Home » Servis » Cara Melepas Nozzle Pada Mesin Diesel

Cara Melepas Nozzle Pada Mesin Diesel

cara+melepas+nozzle+mesin+diesel
Cara Melepas Nozzle Pada Mesin Diesel
Cara Melepas Nozzle Pada Mesin Diesel – Sebagai komponen yang selalu bekerja di bawah tekanan, bukan hal yang tak mungkin jika nozzle pada mesin diesel ini mengalami penurunan performa. Selain itu, nozzle ini memiliki batasan umur yang harus diganti jika waktunya telah tiba.

Namun, sebelum memutuskan untuk mengganti nozzle pada mesin diesel, sebaiknya lakukanlah pengecekan terlebih dahulu. Apakah nozzle tersebut masih bagus atau tidak. Dan jika memang harus melakukan penggantian, maka kita harus melepas nozzle tersebut dari rumahnya.

Cara melepas nozzle mesin diesel sebenarnya mudah, yang penting kita paham bagian-bagian yang ada di rumah nozzle. Karena, untuk melepas nozzle, kita juga harus membongkar bagian lainnya yang ada di dalam rumah nozzle. Untuk itu, bagi yang belum tahu bagian-bagian rumah nozzle, silahkan lihat gambar di bawah ini.

bagian+bagian+nozzle
Bagian – Bagian Nozzle Mesin Diesel

Cara Melepas Nozzle Pada Mesin Diesel

Setelah mengetahui apa yang ada di dalam rumah nozzle, barulah kita melepas nozzle untuk mengganti nozzle yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Lepaskan pipa solar terlebih dahulu, kemudian lepaskan rumah nozzle dari tempatnya dengan membuka terlebih dahulu flange penjepit rumah nozzle.

2. Gunakan dua buah kunci untuk melepas mur rumah nozzle. Yang satu sebagai penahan dan yang satunya lagi untuk membuka mur rumah nozzle.

3. Setelah mur rumah nozzle terlepas, lepaskan satu persatu bagian yang ada dirumah nozzle sampai dapat mengambil nozzlenya.

4. Setelah nozzle berhasil dilepas, pasanglah nozzle yang baru secara presisi (jangan sampai miring). Kemudian pasang bagian-bagian yang lainnya secara benar (jangan ada yang terbalik).

5. Kemudian, pasang kembali mur rumah nozzle dan kencangkan.

6. Sebelum, rumah nozzle dipasang pada tempatnya, sebaiknya lakukanlah pengecekan terlebih dahulu apakah nozzle telah berfungsi dengan baik. Jika sudah ok, pasang kembali rumah nozzle pada tempatnya dan kencangkan menggunakan flange penjepitnya. Kemudian, cobalah untuk menghidupkan mesin.

Demikianlah informasi mengenai cara melepas nozzle pada mesin diesel. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top