Servis Cara Memperbaiki Mesin Diesel Yanmar

Cara Memperbaiki Mesin Diesel Yanmar

cara+memperbaiki+mesin+diesel+yanmar
Cara Memperbaiki Mesin Diesel Yanmar

Cara Memperbaiki Mesin Diesel Yanmar – Mesin diesel yanmar merupakan mesin diesel pabrikan jepang yang sangat tangguh. Namun, bukan berarti merk mesin diesel ini tidak dapat mengalami kerusakan. Karena, setiap barang buatan manusia pasti memiliki batasan usia yang pasti akan muncul masalah yang harus diperbaiki.

Mesin diesel yanmar sebenarnya bisa dikatakan jarang sekali mengalami kendala. Hal itu pasti akan selaras apabila perawatan selalu dilakukan secara rutin dan berkala. Tetapi, banyak pengguna mesin diesel yang biasanya mengabaikan pemeiliharaannya. Sehingga, mengakibatkan mesin diesel yanmar mengalami masalah, seperti sudah hidup atau kurang tenaga.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang bagimana cara memperbaiki mesin diesel yanmar yang mengalami masalah. Namun, cara ini bisa digunakan pada merk mesin diesel lainnya. Karena, pada dasarnya cara kerja semua mesin diesel sama hanya kontruksinya yang berbeda.

Daftar Isi

Cara Memperbaiki Mesin Diesel Yanmar

Berikut adalah beberapa penyebab permasalahan yang sering terjadi pada mesin diesel yanmar serta bagaimana cara memperbaikinya.

1. Kompresi Lemah

Kompresi lemah akan mengakibatkan mesin diesel susah hidup. Atau, jika mesin diesel berhasil dinyalakan, tenaganya akan hilang ketika dibebani dan mesin akan mati sendiri.

Untuk mengecek kompresi, kita bisa mengengkol mesin beberapa saat, kemudian lepaskan choke-nya. Jika ada tekanan setelah melepas choke, maka kompresi mesin masih bagus. Tetapi, jika ngelos tanpa tekanan, berarti kompresi bocor.

Ada beberapa faktor kemungkinan yang menyebabkan kompresi mesin diesel lemah atau ngempos. Diantaranya yaitu ring piston aus, boring rusak, dan klep bocor. Oleh sebab itu, cek lah bagian-bagian tersebut jika kompresi mesin berkurang. Jika menemukan bagian yang aus atau rusak, gantilah dengan yang baru. Dan khusus untuk kebocoran klep, lakukanlah skir klep agar rapat kembali.

2. Injektor Lemah

Injektor yang lemah ini juga mengakibatkan mesin diesel susah hidup. Untuk memerikasa apakah injektor masih bagus atau tidak, caranya yaitu dengan melepaskan injektor dan ditempatkan diluar mesin. Kemudian engkol mesin beberapa putaran dengan tuas gas dinaikan. Injektor yang bagus akan mengeluarkan pancaran solar yang kuat dan berkabut. Jika, pancaran solar lemah atau bagian nozzle ada yang menetes, cara memperbaiknya yaitu dengan mengganti nozzle yang baru.

Namun, hal ini juga dapat disebabkan oleh bagian pompa solar (bosch pump) yang telah aus. Sehingga tidak mampu memberi tekanan yang tinggi pada nozzle. Oleh sebab itu, periksa juka tekanan solar yang keluar dari bosch pump. Dan jika memang tekanannya lemah, sebaiknya gantilah plunger pompa solar dengan yang baru.

3. Choke Rusak

Fungsi choke pada mesin diesel adalah penekan klep pada saat menghidupkan mesin. Namun, permasalahan yang sering terjadi yaitu choke ini tidak bisa kembali. Sehingga, klep akan selalu tertekan dan kompresi mesin pun akan hilang.

Untuk memperbaiki choke mesin diesel ini, perikasalah pir pengembali yang berada pada choke. Karena, biasanya pir tersebut lepas atau patah. Jika pir terlepas, maka pasang kembali pada tempatnya. Tetapi, jika pir patah, gantilah dengan pir choke yang baru.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memperbaiki mesin diesel yanmar. Semoga bermnafaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *