Home » Info Baru » Manfaat Kipas Angin Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Kipas Angin Dalam Kehidupan Sehari-hari

manfaat+kipas+angin
Manfaat Kipas Angin

Manfaat Kipas Angin – Kipas angin berfungsi sebagai alat penghasil angin untuk menurunkan suhu agar lebih dingin. Selain itu, kipas angin juga sering dimanfaatkan sebagai alat pengering yang biasanya dilengkapi dengan adanya sistem pemanas. Pada artikel ini akan dijelaskan apa saja manfaat kipas angin dalam kehidupan sehari-hari.

Pada dasarnya, kipas angin terbagi menjadi dua, yaitu kipas angin tradisional dan kipas angin konvensional. Kipas tradisional menggunakan tenaga manusia untun menggerakannya. Sedangkan kipas angin konvensional dioperasikan menggunakan dinamo listrik. Namun, keduanya memiliki manfaat yang sama, yaitu sebagai penghasil angin.

Dalam berkembangnya tehnologi, banyak sekali jenis kipas angin bermunculan. Seperti kipas angin mini, portable, kipas dinding, kipas langit-langit dan exhouse fan yang digunakan untuk sirkulasi udara di dalam ruangan. Namun, secara garis besar fungsi kipas angin tersebut adalah sebagai pendingin.

Selain itu, ada juga kipas listrik yang terpasang pada barang-barang elektronik yang digunakan untuk menjaga temperatur suhu di dalamnya. Sebagai contoh, kipas yang berada di perangkat komputer. Kipas angin tersebut berfungsi untuk menjaga suhu agar tetap stabil. Untuk mengetahui apa saja manfaat kipas angin, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Manfaat Kipas Angin Dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut merupakan manfaat kipas angin dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya yaitu:

1. Penyegar Ruangan

Kipas angin dapat menyegarkan udara di dalam suatu ruangan. Sangat berbeda dengan AC (Air Conditioner) yang tidak memiliki pertukaran udara. Meskipun lebih dingin, namun ruangan AC sebenarnya kurang begitu bagus dalam masalah kesehatan udaranya.

Baca Juga :  Pengertian Dan Bagian-Bagian Genset

2. Penurun Suhu Panas

Fungsi kipas angin sebagai penurun suhu panas akan terasa sekali jika pada saat cuaca panas kita menyalakan kipas angin berdiri di hadapannya. Maka dengan sekejap panas akan berganti dengan udara yang menyejukan.

3. Sebagai Pengering

Kegunaan kipas angin juga dapat difungsikan sebagai pengering. Sebagai contoh kecil yaitu ketika kita sedang mengepel lantai dan menghidupkan kipas angin. Maka lantai yang terbasuh air tersebut akan menjadi cepat kering.

4. Sebagai Sirkulasi Udara

Penerapan kipas angin sebagai sirkulasi udara biasanya ada pada jenis kipas angin exhouse fan. Dimana kipas angin ini sering terpasang pada dapur rumah agar pertukaran udara terjadi lebih cepat sehingga bau ruangan pun akan hilang.

5. Menjaga Kesetabilan Temperatur Komponen Elektrik

Ada beberapa komponen elektrik yang harus dijaga suhunya supaya tidak melebihi batasan temperaturnya. Agar temperatur suhu komponen elektrik tidak cepat panas, maka dipasanglah kipas angin pendingin untuk menjaga kesetabilan suhunya.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat kipas angin dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top