Home » Mesin Gerinda Silindris Dan Bagian – Bagiannya

Mesin Gerinda Silindris Dan Bagian – Bagiannya

Mesin Gerinda Silindris Dan Bagian – Bagiannya


Mesin Gerinda Silindris Dan Bagian – Bagiannya – Mesin gerinda silindris adalah salah satu jenis mesin gerinda yang digunakan untuk mengerjakan benda kerja berbentuk silindris, tirus, dan lain sebagainya. Contoh beberapa benda yang dapat dikerjakan dengan mesin ini yaitu bearing, spindle mesin, shaft (poros), test bar, sleeve, dan lain-lain.
Berdasarkan penggunaannya, mesin gerinda silindris dibedakan menjadi empat jenis, yaitu sebagai berikut.
  • Mesin Gerinda Silindris Luar
Mesin gerinda silindris luar merupakan jenis mesin gerinda uang digunakan untuk menggerinda diameter luar benda kerja yg berbentuk silindris dan tirus.
  • Mesin Gerinda Silindris Dalam
Mesin gerinda silindris dalam merupakan jenis mesin gerinda uang digunakan untuk menggerinda diameter dalam benda kerja yang berbentuk silindris dan tirus.
  • Mesin Gerinda Silindris Luar Tanpa Center
Mesin gerinda silindris luar tanpa center merupakan jenis mesin gerinda yang digunakan untuk menggerinda diameter luar benda kerja dengan jumlah kapasitas banyak secara masal, baik benda yang berukuran panjang maupun berukuran pendek.
Mesin gerinda silindris universal merupakan jenis mesin gerinda yang paling sempurna diantara mesin mesin gerinda silindris lainnya. Mesin gerinda ini dapat digunakan untuk menggerinda diameter luar dan diameter dalam benda kerja yang berbentuk silindris.
Bagian – Bagian Mesin Gerinda Silindris
Mesin gerinda silindris memiliki bagian-bagian dengan fungsi yang berbeda-beda. Dan bagian-bagian mesin gerinda silindris yaitu :
1. Kepala Utama
 
Kepala utama merupakan bagian dari mesin gerinda silindris yang berfungsi sebagai penghasil gerak putar pada batu gerinda.
2. Spindle Utama Benda Kerja
 
Spindle pada mesin gerinda silindris merupakan bagian yang berfungsi untuk mengatur kecepatan putaran dan sebagai alat untuk mencekam benda kerja.
3. Kaki Mesin
Kaki mesin pada mesin gerinda silindris merupakan bagian yang berfungsi sebagai dudukan dan pendukung mesin.
4. Panel Kontrol
Panel kontrol merupakan serangkaian tombol yang berfungsi untuk mengoperasikan atau mengatur proses kerja pada mesin gerinda silindris.
5. Meja Bawah
Meja bawah adalah bagian mesin gerinda silindris yang bertugas sebagai landasan meja atas.
6. Meja Atas
 
Meja atas merupakan bagian mesin gerinda silindris yang berfungsi sebagai tempat dudukan kepala lepas pada spindle utama benda kerja yang dapat diatur besar sudutnya.
7. Kepala Lepas (Tail Stock)
Kepala lepas merupakan bagian mesin gerinda silindris yang berfungsi sebagai penyangga benda kerja pada pencekaman diantara dua center.
8. Perlengkapan Pendingin
       
Perelngkapan ini merupakan tempat yang digunakan untuk mengatur aliran cairan pendingin ketika mesin gerinda silindris dioperasikan.
Selain memiliki bagian-bagian utama seperti yang disebutkan di atas, mesin gerinda silindris juga mempunyai perlengkapan lainnya, diantaranya yaitu :
 
Cekam rahang tiga pada mesin gerinda silindris digunakan untuk meletakan dan mencekam benda kerja ketika proses penggerindaan berlangsung. Rahang cekam ini berada dan terhubung langsung dengan motor penggerak mesin.
  • Collet
 
Collet merupakan pelengkap pada mesin gerinda silindris yang digunakan untuk meletakan dan mencekam benda kerja yang memiliki permukaan halus.
  • Face Plate
         
Face plate merupakan bagian pada mesin gerinda silindris yang berfungsi untuk menggerinda permukaan diameter dalam benda kerja. selain itu, face plate juga dapat digunakan sebagai ragum (chuck).
  • Center Dengan Ulir
     
Center ulir merupakan pelengkap pada mesin gerinda silindris yang digunakan untuk menyangga dan dipasang pada bagian spindle utama benda kerja yang bertugas untuk mencekam benda kerja diantara dua center.
  • Center Tanpa Ulir
 
Center tanpa ulir merupakan alat pelengkap pada mesin gerinda silindris yang digunakan sebagai penumpu benda karja.
  • Pembawa
 
Pembawa merupakan bagian pelengkap pada mesin gerinda silindris yang digunakan untuk mencekam benda kerja yang pada pencekemen diantara dua center.
Demikanlah pembahasan mengenai mesin gerinda silindris dan bagian-bagiannya. Semoga bermanfaat.
Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top