Home » Servis » Penyebab Mesin Pompa Air Mati Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mesin Pompa Air Mati Dan Cara Mengatasinya

penyebab+mesin+pompa+air+mati
Penyebab Mesin Pompa Air Mati

Penyebab Mesin Pompa Air Mati – Salah satu alat penting yang ada di rumah adalah mesin pompa air. Jika tidak ada alat yang satu ini, pasti akan sulit mendapatkan air bersih. Namun, bagaimana jika mesin pompa air yang ada dirumah tiba-tiba mati? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Mesin pompa air yang digunakan dalam waktu yang lama, tentu akan mengalami kerusakan. Kerusakan mesin pompa air sangat beragam, diantaranya adalah mesin panas, air tidak naik, tidak bisa mati, atau bahkan tidak mau nyala sama sekali.

Nah, sebagai alat yang memiliki peranan penting di rumah, maka penting bagi kita mengetahui sebenarnya apa saja yang menjadi penyebab mesin pompa air mati. Sehingga kita dapat mengatasinya sendiri tanpa harus memanggil jasa servis pompa air.

Penyebab Mesin Pompa Air Mati Dan Cara Mengatasinya

Mesin pompa air mati dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantara penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Kabel Power Putus

Hal pertama yang perlu lakukan ketika mesin pompa air mati adalah mengecek bagian kabelnya. Kabel yang sudah lama biasanya kualitasnya menurun dan pada akhirnya keropos lalu putus. Jika kabel putus, maka aliran listrik tidak dapat terhubung dan menyebabkan mesin tidak menyala.

Baca Juga :  Cara Memasang Gear Set Diesel Dongfeng

Jika menemukan kabel pompa air terputus, kita dapat langsung menyambungnya. Namun, sebelum menyambung kabel, sebaiknya periksa dulu apakah bagian dalam kabel keropos atau tidak. Jika kebel sudah keropos, sebaiknya ganti dengan kabel power yang baru.

2. Kapasitor Rusak

Penyebab selanjutnya adalah kapasitor rusak. Kapasitor pompa air umumnya berbentuk kotak dan berwarna hitam. Jika kapasitor pompa air rusak, maka mesin pompa air tidak dapat hidup meskipun telah sersambung dengan sumber listrik.

Adapun tanda-tanda dari kerusakan kapasitor pada pompa air yaitu mesin pompa hanya berbunyi mendengung, namun tidak dapat menyala. Jika dibiarkan, maka mesin akan menjadi panas. Nah, jika mengalami tanda-tanda seperti itu, lalukan penggantian kapasitor.

3. Otomatis Pompa Air Rusak

Pada jenis mesin pompa air otomatis, terdapat saklar otomatis yang berfungsi untuk menyambung dan memutuskan arus listrik. Jika saklar otomatis ini rusak, maka dua kemungkinan yang terjadi, yaitu mesin nyala terus menerus atau mesin mati tidak dapat hidup sama sekali.

Nah, jika menjumpai mesin pompa air otomatis mati, sebaiknya periksa bagian otomatisnya. Caranya yaitu dengan menyambung dua kabel yang menuju ke otomatis. Jika mesin pompa hidup saat kabel disambungkan, maka dapat dipastikan bahwa penyebabnya adalah otomatis yang rusak. Jika otomatis rusak, maka gantilah dengan yang baru.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Bosch Pump Mesin Diesel

4. Dinamo Terbakar

Penyebab lainnya dari pompa air yang mati adalah dinamo terbakar. Dinamo merupakan komponen utama pada mesin pompa air. Jika komponen ini terbakar, maka dapat dipastikan mesin pompa air akan mati total.

Tanda-tanda dinamo mesin pompa air terbakar yaitu menculnya bau gosong ketika mesin dinyalakan. Jika mengalami hal seperti ini, langkah awal yang harus dilakukan adalah mencabut kabel power untuk menghindari korsleting listrik. Nah, untuk memperbaiki dinamo terbakar, sebaiknya dibawa ke tukang servis.

Demikianlah informasi mengenai penyebab mesin pompa air mati dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.