Home » Tip & Trik » Cara Mengatur Suhu Kulkas

Cara Mengatur Suhu Kulkas

cara+mengatur+suhu+kulkas
Cara Mengatur Suhu Kulkas

Cara Mengatur Suhu Kulkas – Pengaturan suhu kulkas sangat mempengaruhi makanan dan minuman yang tersimpan di dalamnya. Teralu rendah mengatur suhu kulkas dapat menyebabkan makanan menjadi beku dan keras. Sedangkan jika terlalu tinggi, maka makanan menjadi tidak awet dan basi. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan membahas cara mengatur suhu kulkas yang benar.

Pada umumnya, ruangan kulkas terdiri dari dua bagian, yaitu ruang pendingin dan freezer (pembeku). Dan masing-masing kedua ruang tersebut memiliki tombol pengaturan suhu yang biasanya terletak di dinding bagian dalam. Sehingga dapat diatur dengan suhu yang berbeda.

Ruang pendingin adalah bagian yang digunakan untuk meletakan makanan dan minuman. Suhu ideal pada ruang pendingin yaitu sekitar 2 ⁰C hingga 4 ⁰C. Sehingga bisa dikatakan lebih tinggi dari pada ruangan freezer. Sedangkan freezer adalah ruangan pembeku yang biasanya digunakan untuk menyimpan daging agar tahan lama. Sehingga harus memiliki suhu yang rendah. Dan sangat dianjurkan mengatur suhu freezer tersebut di bawah -15 ⁰C.

Mengatur suhu kulkas dengan benar dapat menambah umur lemari pendingin tersebut lebih awet dan dapat mencegah terjadinya kerusakan. Sebaliknya, jika mengatur suhu secara berlebihan pada kulkas, dapat menyebabkan kulkas menjadi cepat rusak dan boros listrik.

Oleh sebab itu, untuk menjaga suhu kulkas agar tetap dingin, ada beberapa tips dan cara yang dapat dilakukan. Diantaranya yaitu seperti yang akan diuraikan berikut ini.

Tips Dan Cara Mangatur Suhu Kulkas Agar Tetap Dingin

1. Jauhkan Kulkas Dari Alat Pemanas

Selain kulkas, biasanya di dapur juga terdapat banyak peralatan pemanas, seperti microwave 9pemanggang), magicom (penanak nasi), dan kompor gas. Untuk menjaga suhu kulkas agar tetap dingin, sebaiknya jauhkan kulkas dari benda-benda pemanas tersebut dan meletakannya ditempat yang leluasa.

2. Jagalah Kebersihan Kulkas

Kebersihan kulkas juga sangat penting untuk diperhatikan. Terutama pada bagian belakang letak dimana kompresor kulkas berada. Oleh sebab itu, bersihkan kulkas secara rutin agar dinginnya tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi.

3. Tidak Sering Buka Tutup Pintu Kulkas

Terlalu sering membuka pintu kulkas akan menyebabkan suhu di dalam kulkas berubah dengan cepat. Selain itu, hal tersebut juga dapat mengakibatkan karet pintu rusak aus atau rusak yang menjadikan kulkas tidak dingin. Oleh sebab itu, bukalah pintu kulkas seperlunya saja ketika akan mengambil makanan atau minuman.

4. Jangan Menaruh Masakan Panas Ke Dalam Kulkas

Meletakan makanann panas ke dalam kulkas juga dapat menyebabkan suhu di dalam kulkas menjadi tidak panas. Hal tersebut dikarenakan oleh luapan panas pada makanan yang menjadikan suhu kulkas meningkat. Oleh sebab itu, sebelum memasukan masakan ke dalam kulkas, sebaiknya dinginkan terlebih dahulu di luar kulkas.

5. Tidak Menaruh Bahan Makanan Secara Berlebihan

Biasanya hal ini terjad ketika sehabis belanja, dimana isi kulkas penuh sesak oleh makanan dan minuman. Sehingga suhu kulkas akan terserap oleh bahan makanan tersebut yang menjadikan suhu kulkas tidak maksimal. Namun, menaruh dengan sedikit makanan juga tidak begitu bagus, karena suhu kulkas dapat meningkat dari pengaturannya. Oleh sebab itu, sebaiknya isilah kulkas dengan sewajarnya saja.

Demikanlah pembahasan mengenai cara mengatur suhu kulkas dan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat kulkas agar dinginnya tetap terjaga. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top