Home » Info Baru » Jenis-Jenis Mesin Gerinda Dan Fungsinya

Jenis-Jenis Mesin Gerinda Dan Fungsinya

jenis+jenis+mesin+gerinda
Jenis-Jenis Mesin Gerinda

Jenis-Jenis Mesin Gerinda Dan Fungsinya – Dalam pekerjaan di bidang teknik, mesin gerinda memiliki peranan yang sangat penting. Fungsi mesin gerinda ini digunakan untuk memotong, mengasah, membentuk pola, dan finishing. Pada artikel ini akan dibahas tentang jenis-jenis mesin gerinda dan fungsinya.

Memiliki berbagai macam penggunaan pada sebuah pekerjaan, mesin gerinda memiliki bermacam-macam jenis sesuai dengan fungsinya. Misalnya mesin gerinda potong yang digunakan untuk memotong besi.

Agar lebih memahami fungsi dari mesin gerinda, berikut akan dijelaskan apa saja jenis-jenis mesin gerinda dan fungsinya masing-masing.

Jenis-Jenis Mesin Gerinda Dan Fungsinya

Berdasarkan cara pengoperasian dan hasil penggerindaan, mesin gerinda dikelompokan menjadi beberapa jenis. Berikut penjelasannya.

1. Mesin Gerinda Tangan

mesin+gerinda+tangan
Mesin Gerinda Tangan

Mesin gerinda tangan adalah jenis mesin gerinda multi fungsi atau serba guna. Karena dapat digunakan untuk berbagai macam pekerjaan, seperti untuk memotong besi, kayu, kaca, bahan bangunan, dan dapat juga dimanfaatkan untuk memoles bodi mobil.

Mesin gerinda ini memiliki sistem kerja dimana motor penggeraknya diteruskan dari engkol ke roda gerinda melalui transmisi roda gigi yang kemudian di teruskan untuk memutar batu gerinda. Jenis batu gerinda pada mesin gerinda jenis ini dapat diganti-ganti sesuai penggunaannya.

2. Mesin Gerinda Duduk

mesin+gerinda+duduk
Mesin Gerinda Duduk

Mesin gerinda duduk adalah jenis mesin gerinda yang digunakan untuk mengasah atau menajamkan benda-benda yang relatif berukuran kecil, seperti mata bor, pahat bubut, pahat tangan, serta pahat sekrap. Mesin gerinda duduk biasanya dipasang dengan cara diikat dengan baut pada meja kerja untuk memudahkan penggunaannya.

Mesin gerinda duduk memiliki dua engkol yang dapat dipasang dengan batu gerinda yang berbeda. Di sebelah kiri biasanya dipasang jenis batu gerinda kasar, sedangkan disebelah kanan dipasang jenis batu gerinda halus. Tujuan dari pemasangan dua jenis batu yang berbeda adalah agar mesin gerinda ini dapat digunakan untuk dua fungsi sekaligus, yaitu sebagai pemotong dan pengasah.

3. Mesin Gerinda Lurus

mesin+gerinda+lurus
Mesin Gerinda Lurus

Mesin gerinda lurus sering disebut juga dengan straight grinder. Mesin gerinda ini memiliki fungsi untuk menggerinda benda-benda kerja yang memiliki bidang permukaan rata.

Cara pengoperasiannya yaitu benda kerja dijepit pada sebuah meja yang dapat digerakan lurus dan bolak-balik secara otomatis atau dengan gerakan tangan. Sementara itu, roda gerinda dapat digerakkan secara melintang pada meja dan digerakan naik turun.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Multitester Analog

4. Mesin Gerinda Berdiri

mesin+gerinda+berdiri
Mesin Gerinda Berdiri

Mesin gerinda berdiri merupakan jenis mesin gerinda yang terpasang pada sebuah kaki yang berukuran cukup tinggi agar lebih mudah dalam penggunaannya. Mesin gerinda ini juga sering disebut dengan mesin gerinda lantai, karena cara penempatannya diletakkan langsung pada lantai.

5. Mesin Gerinda Datar

mesin+gerinda+datar
Mesin Gerinda Datar

Mesin gerinda datar adalah jenis mesin gerinda yang menggunakan teknik penggerindaan mengacu pada pembuatan bentuk datar dan permukaan yang tidak rata pada suatu benda kerja yang diletakan di bawah batu gerinda yang berputar. Sementara itu, benda kerja dicekam dengan cara diikat pada sebuah kotak magnetik.

Pada umumnya, mesin gerinda datar di gunakan untuk menggerinda permukaan sebuah benda untuk menghasilkan permukaaan yang rata. Pada mesin ini, meja tempat benda kerjanya dapat bergerak secara horizontal dan bolak-balik dan dapat diopersikan secara manual maupun otomatis.

Berdasarkan sumbunya, mesin gerinda datar terbagi menjadi 4 jenis, yaitu:

a. Horizontal Spindle Reciprocating Table

Mesin gerinda datar horizontal dengan arah gerakan meja bolak-balik (Horizontal Spindle Reciprocating Table). Mesin gerinda jenis ini digunakan untuk menggerinda benda kerja yang memiliki permukaan rata dan menyudut.

b. Horizontal Spindle Rotating Table

Mesin gerinda datar horizontal dengan arah gerakan meja berputar (Horizontal Spindle Rotating Table). Mesin gerinda jenis ini digunakan untuk menggerinda benda dengan permukaan rata poros.

c. Vertical Spindle Reciprocating Table

Mesin gerinda datar vertikal dengan arah gerakan meja bolak-balik (Vertical Spindle Reciprocating Table). Mesin gerinda jenis ini digunakan untuk menggerinda benda-benda kerja yang memiliki permukaan rata, lebar dan menyudut.

d. Vertical Spindle Rotating Table

Mesin gerinda datar vertikal dengan arah meja berputar (Vertical Spindle Rotating Table). Mesin gerinda jenis ini memiliki fungsi yang sama dengan mesin gerinda datar horizontal dengan arah meja bolak-balik.

6. Mesin Gerinda Silinder

mesin+gerinda+silinder
Mesin Gerinda Silinder

Mesin gerinda silinder atau silindris adalah jenis mesin gerinda yang dapat mengerjakan benda-benda berbentuk silinder. Contoh benda kerja yang dapat digerinda dengan mesin gerinda jenis ini yaitu bearing, spindle mesin, sleeve, shaft atau as, test bar, dan lain sebagaianya.

Baca Juga :  Harga Mesin Pres Minuman (Cup Sealer)

Berdasarkan penggunaanya, mesin gerinda silinder ini dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

a. Mesin Gerinda Silindris Dalam

Merupakan jenis mesin gerinda yang digunakan untuk menggerinda benda yang memiliki diameter dalam berbentuk silindris dan tirus.

b. Mesin Gerinda Silindris Luar

Merupakan jenis mesin gerinda yang memiliki fungsi untuk menggerinda permukaan diameter luar pada benda kerja berbentuk silindris dan tirus.

c. Mesin Gerinda Silindris Luar Tanpa Senter

Merupakan jenis mesin gerinda yang digunakan untuk menggerinda diameter luar benda kerja dalam jumlah banyak, baik benda kerja yang berukuran panjang maupun pendek.

d. Mesin Gerinda Silindris Universal

Merupakan jenis yang paling sempurna diantara mesin gerinda silindris lainnya, karena mampu menggerinda diameter luar dan diameter dalam benda kerja yang berbentuk silinder dan tirus.

7. Mesin Gerinda Alat Potong

mesin+gerinda+alat+potong
Mesin Gerinda Alat Potong

Mesin gerinda alat potong adalah mesin gerinda yang hanya digunakan untuk melakukan pekerjaan presisi, yaitu untuk mengasah atau menajamkan berbagai macam jenis alat potong, seperti mata bor, pahat bubut, pahat sekrap dan lain-lain. Selain itu, jenis mesin gerinda ini juga digunakan untuk menghaluskan pada tahap finishing pada benda kerja berbentuk silinder, surface, taper, dan internal yang memerlikan ketelitian.

Mesin gerinda alat potong ini terbagi menjadi dua macam, yaitu:

a. Mesin Gerinda Pengasahan Pahat Frais

Mesin gerinda untuk pengasahan perkakas alat potong, seperti pahat frais, reamer, dan sejenisnya. Untuk pengasahan, perlengkapan mesinnya dapat digeser atau diputar-putar mengikuti bentuk benda yang dikerjakan. Ketika proses pengasahan, batu gerinda digerakkan melalui handelnya dengan tangan secara bolak-balik. Sementara itu, benda kerja diputar melalui penjepitnya dengan tangan.

b. Mesin Gerinda Pengasahan Pahat Bubut

Mesin gerinda untuk pengasahan perkakas alat potong, seperti pahat bubut dan mata bor. Ketika proses pengasahan, benda kerja didorong ke arah batu gerinda yang berputar. Pada mesinnya tidak menggunakan meja, tetapi diganti dengan perlengkapan lainnya yang dapat diatur besar derajatnya sesuai sudut benda kerja yang diasah.

Demikanlah pembahasan mengenai jenis-jenis mesin gerinda dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top