Home » Servis » Penyebab Genset Tidak Bisa Dimatikan

Penyebab Genset Tidak Bisa Dimatikan

penyebab+genset+tidak+bisa+mati
Penyebab Genset Tidak Bisa Mati

Penyebab Genset Tidak Bisa Dimatikan – Mesin genset yang normal akan mudah dihidupkan dan dimatikan. Namun, dalam penggunaannya terkadang mengalami permasalahan yang datang tiba-tiba. Salah satunya yaitu genset tidak bisa mati meskipun saklar atau kontak telah dipindah ke posisi off.

Kerusakan seperti itu termasuk permasalahan genset yang tergolong ringan. Karena penyebabnya biasanya hanya terdapat jalur kabel massa yang terlepas atau putus. Kabel massa adalah kabel yang digunakan untuk mematikan mesin.

Bagi yang masih awam dengan mesin genset, permasalahan seperti itu terkadang malah membuat panik. Namun, setelah membaca artikel ini pasti tidak khawatir lagi, karena akan dibahas penyebab genset yang tidak dapat dimatikan dan cara memperbaikinya.

Penyebab Genset Tidak Bisa Dimatikan Dan Cara Memperbaikinya

1. Kabel Massa Putus

Kabel massa adalah kabel yang terhubung pada jalur pengapian, tepatnya melekat pada coil atau CDI. Kabel ini berfungsi untuk mematikan mesin. Pada mesin genset, kabel massa selalu diaplikasikan ke saklar. Sehingga, jika saklar ke posisi off maka kabel massa akan terhubung ke bodi mesin dan mesin akan mati.

Baca Juga :  Penyebab Kipas Angin Panas

Masalah yang sering terjadi pada kabel massa ini adalah terlepas dari saklar atau putus karena digigit tikus. Untuk itu, jika mengalami permasalahan genset tidak bisa dimatikan, periksalah kondisi kabel massa. Jika terlepas, pasang lagi pada saklar. Namun jika kabel putus, sambung kembali dan bungkus dengan isolatip.

2. Saklar Rusak

Jika keadaan kabel massa dalam terpasang dengan baik dan tidak putus, maka pengecekan selanjutnya adalah saklar. Saklar genset berfungsi sebagai penyambung dan pemutus kabel massa ke bodi mesin. Jika saklar rusak, maka kabel massa tidak akan terhubung ke bodi mesin dan mesin akan terus hidup.

Untuk itu, jika genset tidak mau mati, cobalah periksa kondisi saklar. Namun, terlebih dahulu matikan genset dengan melepas kabel massa yang terhubung ke saklar dan menempelkannya ke bodi mesin. Atau bisa juga dengan menutup kran bensin.

Jika mesin sudah mati, lepaslah saklar dan cek dengan menggunakan multitester. Jika telah dipastikan saklar tidak befungsi dengan baik, maka gantilah dengan saklar yang baru.

Baca Juga :  Penyebab Mesin Potong Rumput Tidak Bertenaga

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab mesin genset tidak bisa dimatikan dan cara memperbaikinya. Sebagai tips tambahan, simpanlah genset pada tempat yang terhindar dari tikus. Selain itu, pastikan untuk selalu melakukan perawatan genset agar performa tetap optimal. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top