Home » Info Baru » Cara Kerja Kipas Angin Listrik

Cara Kerja Kipas Angin Listrik

cara+kerja+kipas+angin
Cara Kerja Kipas Angin

Cara Kerja Kipas Angin Listrik – Pernahkah terpikirkan bagaimana kipas angin dapat menyala dan berputar? Ya, tentu saja karena adanya energi listrik dan komponen pendukung di dalam kipas angin. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini tentang bagaimana cara kerja kipas angin listrik.

Kipas angin merupakan alat yang digunakan untuk memperoleh udara yang sejuk saat dinyalakan. Umumnya, kipas angin menggunakan energi listrik dengan prinsip kerja yang sederhana. Saat kipas dihubungkan ke sumber listrik, maka kincir akan berputar dan menghasilkan angin.

Dalam melakukan kerjanya, kipas angin didukung oleh beberapa komponen elektrik di dalamnya. Nah, sebelum mempelajari cara kerjanya, sebaiknya kita ketahui dulu apa saja bagian-bagian kipas angin dan fungsinya.

Bagian-Bagian Kipas Angin

Berikut merupakan bagian-bagian yang terdapat pada kipas angin listrik dan fungsinya masing-masing.

1. Motor penggerak

Motor penggerak merupakan komponen utama kipas angin. Di dalam motor penggerak terdapat kumparan utama dan kumparan bantu yang terhubung dengan kapasitor. Komponen ini dapat menghasilkan kecepatan yang dapat diatur oleh panel kontrol.

2. Kapasitor

Kapasitor merupakan komponen elektrik yang berfungsi sebagai penyimpan energi. Fungsi kapasitor pada kipas angin adalah sebagai penyimpan daya listrik yang digunakan ketika melakukan putaran awal motor penggerak.

3. Kincir

Kipas memiliki kincir yang berputar satu poros dengan motor penggerak. Komponen ini berfungsi untuk menghisap udara dari belakang yang kemudian dihembuskan ke arah yang berlawanan.

Baca Juga :  Pengertian Nozzle Dan Jenisnya

4. Pelindung

Komponen ini merupakan alat pelindung kincir agar tidak tersentuh dari luar ketika berputar. Bentuknya berupa kisi-kisi atau tralis yang terbuat dari kawat yang disesuaikan modelnya.

5. Body Motor

Komponen ini berfungsi sebagai pelindung dan tempat dudukan motor penggerak dan komponen lainnya. Umunya terbuat dari bahan isolator yang tahan panas.

6. Dudukan Dan Panel Kontrol

Dudukan kipas merupakan alat untuk meletakkan kipas dan motor penggerak. Pada bagian ini umumnya terdapat panel kontrol berupa tombol power, pengatur kecepatan, serta pengatur waktu.

Cara Kerja Kipas Angin Listrik

Berikut merupakan penjelasan bagaiamana sebuah kipas angin bekerja menggerakan kincir hingga menghasilkan udara.

  • Ketika kipas angin dihubungkan ke sumber listrik dan tombol power ditekan, maka aliran listrik akan menuju motor penggerak dan mengaliri kumparan, sehingga timbul gaya elektromagnetik.
  • Karena pengaruh elektromagnetik, maka di dalam kumparan akan terjadi gaya saling tolak menolak pada kedua kutubnya.
  • Gaya tolak menolak tersebut kemudian menghasilkan gaya berputar secara periodik di dalam kumparan.
  • Kemudian gaya berputar akan memutar kincir kipas angin yang terpasang pada terusan poros kumparan.
  • Putaran kincir dapat diatur sesuai besar arus tegangan listrik. Semakin besar arus listrik, maka kincir kipas angin akan semakin berputar.

Demikianlah pembahasan mengenai cara kerja kipas angin listrik dan komponenya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top