Home » Penyebab Busi Mesin Rumput Basah Terus

Penyebab Busi Mesin Rumput Basah Terus

penyebab+busi+mesin+rumput+basah
Penyebab Busi Mesin Rumput Basah Terus

Penyebab Busi Mesin Rumput Basah Terus – Busi merupakan komponen penting pada mesin potong rumput. Jika nyala busi sudah lemah atau mati, maka akan menyebabkan mesin susah hidup. Oleh sebab itu, kondisi busi harus diperhatikan agar mesin selalu siap digunakan.

Selain busi lemah atau mati, masalah lain yang muncul pada busi yaitu kondisinya selalu basah. Sehingga, kita harus menarik starternya berulang-ulang kali baru mesin dapat hidup. Itu pun jika berhasil, karena bisanya busi mesin potong rumput yang basah, mesin tidak dapat dihidupkan.

Banyak yang mengatasi masalah busi basah ini dengan cara mengelapnya terlebih dahulu agar mesin dapat hidup. Meskipun terkadang berhasil, namun ketika mesin dimatikan dan mencoba menghidupkannya kembali, biasanya kondisi busi akan basah lagi. Dan tentu saja sangat merepotkan jika setiap kali akan menyalakan mesin potong rumput harus mengeringkan businya terlebih dahulu.

Penyebab Busi Mesin Potong Rumput Basah Terus

Agar kondisi busi pada mesin potong rumput tidak basah terus menerus, sebaiknya perlu dicari penyebabnya dan solusi cara mengatasinya. Dan diantara penyebab busi mesin potong rumput basah terus adalah :

1. Karburator Kotor

Karburator kotor biasa dikarenakan oleh filter bahan bakar rusak atau tidak terpasang. Fungsi filter bahan bakar ini yaitu untuk menyaring bensin yang masuk ke karubrator. Jika filter tersebut rusak, maka kotoran di dalam tanki akan ikut masuk ke dalam karburator yang mengakibatkan busi akan selalu basah karena karburator banjir.

Untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan membersihkan karburator terlebih dahulu. Kemudian periksa filter bahan bakar yang ada di bawah tangki atau yang terletak di baut joint antara selang bensin dan karburator. Jika kondisinya rusak, maka gantilah dengan yang baru. Jika tidak ada, maka sebaiknya pasanglah agar kotoran dapat tersaring dan tidak masuk ke dalam karburator.

2. Jarum Karburator Aus

Jarum karburator (valve) merupakan bagian yang bertugas untuk membuka dan menutup saluran bahan bakar yang masuk ke dalam karburator. Jika jarum tersebut aus (rusak), maka tidak dapat menutup sempurna dan akhirnya bahan bakar akan terus mengalir menuju blok mesin yang dan menyebabkan busi akan basah terus.

Untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan membongkar karburator mesin rumput dan periksa kondisi jarumnya. jika jarum telah aus tetapi belum terlalu parah, maka bisa diatasi dengan meratakan permukaan jarum tersebut dengan amplas. Namun, jika alus keausannya sudah terlalu dalam, maka gantilah jarum karburator tersebut dengan yang baru.

3. Setelan Pelampung Karburator Terlalu Tinggi

Pelampung karburator adalah komponen yang menggerakan jarum karburator yang didasari oleh tinggi rendahnya bahan bakar. Jika pengaturannya terlalu rendah, maka asupan bahan bakar yang menuju ruang pembakaran akan tekor. Begitu sebaliknya jika setelannya terlalu tinggi maka jarum karburator tidak dapat tertutup meskipun mangkuk karburator terisi penuh bahan bakar. Akibatnya bahan bakar akan meluap menuju cylinder block dan menyebabkan busi menjadi basah.

Untuk mengatasi setelan karburator yang terlalu tinggi, kita hanya perlu menyetel ulang ketinggian pelampung tersebut dengan cara melekukan dudukannya sampai posisinya tepat. Kita bisa melakukan penyetelan berulang-ulang kali sampai karburator tidak banjir atau tekor dalam menyuplai bahan bakar.

Itulah beberapa penyebab busi mesin potong rumput basah terur. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan servis mesin secara rutin, terutama pada bagian karburator. Semoga artikel ini bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top