Home » Servis Power Tools

Servis Power Tools

servis+power+tools
Servis Power Tools

Servis Power Tools – Sebagai alat bantu yang menggunakan energi selain tenaga manusia, kegunaan power tools memang sangat memudahkan dalam setiap pekerjaan. Selain itu, bekerja dengan menggunakan power tools juga menghemat waktu dan tenaga. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk melakukan servis rutin secara berkala dalam upaya perawatan peralatan tersebut. Dan hal itu akan dibahas di dalam ulasan ini tentang apa saja yang perlu dilakukan pada servis power tools.

Pada dasarnya, servis power tools merupakan upaya perawatan dan penggantian beberapa komponen yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Hal tersebut bertujuan agar performa power tools tetap terjaga dan awet. Selain itu, perbaikan-perbaikan tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan fatal yang mengakibatkan power tools tersebut tidak dapat dipergunakan lagi.

Berdasarkan tingkat kerusakannya, servis power tools dibedakan menjadi dua, yaitu servis ringan dan servis berat. Jenis-jenis servis ringan diantaranya meliputi pembersihan, penggantian carbon brush, dan penggantian kabel atau selang. Sedangkan yang termasuk servis berat meliputi penggantian laher, penggantian gear, penggantian motoran, dan lain sebagainya.

Panduan Servis Power Tools

Power tools memiliki bermacam-macam jenis sesuai fungsinya masing-masing. Dan tentunya kita tahu bahwa power tools memiliki merk yang beraneka ragam seperti bosch, makita, hitachi, modern, maktec, dan lain sebagainya.

Untuk itu, hal terpenting dalam penggantian suku cadang/spare part yaitu jangan sampai tertukar antara merk produk yang satu dengan yang lainnya. Karena setiap produk power tools memiliki suku cadang yang berbeda-beda.

Dan berikut ini merupakan panduan secara umum yang dapat diterapkan dalam melakukan servis power tools baik perawatan harian mau pun perawatan rutin berkala.

  • Bersihkanlah bagian-bagian luar power tools dengan lap atau kuas dari sisa kotoran yang menempel. Lebih bagus lagi jika disemprot dengan angin bertekanan (kompresor).
  • Periksalah carbon brush secara berkala pada power tools yang menggunakan tenaga listrik. Jika carbon brush habis maka mesin tidak dapat dioperasikan.
  • Pengecekan kabel juga perlu dilakukan setiap saat. Kabel yang terkelupas dapat menyebabkan korsleting listrik dan mesin mati.
  • Pemeriksaan selang secara rutin pada power tools bertenaga angin. Kebocoran pada selang dapat menyebabkan kinerja power tools menjadi kurang maksimal.
  • Untuk power tools bertenaga angin atau hidrolik, periksalah kondisi gasket dan seal secara berkala. Pastikan semuanya dalam kondisi baik. Jika terdapat gasket atau seal yang rusak/aus/berkerut, lakukanlah penggantian pada komponen tersebut.
  • Pastikan sistem pelumasan berjalan dengan baik, gunakan grease atau stempet yang tepat agar gesekan antar komponen dapat terminimalisir kan.
  • Pengecekan bearing juga harus dilakukan secara rutin. Jika kondisinya kering, bersihkan dengan solar dan olesi dengan oli. Namun, jika sudah macet atau rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru.
  • Gear dan gear box juga merupakan komponen penting pada power tools. Untuk itu lakukanlah pengecekan secara berkala. Jika gesekan antar gear sudah kasar, sebaiknya ganti dengan yang baru.
  • Pengecekan motoran juga sangat penting. Motoran yang sudah tidak berfungsi dengan baik biasanya ditandai oleh putaran mesin menurun atau munculnya suara brebet jika power tools digunakan. Gantilah motoran dengan yang baru jika kondisinya sudah rusak atau terbakar.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan pada servis power tools agar awet dan nyaman ketika digunakan serta untuk menjaga performa mesin agar tetap maksimal. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

Artikel Terkait :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top