Home » Servis » Penyebab Pengapian Genset Hilang

Penyebab Pengapian Genset Hilang

penyebab+pengapian+genset+hilang
Penyebab Pengapian Genset Hilang

Penyebab Pengapian Genset Hilang – Diantara penyebab gagal start pada mesin genset adalah pengapian busi menghilang (tidak ada percikan api). Sehingga pembakaran mesin pun tidak akan terjadi dan genset tidak dapat menyala.

Pada mesin genset, sistem pengapian yang digunakan berupa ignition coil atau CDI. Ingnition coil yang dilalui magnet pada roda gila, akan menghasilkan energi elektromagnetik yang kemudian diteruskan oleh kabel busi dan menghasilkan percikan api pada ujung elektroda busi.

Namun, beberapa kasus masalah yang sering terjadi pada mesin genset yaitu percikan api pada busi hilang. Sehingga, untuk mengatasi masalah tersebut, kita harus mencari penyebabnya agar dapat mengatasinya. Lalu, apa saja bagian yang perlu dicek? Simak ulasan berikut ini.

Penyebab Pengapian Genset Hilang Dan Cara Mengatasinya

1. Busi Mati

Penyebab yang pertama adalah busi mati. Busi adalah komponen yang memercik bunga api untuk proses pembakaran. Namun, busi memiliki batasan umur yang dapat mati jika sudah waktunya. Sehingga, apabila setelah busi dicek dan tidak nyala, gantilah dengan busi yang baru.

Baca Juga :  Cara Mengganti Bearing Pompa Air

2. Kabel Busi Terkelupas

Penyebab kedua dari hilangnya pengapian genset yaitu kabel busi terkelupas. Kabel busi merupakan kabel penerus daya elektromegantik yang berasal dari ignition coil atau CDI.

Jika kabel busi ini terlepas, maka daya elektromagnetik akan bocor dan tidak sampai pada busi. Akibatnya busi menjadi tidak nyala. Untuk mengatasinya, bungkuslah kabel busi yang terkelupas tersebut dengan isolatip.

3. Ignition Coil Mati

Penyebab selanjutnya dari pengapian genset hilang yaitu Ignition coil mati. Ignition Coil adalah bagian yang terletak didekat roda gila (fly wheel). Jika ignition coil ini mati, maka busi tidak akan nyala sama sekali. Untuk mengatasinya yaitu dengan mengganti ignition coil yang baru.

4. Kabel Masa Menempel Bodi Mesin

Penyebab yang terakhir adalah kabel masa yang berasal dari ignition coil menempel pada bodi mesin. Hal ini biasanya disebabkan oleh gigitan tikus. Sehingga kabel masa tersebut terkelupas dan menempel pada kerangka logam mesin yang mengakibatkan pengapian genset pun akan hilang.

Baca Juga :  Cara Memasang Kapasitor Kipas Angin

Untuk mengatasinya, periksalah saluran kabel masa tersebut. Jika ada yang terkelupas, bungkuslah dengan isolatip. Namun permasalahan ini juga bisa disebabkan oleh saklar genset yang sudah rusak (korosi). Dan untuk mengatasinya yaitu dengan mengganti saklar yang baru.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab pengapian genset hilang dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top