Home » Info Baru » Pengertian Dan Fungsi Komutator

Pengertian Dan Fungsi Komutator

pengertian dan fungsi komutator
Pengertian Dan Fungsi Komutator
Pengertian Dan Fungsi Komutator – Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang komutator. Apa itu komutator dan untuk apa fungsinya? Simak uraian berikut tentang komutator dan fungsinya.

Pengertian Komutator

Komutator merupakan komponen konventer mekanik dari motor dan generator yang berfungsi untuk menyearahkan arus listrik AC menjadi DC. Sehingga, tetap mengalir pada arah yang tetap meskipun lilitan medan dalam keadaan berputar.

Tegangan listrik yang dihasilkan oleh sebuah motor atau generator DC merupakan gelombang arus bolak-balik. Kemudian, komutator inilah yang akan mengubahnya menjadi arus searah.

Proses penyearah arus tersebut, merupakan sebuah bentuk kerjasama antara komutator dan carbon brush. Komutator yang berputar dan bergesekan dengan carbon brush tersebut sering disebut dengan istilah komutasi.

Pada motor atau generator DC, memiliki jangkar (armature) berbentuk silinder yang diberi alur pada permukaanya untuk melilitkan kumparannya. Setiap kumparan tersebut berujung pada komutator.

Selain itu, jangkar pada motor dan generator DC juga memiliki dua buah magnet permanen. Sehingga timbul Medan magnet pada kedua magnet tersebut jika dialiri arus listrik. Sehingga, akan terjadi daya tarik menarik yang mengakibatkan armature tersebut berputar.

Pada saat armature berputar, Komutator akan mengubah lilitan yang mendapat polaritas medan magnet. Dengan begitu, armature akan terus berputar selama kumparan magnet dialiri aurs listrik.

Komutator ini dapat memberikan tanda bahwa sebuah motor atau generator mengalami kerusakan. Oleh karena itu, sebagai komponen yang sangat penting, komutator ini harus diperhatikan dengan baik. Agar dapat mencegah kerusakan yang mungkin terjadi pada motor maupun generator.

Fungsi Komutator

Fungsi komutator yaitu sebagai penyearah arus bolak-balik menjadi arus searah pada motor dan generator DC. Namun, dapat disimpulkan secara detail beberapa fungsi komutator adalah sebagai berikut :

1. Komutator berfungsi sebagai kontak geser antara carbon brush dengan jangkar (armature) yang berputar untuk memberi atau mengambil arus listrik ke mesin elektrik.

2. Komutator berfungsi sebagai saklar pembalik (reversing switch). Ketika ujung akhir armature melewati carbon brush, Komutator akan mengaturnya dari satu sirkit ke sirkit yang lain. Dimana arus listrik akan mengalir ke arah sebaliknya.

3.Komutator juga berfungsi menyalurkan tegangan dari dalam sirkit armature coil ke permukaan carbon brush. Tegangan setiap batang coil akan menambah satu dengan yang lain diantara carbon brush. Hal ini akan menghasilkan tegangan operasi mesin elektrik yang muncul pada setiap carbon brush.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian Komutator dan fungsinya. Serta bagaiama cara kerja komutator dalam memutar motor dan generator DC. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top