Mesin Cara Setel Otomatis Pompa Air

Cara Setel Otomatis Pompa Air

cara+setel+otomatis+pompa+air
Cara Setel Otomatis Pompa Air

Cara Setel Otomatis Pompa Air – Bagi para pemiliki mesin pompa air, pasti pernah mengalami kondisi dimana mesin berbunyi cetak-cetak secara terus menerus ketika menyalakan pompa air. Hal itu merupakan tanda-tanda dari otomatis pompa air yang mengalami masalah. Sehingga, perlu dilakukan perbaikan dengan cara menyetel otomatis pompa air tersbut.

Otomatis pompa air merupakan komponen yang terdiri dari pegas pengontrol tekanan air. Pegas tersebut berupa pir yang akan bergerak mengikuti tekanan air dan menekan atau melepas saklar otomatis. Dengan begitu, mesin pompa air dapat hidup dan berhenti sendiri dengan adanya saklar otomatis tersebut.

Otomatis pompa memang terkadang mengalami masalah. Jika masalahnya sudah parah, dapat mengakibatkan mesin pompa air tersebut tidak dapat menyala. Dan cara mengatasinya yaitu dengan mengganti otomatis baru. Namun, jika masalah otomatis masih dalam tahap ringan, maka permasalahan pada saklar otomatis tersebut masih dapat diatasi dengan cara melakukan penyetelan. Untuk itu, bagi yang belum tahu cara menyetelnya, silahkan simak uraian berikut mengenai cara setel otomatis pompa air.

Cara Setel Otomatis Pompa Air

Sebelum melakukan penyetelan otomatis pompa air, sediakan obeng untuk mengatur baut pengontrol tekanan yang berada di bagian atas otomatis pompa air. Dan untuk langkah-langkah penyetelannya adalah sebagai berikut.

1. Buka tutup (cover) otomatis pompa air dengan membuka baut kecil yang terletak di samping cover tersebut. Maka akan terlihat baut pengontrol yang memiliki simbol arah (+) dan (-). Jika baut pengontrol diputar ke arah (+), maka tekanan pir akan semakin kuat. Begitu juga sebaliknya, jika diputar ke arah (-), maka tekanan pir akan melemah.

2. Jika mesin pompa air berbunyi cetak-cetak saat dinyalakan, putarlah baut pengontrol ke arah (+) sampai bunyinya hilang. Mesin pompa air yang berbunyi cetak-cetak tersebut disebabkan karena tekanan pir lemah, sehingg saklar otomatis tidak dapat ditekan dengan sempurna. Oleh karena itu, dengan memutar ke arah (+) maka tekanan pir akan menguat.

3. Jika mesin pompa air tidak hidup ketika dinyalakan, putarlah baut pengontrol ke arah (-) sampai mesin nyala. mesin pompa air yang tidak bisa hidup tersebut dikarenakan tekanan pir terlalu kuat, sehingga saklar pompa air tidak dapat kembali. Oleh karena itu, putarlah ke arah (-) agar tekanan pir sedikit melemah dan saklar otomatis dapat berfungsi dengan normal.

Demikianlah pembahasan tentang cara setel otomatis mesin pompa air. Lakukanlah penyetelan dengan cara berulang-ulang agar memperoleh hasil yang diinginkan. Semoga bermanfaat.

Share :

2 thoughts on “Cara Setel Otomatis Pompa Air”

  1. 3. Jika mesin pompa air tidak hidup ketika dinyalakan, putarlah baut pengontrol ke arah (-) sampai mesin nyala. mesin pompa air yang tidak bisa hidup tersebut dikarenakan tekanan pir terlalu kuat, sehingga saklar pompa air tidak dapat kembali. Oleh karena itu, putarlah ke arah (-) agar tekanan pir sedikit melemah dan saklar otomatis dapat berfungsi dengan normal.

    Sudah dicoba perbaiki dgn cara no 3 ini, malah jd ON atau OFF nya tdk mau otomatis semua. Kalo di paskan dgn bisa otomatis OFF, otomatis ON nya yg ngga mau nyala lagi.

    Apakah itu tanda sudah rusak otomatis nya?

    1. Setelah diputar ke arah (-), diputar kembali ke arah (+) sambil membuka dan menutup kran air. Perlu di setel berulang-ulang, untuk mengetahui otomatis bisa berfungsi secara normal. Jika ingin tidak repot, ganti saja dengan yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *