Home » Servis » Masalah Pada Mesin Gx 160 Dan Solusi Perbaikannya

Masalah Pada Mesin Gx 160 Dan Solusi Perbaikannya

masalah+dan+solusi+mesin+gx160
Masalah Dan Solusi Mesin Gx 160

Masalah Dan Solusi Mesin GX 160 – Sebagai mesin penggerak bensin yang sangat terkenal untuk menggerakan berbagai jenis mesin perkakas, bukan tidak mungkin jika mesin GX 160 ini mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang masalah dan solusi mesin GX 160.

Untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada mesin GX 160, tentu harus mengenal lebih dulu bagian-bagiannya. Agar tidak mengalami kesulitan dalam melakukan pembongkaran, serta meminimalisir terjadi kesalah pahaman dalam melakukan perbaikan.

Dalam memperbaiki mesin GX 160, sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan. Karena, pada dasarnya setiap mesin bensin memiliki cara kerja yang sama. Hanya kontruksi komponenya yang berbeda.

Namun, sebelum memperbaiki mesin GX 160 yang mengalami kerusakan, haruslah mengetahui permasalahanya terlebih dahulu. Dengan begitu, akan cepat menemukan solusi untuk melakukan perbaikan. Dan berikut ini merupakan masalah yang sering terjadi pada mesin honda GX 160 dan solusi untuk memperbaikinya.

Masalah Dan Solusi Mesin GX 160

1. Mesin Tidak Stabil

Mesin GX 160 yang tidak stabil, biasanya ditandai oleh bunyi yang tersendat-sendat ketika mesin dihidupkan. Penyebab dari mesin GX 160 yang hidupnya tidak stabil ini adalah adanya aliran bensin yang tidak lancar.

Jika terjadi masalah seperti ini, periksalah ketersediaan bensin di tangki penampungan. Karena bahan bakar yang hampir habis dapat menyebabkan aliran bensin ke karburator menjadi tidak lancar. Dan jika bensin hampir habis, lakukan segera pengisian ulang bahan bakar.

Selain dari ketersediaan bahan bakar, mesin GX 160 yang tidak stabil juga dapat disebabkan oleh kondisi karburator yang kotor. Sehingga, perlu melakukan servis karburator agar mesin GX 160 tersebut dapat normal kembali.

2. Gas Tidak Bisa Dikecilkan

Mesin GX 160 yang gasnya tidak bisa mengecil biasanya disebabkan oleh kawat gas atau pir gas yang tidak bisa kembali ke posisi awal. Hal ini biasanya terjadi karena kawat gas tersebut tersangkut oleh bagian lainnya. Sehingga mesin terus membandang dan tidak bisa dikecilkan.

Namun, dapat juga disebabkan oleh kesalahan dalam menyetel governor. Kesalahan penyetelan governor ini, dapat mengakibatkan gas tidak dapat dikecilkan atau mesin tidak dapat dihidupkan sama sekali.

Untuk menyetel governor yang benar pada mesin GX 160, yaitu dengan mengarahkan tuas gas ke posisi maksimal. Kemudian kendurkan baut pengunci governor. Setelah itu, putarlah as governor ke kanan atau searah jarum jam. Dan yang terakhir kencangkan kembali baut pengunci governor tersebut.

3. Sistem Pengapian Hilang

Pengapian adalah salah satu faktor penting pada sebuah mesin bensin. Untuk mengetahui bagus atau tidaknya sistem pengapian, kita bisa melihatnya dari nyala api pada busi. Jika busi tidak nyala sama sekali, cobalah untuk mengganti busi yang baru.

Jika masih belum membuahkan hasil, periksalah kabel netral yang menempel di CDI. Karena, jika kabel tersebut menempel di bodi mesin, maka busi tidak akan nyala dan mesin juga tidak bisa hidup. Namun, jika kabel netral masih dalam keadaan bagus, maka cara terakhir yaitu dengan mengganti CDI.

4. Kompresi Hilang / Ngempos

Hilangnya kompresi pada mesin GX 160 dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu packing head rusak, kebocoran klep, dan ring piston rusak. Untuk mengatasi hilangnya kompresi tersebut, lakukanlah pengecekan tahap demi tahap dari ketiga komponen tersebut.

Jika packing head rusak, maka gantilah dengan yang baru. Penyebab packing head rusak ini biasanya dikarenakan oleh baut silinder head kendor. Oleh karena itu, jika melakukan penggantian packing head, pastikan baut silinder headnya telah dikencangkan dengan sempurna.

Jika terjadi kebocoran pada klep, maka harus melakukan penyekiran klep agar rapat kembali. Untuk melakukan skir klep, silahkan ikuti panduan tentang cara skir klep yang benar.

Dan yang ketiga adalah pengecekan pada ring piston. Untuk mengecek ring piston pada mesin GX 160, harus membongkar mesin GX 160 tersebut. Setelah seluruh bagian terlepas, periksalah ring piston dengan cara memasukan ring piston kedalam lubang silinder head. Lihatlah jarak celah ring piston tersebut, jika kerenggangannya melebihi 0,20 mm,  maka gantilah dengan ring piston baru.

5. Keluar Asap Putih Pekat

Penyebab mesin GX 160 mengeluarkan asap pekat berwarna putih adalah oli mesin naik ke ruang pembakaran. Hal ini disebabkan oleh ring piston yang telah aus. Cara mengatasinya yaitu dengan melakukan penggantian pada ring piston.

Namun,  masalah ini juga bisa disebabkan oleh ring piston yang tidak mengembang. Jika ring piston tidak mau mengembang, cara mengatasinya yaitu cukup melakukan pembersihan pada alur ring piston yang terdapat di piston. Karena biasanya terdapat kerak pada alur ring piston tersebut yang mengakibatkan ring piston tidak mengembang.

Demikianlah uraian mengenai cara memperbaiki permasalahan mesin GX 160. Semoga tips di atas bisa mermanfaat.

Artikel Terkait :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top