Servis Cara Mengganti Bearing Box Mesin Gerinda

Cara Mengganti Bearing Box Mesin Gerinda

cara mengganti bearing box mesin gerinda
Bearing Box Gerinda Tangan

Cara Mengganti Bearing Box Mesin Gerinda – Bearing box merupakan sebuah bearing yang memiliki rumah sebagai tempat dudukan. Pada mesin gerinda tangan, bearing box ini terletak pada ujung mesin gerinda dan berfungsi sebagai dudukan poros mata gerinda. 

Dalam beberapa masalah yang terjadi pada mesin gerinda tangan, salah satu yang sering atau kerap terjadi yaitu bearing box tidak berfungsi dengan baik sehingga mengakibatkan mata gerinda menjadi geol atau putarnnya tidak beraturan. Dan yang paling parah yaitu mata gerinda tidak dapat berputar.

Jika mengalami masalah seperti yang telah disebutkan diatas mengenai bearing box mesin gerinda tangan, maka kita harus mengganti bearing box tersebut dengan yang baru. Karena bearing yang terdapat pada bearing box tersebut tidak dapat dilepas.

Cara Mengganti Bearing Box Mesin Gerinda

Untuk mengganti bearing box pada mesin gerinda tangan, harus dilakukan dengan benar agar tidak terjadi masalah lain yang mungkin terjadi, seperti bunyi kasar atau putaran mesin gerinda menjadi seret. 
Berikut ini merupakan ulasan mengenai bagaimana cara mengganti bearing box sesuai langkah-langkah yang dianjurkan. Dan caranya yaitu :

1. Bukalah 4 baut pengunci bearing box yang terdapat pada mesin gerinda tangan. Setelah semua baut terlepas, kemudian ambil kepala gerinda.

2. Lepaskan gigi mesin gerinda yang terdapat di kepala mesin gerinda tersebut dengan melepas ring penguncinya terlebih dahulu.

3. Setelah gigi mesin gerinda terlepas, lepaskan poros mata gerinda dengan mengetuk menggunakan palu sampai terlepas pada bearing box.

4. Pasang poros mata gerinda pada bearing box yang baru, kemudian pasang kembali gigi mata gerinda beserta ring penguncinya.

5. Pasang kepala mesin gerinda pada mesin gerinda dan kencangkan dengan 4 baut penguncinya. Selesai.

Begitulah kira-kira cara mengganti bearing box mesin gerinda tangan. Sangat mudah dan sederhana. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *