Home » Info Baru » Bagian-Bagian Mesin Planer Serut Kayu

Bagian-Bagian Mesin Planer Serut Kayu

bagian+bagian+mesin+planer+serut+kayu
Bagian-Bagian Mesin Planer Serut Kayu

Bagian-Bagian Mesin Planer Serut Kayu – Mesin planer atau serut kayu merupakan mesin yang digunakan untuk memangkas permukaan kayu, sehingga menghasilkan permukaan yang lebih rata dan halus. Pada artikel ini akan dibahas tentang apa saja bagian-bagian yang terdapat pada mesin planer.

Mesin serut kayu ini merupakan jenis alat pertukangan modern. Dengan alat ini, pekerjaan perkayuan akan menjadi lebih cepat dan mudah. Oleh karena itu, alat ini banyak digunakan oleh para pengrajin kayu untuk mempermudah pekerjaanya.

Sistem kerja dari mesin ini adalah perubahan energi listrik menjadi putaran. Putaran tersebut akan menggerakan mata serut yang bergerak sesuai putaran mesin. Melalui gesekan mata serut itulah kayu dapat terpangkas hingga rata.

Pada dasarnya, mesin serut kayu ini terdiri dari dua komponen utama, yaitu mesin penggerak dan roll pemangkas. Mesin penggerak tersebut berupa komponen dinamo listrik, sedangkan roll pemangkasnya berupa mata serut. Kedua bagian tersebut dihubungkan oleh vanbelt. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Bagian-Bagian Mesin Planer Dan Fungsinya

Berikut merupakan bagian-bagian yang terdapat pada mesin planer atau serut kayu beserta fungsinya masing-masing.

1. Kabel Power

Kabel power merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung sumber tegangan pada mesin serut kayu. Kabel mesin serut kayu ini sangat rentan putus, karena penggunaan mesin serut yang memang selalu bergerak maju mundur.

Baca Juga :  Komponen Mesin Pompa Air Dan Fungsinya

2. Saklar Power

Mesin serut kayu ini dilengkapi oleh sakar yang berguna untuk menghidupkan dan mematikan mesin. Sehingga penggunaan mesin serut kayu ini menjadi lebih praktis dan efisien.

3. Arang (Carbon Brush)

Bagian ini berfungsi sebagai penghantar arus tegangan yang mengalir dari stator ke armature, Pada bagian ini terdapat pir yang berguna untuk menekan carbon brush tersebut agar selalu menempel pada armature.

4. Armature (Angker) Dan Stator

Kedua bagian ini merupakan bagian utama yang memiliki peranan sangat penting. Karena kedua bagian tersebut merupakan penghasil putaran pada mesin serut kayu ini.

5. Puly Penghubung

Ada dua buah puly yang terdapat pada mesin serut kayu. Yang satu terpasang pada armature dan yang satunya lagi melekat pada mata serut. Melalui bantuan puly penghubung inilah mata serut dapat berputar.

6. Van Belt (Tali Kipas)

Mesin serut kayu ini memiliki sebuah van belt berukuran kecil. Van belt inilah yang berfungsi untuk menghubungkan antara kedua puly pada mesin serut. Yaitu puly mesin penggerak dan puly roll pemangkas.

7. Mata Serut

Mata serut terbuat dari plat besi yang ujungnya terdapat lapisan baja. Lapisan baja itulah yang bergesekan langsung dengan kayu. Sehingga kayu yang bergesekan dengan mata serut tersebut akan mudah terkikis.

8. Knop Pengatur Mata ketam

Knop mata serut kayu ini berfungsi untuk mengatur tinggi rendahnya mata serut dalam pengikisan kayu. Dengan adanya knop pengatur inilah kita tidak perlu khawatir dengan ukuran kayu yang akan diserut.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Mesin Gerinda Duduk

Itulah bagian-bagian dari mesin serut kayu dan fungsinya. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top