin. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *