Home » Servis » Cara Mengatasi Pompa Air Masuk Angin

Cara Mengatasi Pompa Air Masuk Angin

cara+mengatasi+pompa+air+masuk+angin
Cara Mengatasi Pompa Air Masuk Angin

Cara Mengatasi Pompa Air Masuk Angin – Mesin pompa air yang mengalami masuk angin sebenarnya merupakan masalah yang ringan. Tanda-tandanya dapat dilihat dari air yang tak kunjung naik meskipun mesin pompa telah dihidupkan. Dan jika membuka kran air, maka akan terdengar bunyi seperti rentetan gelembung angin tanpa ada air yang keluar.

Istilah masuk angin pada pompa air ini memang sesuai dengan namanya. Karena, penyebab dari masalah tersebut yaitu adanya angin yang bersembunyi di dalam saluran pipa hisap. Sehingga, mengakibatkan hilangnya daya vakum dan air tidak dapat naik.

Mengatasi masalah pompa air yang masuk angin caranya cukup mudah, hanya perlu ketelitian dalam menganalisa penyebabnya. Karena masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang mendominasinya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini mengenai cara mengatasi pompa air masuk angin.

Cara Mengatasi Pompa Air Masuk Angin

Diantara penyebab air tidak naik pada mesin pompa air adalah sebagai berikut :

1. Check Valve Mengeras

Check Valve adalah klep pada lubang hisap yang terbuat dari karet. Suhu panas yang dihasilkan oleh motoran penggerak, menjadikan check valve mengeras dan gepeng. Sehingga mengakibatkan adanya rongga yang dapat dimasuki angin. Dengan begitu, daya hisap pompa air menjadi hilang dan air tidak dapat naik.

Untuk mengatasi check valve yang telah gepeng, sebaiknya gantilah dengan yang baru. Caranya yaitu melepas pipa hisap terlebih dahulu, kemudian buka dua baut flange (penjepit klep). Setelah itu pasang check Valve yang baru dan lihat hasilnya.

2. Drat Socket Pipa Hisap Kendor

Penggunaan pompa air dalam jangka panjang, biasanya drat socket yang digunakan untuk menghubungkan pipa hisap dengan mesin pompa air mengalami pengenduran. Jika socket tersebut kendor, secara otomatis daya vakum melemah dan menyebabkan air tidak dapat terhisap.

Untuk mengatasi socket drat yang kendor, sebaiknya lepaskan socket drat tersebut terlebih dahulu. Kemudian balut drat dengan sealtape untuk menghindari kebocoran. Barulah kemudian pasang kembali dan kencangkan dengan kunci pipa.

3. Pipa Hisap Bocor

Pipa hisap yang sudah berumur, akan semakin rapuh dan mudah bocor. Apalagi jika terbentur sesuatu, biasanya akan retak tanpa kita sadari. Pipa yang bocor tersebut akan mengakibatkan daya hisap menurun atau bahkan hilang jika kebocorannya telah parah. Akibatkanya air pun tidak dapat terhisap oleh mesin pompa.

Jika terjadi kebocoran pada pipa hisap, amatilah dengan seksama dimana letak kebocorannya. Jika masih dapat diperbaiki, gunakanlah shock pipa untuk menutup bagian yang bocor. Namun, jika sudah tidak memungkinkan untuk diatasi, sebaiknya gantilah dengan pipa hisap yang baru.

4. Tusen Klep Rusak

Jika dari beberapa penyebab di atas telah diperiksa dan pompa air masih masuk angin, maka langkah selanjutnya yaitu mengecek tusen klep yang berada di ujung bawah pipa hisap.

Tusen klep ini berfungsi untuk menahan air agar tidak keluar dari pipa hisap jika mesin pompa dimatikan. Namun, jika klep tersebut rusak, maka pipa hisap tidak dapat menyimpan air ketika mesin pompa dimatikan. Sehingga akan terbentuk ruang udara kosong di dalam pipa hisap yang mengakibatkan masuk angin.

Jika tusen klep rusak, cara mengatasinya yaitu dengan mencabut pipa hisap dari sumber air. Kemudian gantilah dengan tusen klep yang baru. Sebelum mencoba menghidupkan mesin pompa, sebaiknya pancinglah terlebih dahulu dengan air agar pipa hisap terisi air untuk menghindari masuk angin.

Demikianlah uraian pembahasan mengenai cara mengatasi pompa air masuk angin. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top