Home » Servis » Penyebab Mesin Pompa Air Mati Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mesin Pompa Air Mati Dan Cara Mengatasinya

penyebab+mesin+pompa+air+mati
Penyebab Mesin Pompa Air Mati

Penyebab Mesin Pompa Air Mati – Salah satu alat penting yang ada di rumah adalah mesin pompa air. Jika tidak ada alat ini, pasti akan sulit memasok kebutuhan air. Namun, bagaimana jika mesin pompa air tiba-tiba mati?

Mesin pompa air yang digunakan dalam waktu lama, tentu akan mengalami kerusakan. Kerusakan mesin pompa air sangat beragam, diantaranya adalah mesin panas, air tidak naik, tidak bisa mati, atau tidak mau nyala sama sekali.

Nah, sebagai alat yang memiliki peranan penting, maka penting bagi kita mengetahui apa saja yang menjadi penyebab mesin pompa air mati. Sehingga, jika suatu saat pompa air di rumah kita mati, kita dapat mengatasinya sendiri.

Penyebab Mesin Pompa Air Mati Dan Cara Mengatasinya

Mesin pompa air mati dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebab, diantara yaitu:

1. Kabel Power Putus

Hal pertama yang perlu lakukan ketika mesin pompa air mati adalah mengecek bagian kabelnya. Kabel yang sudah lama biasanya akan mengalami keropos dan putus di bagian dalamnya.

Jika kabel putus, maka aliran listrik tidak dapat terhubung dan menyebabkan mesin tidak menyala. Ketika menemukan kabel pompa air terputus, kita dapat langsung menyambungnya.

Namun, sebelum menyambung kabel, sebaiknya periksa dulu apakah bagian dalam kabel keropos atau tidak. Jika kebel sudah keropos, sebaiknya ganti dengan kabel power yang baru.

Baca Juga :  Cara Mudah Service Genset Bensin

2. Kapasitor Rusak

Penyebab selanjutnya adalah kapasitor yang mengalami kerusakan. Kapasitor pompa air umumnya berbentuk kotak dan berwarna hitam. Jika kapasitor pompa air rusak, maka mesin pompa air tidak dapat hidup meskipun telah tersambung dengan sumber listrik.

Adapun tanda-tanda dari kerusakan kapasitor pada pompa air yaitu mesin pompa hanya berbunyi mendengung, namun tidak dapat menyala. Jika hal tersebut dibiarkan, maka mesin akan panas.

Nah, jika mesin pompa air mengalami tanda-tanda seperti itu, segera lalukan penggantian. Dalam melakukan penggantian, pastikan ukurannya sesuai dengan yang diganti.

3. Otomatis Pompa Air Rusak

Pada jenis pompa air otomatis, terdapat saklar otomatis yang berfungsi untuk menyambung dan memutuskan arus listrik. Jika saklar otomatis ini rusak, maka ada dua kemungkinan yang akan terjadi, yaitu mesin nyala terus-menerus atau mesin mati tidak dapat hidup sama sekali.

Nah, jika menjumpai mesin pompa air otomatis tidak dapat nyala, sebaiknya periksa bagian otomatisnya. Caranya yaitu dengan menyambung dua kabel yang menuju ke otomatis.

Jika mesin pompa hidup saat kabel disambungkan, maka dapat dipastikan bahwa penyebabnya adalah otomatis rusak. Jika otomatis rusak, maka gantilah dengan yang baru.

4. Dinamo Terbakar

Penyebab lainnya dari pompa air yang mati adalah dinamo terbakar. Dinamo merupakan komponen utama pada mesin pompa air. Jika komponen ini terbakar, maka dapat dipastikan mesin pompa air akan mati total.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Berbunyi Kasar

Tanda-tanda dinamo mesin pompa air terbakar yaitu menculnya bau gosong ketika mesin dinyalakan. Jika mengalami hal seperti ini, langkah awal yang harus dilakukan adalah mencabut kabel power untuk menghindari korsleting listrik. Nah, untuk memperbaiki dinamo terbakar, sebaiknya dibawa ke tukang servis.

Demikianlah informasi mengenai penyebab mesin pompa air mati dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top