Home » Servis » Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Rusak

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Rusak

cara+memperbaiki+mesin+cuci
Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Rusak

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Rusak – Mencuci pakaian menggunakan mesin cuci, memang lebih menyingkat waktu dan tenaga. Hal itulah yang menjadikan hampir setiap rumah memiliki mesin cuci. Oleh sebab itu, merupakan hal penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki mesin cuci. Agar jika sewaktu-waktu mesin cuci mengalami kerusakan, kita dapat mengatasinya sendiri.

Bagi para pengguna mesin cuci, pasti akan merasa kebingungan jika mesin pencuci pakaian tersebut mengalami masalah. Seperti mesin cuci tidak berputar sama sekali atau air pembuangan yang terus menerus keluar tanpa berhenti bocor). Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai cara memperbaiki mesin cuci yang tergolong dalam kerusakan ringan yang sering terjadi.

Mesin cuci itu sendiri memiliki dua jenis pengoperasian, yaitu mesin cuci manual dan otomatis. Selain itu ada juga jenis mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Namun, jika mesin cuci tersebut mengalami masalah, untuk memperbaikinya caranya hampir sama. Karena pada dasarnya cara kerja setiap mesin cuci berpusat pada dinamo penggeraknya dan rangkaian modul pengoperasiannya.

Mesin cuci memang bisa dikatakan hampir setiap hari digunakan. Sebagus dan semahal apapun, pasti ada kalanya akan mengalami masalah. Oleh sebab itu, melaui artikel ini diharapkan bisa menyimpulkan dan menemukan penyebab dari berbagai macam permasalahan mesin cuci yang mengalami kerusakan.

Jenis – Jenis Kerusakan Pada Mesin Cuci Dan Cara Memperbaikinya

Dan berikut ini merupakan macam-macam kerusakan yang sering terjadi pada mesin cuci, baik manual mau pun otomatis beserta cara memperbaikinya.

1. Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar

Permasalahan pertama yang sering terjadi pada mesin cuci adalah mesin cuci tidak mau berputar. Ada beberapa kemungkinan penyebab dari permasalahan ini, diantaranya yaitu kabel power putus atau saklar yang terdapat pada pintu mesin cuci rusak. Atau juga bisa disebabkan karena kelebihan muatan cucian.

Oleh sebab itu, untuk memperbaiki mesin cuci yang tidak berputar, periksalah bagian kabel power yang digunakan untuk menghubungkan ke colokan sumber listrik. Hal ini biasanya dikarenakan oleh gigitan tikus. Sehingga, jika menemukan adanya yang putus atau terbakar, sambunglah kembali kabel tersebut dan bungkus dengan isolatip.

Namun, jika kabel masih dalam kondisi bagus, periksalah saklar pintu buka tutup mesin cuci. Jika menemukan saklar yang sudah rusak atau tidak berfungsi, gantilah dengan yang baru. Karena saklar ini sering kali mengalami korosi yang akhirnya tidak dapat mengalirkan arus listrik.

Sedangkan jika bagian-bagian tersebut masih bagus tetapi mesin cuci belum juga berputar, maka periksalah muatan kapasitas cucian yang dimasukan ke dalam tabung cucian. Muatan yang berlebihan akan memberatkan putaran dinamo mesin. Sehingga, muatan cucian harus sesuai dengan buku panduan yang ada.

2. Cara Memperbaiki Mesin Cuci Mendengung Tidak Berputar

Kerusakan selanjutnya yang sering terjadi pada mesin cuci yaitu mesin hanya mendengung tidak mau berputar ketika dihidupkan. Penyebab dari masalah ini adalah kapasitor dinamo mesin cuci lemah atau meleleh terbakar.

Untuk mengatasi masalah ini, kita harus mengganti kapasitor dinamo mesin cuci. Yaitu dengan cara membongkar cover kerangka mesin cuci dan mencari letak kapsitornya. Bisanya kapasitor tersebut berada tidak jauh dari dinamo mesin cuci. Namun perlu diperhatikan untuk mengganti kapasitor haruslah memiliki ukuran yang sama dengan kapasitor yang rusak.

3. Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Bisa Membuang Air

Saluran pembuangan pada mesin cuci merupakan lubang yang bertugas untuk mengeluarkan air hasil pencucian. Namun, sering kali mampat, sehingga mesin cuci tidak bisa membuang air sisa pencucian. Permasalahan seperti ini biasanya disebabkan adanya kotoran atau kain kecil yang menyumbat pada saluran pembuangan.

Untuk memperbaiki saluran mesin cuci yang mampat ini, periksalah pangkal saluran pembuangan pada mesin cuci. Jika menemukan kain kecil atau kotoran yang menutupi lubang pembuangan, ambil dan bersihkan agar air dapat keluar dengan lancar.

4. Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor

Permasalahan berikutnya yang sering terjadi pada mesin cuci yaitu mesin cuci mengeluarkan air terus menerus pada selang pembuangan. Penyebab dari masalah ini adalah seal mekanik yang terdapat pada lubang pembuangan telah longgar atau pirnya patah.

Untuk memperbaiki mesin cuci yang bocor terus menerus, periksalah seal mekanik yang terdapat pada lubang pembuangan. Jika menemukan seal yang longgar, keras, atau pirnya patah, gantilah seal mekanik tersebut dengan yang baru.

5. Cara Memperbaiki Mesin Cuci Lama Mengisi Air

Mesin cuci yang jarang dirawat, biasanya akan muncul masalah pengisian air yang menjadi lama. Penyebab dari mesin mesin cuci yang lama mengisi air ini yaitu adananya kotoran yang menumpuk pada filter air yang terdapat pada lubang pengisian.

Untuk mengatasi masalah mesin cuci yang lama mengisi air ini, kita hanya perlu melepas filter air yang terdapat pada lubang pengisian dan membersihkannya hingga benar-benar bebas dari kotoran. Sehingga air dapat kembali mengalir secara normal kembali.

Demikianlah uraian mengenai masalah dan cara memperbaiki mesin cuci yang mengalami kerusakan. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top