Home » Tip & Trik » Cara Mengetahui Top Mesin Diesel

Cara Mengetahui Top Mesin Diesel

cara+mengetahui+top+mesin+diesel
Cara Mengetahui Top Mesin Diesel

Cara Mengetahui Top Mesin Diesel – Mengetahui top mesin diesel merupakan hal yang wajib dilakukan ketika melakukan pembongkaran mesin diesel dalam proses servis mesin. Karena, jika tidak tahu bagaimana menentukan titik top diesel, kita tidak dapat melakukan proses penyetelan terhadap komponen mesin diesel lainnya.

Posisi top mesin diesel itu sendiri merupakan dimana posisi langkah terjadinya pembakaran pada mesin diesel. Dalam langkah usaha menghasilkan tenaga tersebut, sebuah mesin diesel harus berada di posisi titik top. Karena, jika mesin tidak berada pada posisi top, maka mesin tidak bisa dihidupkan.

Mengetahui posisi top diesel, juga dilakukan ketika akan menyetel klep mesin diesel. Dengan menentukan posisi top, kita dapat mengukur jarak kerenggangan klep mesin diesel. Sehingga, kita juga akan lebih mudah dalam melakukan penyetelan klep.

Untuk dapat mengetahui posisi top mesin diesel, kita dapat melakukan beberapa cara yang dapat dilakukan. Dan berikut ini merupakan langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk mencari posisi top mesin diesel. Namun, pastikan telah memahami bagian-bagian mesin diesel.

Cara Mengetahui Top Mesin Diesel

1. Melihat Titik 0 Di Roda Gila

Setiap mesin diesel pasti memiliki bagian yang namanya roda gila (roda gendeng). Pada bagian itulah terdapat tanda atau simbol yang dapat kita lihat untuk menentukan posisi top mesin diesel. Tanda tersebut biasanya berupa angka 0 (nol) atau garis strip.

Untuk menentukan top mesin diesel, putarlah roda gila tersebut hingga tanda 0 tersebut berada di posisi atas roda. Namun, untuk mesin diesel yang berumur, biasanya tanda angka 0 tersebut hilang. Sehingga kita tidak bisa menentukan posisi top diesel jika tanda tersebut telah hilang.

2. Melihat Semburan Solar Pada Nozzle

Posisi top diesel juga dapat kita tentukan dengan melihat semburan pada nozzle. Hal ini di dasari oleh proses terjadinya pembakaran mesin diesel dimana posisi nozzle pasti sedang melakukan semburan.

Untuk mengetahui posisi top mesin diesel melalui semburan nozzle, kita dapat melepas terlebih dahulu nozzle tersebut dan di pasang di luar mesin. Untuk melihat nozzle melakukan semburan, putarlah mesin diesel secara perlahan. Jika nozzle melakukan semburan, maka sudah dipastikan mesin diesel berada di posisi top mesin.

3. Melihat Jarak Kerenggangan Klep

Cara mengetahui posisi top mesin diesel selanjutnya dapat kita lakukan dengan melihat jarak kerenggangan pada klep. Untuk melihat jarak kerenggangan pada klep tersebut kita dapat membongkar bagian cover bonnet (tutup kepala head).

Cara menentukan posisi top diesel dengan melihat jarak kerenggangan klep yaitu dengan memutar mesin diesel pelan-pelan. Jika menjumpai posisi klep sejajar dan klep berada di jarak main bebas (tanpa tekanan), maka mesin diesel sedang beradi di posisi top mesin.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui posisi top mesin diesel. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top