Info Baru Penyebab Kapasitor Genset Sering Rusak

Penyebab Kapasitor Genset Sering Rusak

kapasitor+genset+rusak
Penyebab Kapasitor Genset Sering Rusak

Penyebab Kapasitor Genset Sering Rusak – Kapasitor merupakan komponen kelistrikan yang sangat penting pada mesin genset. Fungsinya yaitu sebagai pengaman tegangan yang keluar dari gulungan dinamo. Namun, komponen tersebut sering mengalami kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan genset yang menyalahi aturan pemakaian.

Bagi yang awam dalam menggunakan mesin genset, terkadang tidak pernah terpikir berapa kapasitas daya listrik genset yang dimilikinya. Sehingga tanpa sadar ketika memakainya, ternyata melebihi daya yang dianjurkan. Dan pada akhirnya mengeluh karena tegangan listrik gensetnya hilang yang disebabkan oleh rusaknya kapasitor.

Perlu diketahui, tanda-tanda kapasitor genset rusak dapat diketahui dari tegangan listrik yang tidak keluar. Hal tersebut dapat terlihat dari jarum indikator voltase yang tak kunjung naik meskipun mesin genset telah dihidupkan. Selain itu, kita dapat melihat fisik kapasitor secara langsung. Jika kapasitor rusak, maka bentuk fisiknya mengembung atau meleleh.

Oleh sebab itu, gunakanlah genset sesuai dengan kapasitas daya listrik yang tertera pada panelnya untuk menghindari kerusakan pada kapasitor yang mengakibatkan hilangnya tegangan listrik. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa penyebab kapasitor genset sering rusak yaitu karena pemakaian listrik genset yang melebihi kapasitasnya. Sehingga terjadi overload dan mengakibatkan kapasitor tidak berfungsi. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi mesin genset yang tegangannya hilang karena kapasitornya rusak, yaitu dengan mengganti kapasitor tersebut dengan yang baru yang memiliki ukuran kapasitas yang sama. Usahakan juga bentuk dan besarnya kapasitor tidak jauh berbeda dengan yang rusak. Karena biasanya penempatan kapasitor pada genset berada di ruang yang sempit.

Cara pemasangannya kapasitor pada genset tidak begitu sulit, hanya melepaskan kabel yang menempel pada kapasitor yang rusak dan mengambil kapasitor tersebut dari dudukannya. Kemudian sambungkan kabel yang telah dilepas ke kapasitor yang baru. Pemasangan kabelnya juga bebas, bisa bolak-balik secara sembarang.

Jika pemasangan telah selesai, cobalah untuk menghidupkan mesin dan lihatlah indikator voltasenya. Jika, penggantian kapasitor telah dilakukan tetapi listrik tidak juga keluar, maka sebaiknya bawa ke tukang servis genset untuk mengecek kondisi gulungan dinamonya. Karena, kerusakan kapasitor juga dapat mengakibatkan kumparan gulungan dinamo terbakar.

Demikianlah uraian mengenai penyebab kapasitor genset sering rusak. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *