Tip & Trik Cara Mengecek Kapasitor Apakah Rusak Atau Tidak

Cara Mengecek Kapasitor Apakah Rusak Atau Tidak

cara+mengecek+kapasitor
Cara Mengecek Kapasitor Rusak Atau Tidak

Cara Mengecek Kapasitor Rusak Atau Tidak – Kapasitor adalah komponen penting yang terdapat pada sebuah dinamo penggerak. Misalnya dinamo mesin cuci atau kipas angin. Fungsi komponen ini yaitu sebagai penyimpan muatan listrik yang digunakan sebagai start awal pada putaran dinamo. Setelah dinamo berputar, maka kapasitor akan terputus secara otomatis.

Memiliki peranan penting pada perangkat elektronik, kapasitor ini memang sering mengalami kerusakan. Permasalahan yang diakibatkan oleh kapasitor yaitu dinamo tidak dapat berputar dan hanya berdengung ketika perangkat dinyalakan.

Meskipun begitu, tidak semua permasalah pada perangkat elektronik disebabkan oleh kapasitor. Karena bisa juga disebabkan oleh komponen lainnya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan membahas bagaimana cara mengecek kapasitor rusak atau tidak. Hal ini tentu saja sangat membantu dalam proses perbaikan perangkat elektronik yang rusak.

Cara Mengecek Kapasitor Apakah Masih Berfungsi Atau Tidak

Untuk memeriksa kondisi kapasitor apakah masih bagus atau tidak, dapat dilakukan dengan beberapa cara. Namun, kali ini akan membahas cara yang paling mudah, yaitu dengan metode menghubungkan langsung dengan arus listrik dan menggunakan avo atau multitester.

Cara Mengecek Kapasitor Dengan Arus Listrik

Untuk mengetahui apakah sebuah kapasitor rusak atau tidak, kita dapat menggunakan metode menghubungkan langsung dengan arus listrik. Namun, cara seperti ini harus dilakukan dengan penuh hati-hati untuk menghindari kesetrum. Adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut.

  • Sambungkan kedua kutub kapasitor dengan kabel yang berukuran cukup besar.
  • Kemudian colokan masing-masing ujung kabel ke stop kontak selama kurang lebih 15 detik, kemudian langsung cabut kembali. Jangan menyentuh ujung kabel karena dapat kesetrum.
  • Setelah itu, tempelkan kedua ujung kabel. Jika terdapat percikan listrik, maka tandanya kapasitor masih bagus, tetapi jika tidak ada reaksi apa-apa, artinya kapasitor telah rusak.

Cara Mengecek Kapasitor Menggunakan Multitester

Mengecek kondisi kapasitor juga dapat dilakukan dengan menggunakan multitester. Cara ini merupakan cara paling aman, karena tidak bersentuhan langsung dengan arus listrik. Namun, kita harus menyediakan multitester dengan kondisi yang masih bagus. Dan cara memeriksa kapasitor rusak atau tidak dengan menggunakan multitester yaitu sebagai berikut.

  • Sediakan multitester, kemudian setting pada hambatan (ohm) x1k.
  • Tempelkan kedua ujung probe pada masing-masing kutub kapasitor (bebas, bisa bolak-balik).
  • Kemudian lihat layar display pada multitester. Jika jarum bergerak ke kanan kemudian kembali lagi, berarti kondisi kapasitor masih bagus, tetapi jika jarum bergerak ke kanan dan tidak kembali lagi atau tidak bergerak sama sekali, maka tandanya kapasitor sudah tidak berfungsi (rusak)

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengecek kapasitor rusak atau tidak. Jika ingin memeriksa kapasitor pada sebuah perangkat elektronik, silahkan gunakan salah satu diantara kedua cara di atas yang menurut Anda paling cepat dan aman. Semoga artiekl ini bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *