Home » Cara Melepas Dan Memasang Stator Gerinda

Cara Melepas Dan Memasang Stator Gerinda

cara+melepas+dan+memasang+stator+gerinda
Cara Melepas Dan Memasang Stator Gerinda

Cara Melepas Dan Memasang Stator Gerinda – Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan mesin gerinda tangan tidak bisa dinyalakan. Salah satunya yaitu putusnya jalur kabel atau aliran listrik yang berada di dalam gulungan stator. Sehingga, untuk mengatasi masalah tersebut harus melakukan bongkar pasang pada mesin gerinda untuk menyambung bagian stator yang putus.

Stator itu sendiri merupakan bagian dinamo penggerak mesin gerinda tangan yang tidak bergerak. Fungsinya yaitu untuk memutar rotor. Kerusakan pada stator ini biasanya disebabkan oleh jalur kabel tidak sengaja tertarik ketika mengganti carbon brush. Sehingga kabel yang menuju stator akan terputus.

Sebelum melepas stator pada mesin gerinda tangan, sebaiknya kita pastikan dulu dengan menggunakan multitester bagian kabel mana yang putus. Karena jik bagian luar yang bermasalah, kita masih bisa menyambungnya tanpa harus melepas stator. Namun, jika memang putusnya di bagian dalam, terpaksa kita harus melakukan pembongkaran untuk melepas statornya.

Cara Melepas Dan Memasang Stator Mesin Gerinda Tangan

Melepas stator ketika akan menyambung kabel yang putus caranya sangat mudah, begitu juga pada saat pemasangannya. Karena dengan menggunakan alat yang sederhana pun kita bisa melakukannya. Namun, bagi yang belum pernah melakukannya dan ingin mengetahui caranya, silahkan simak uraian berikut ini mengenai langkah-langkah melepas dan memasang stator mesin gerinda tangan.

1. Buka cover mesin gerinda bagian belakang dengan melepas terlebih dahulu bautnya dengan obeng.

2. Cek kabel yang menuju stator dengan multitester untuk memastikan jalur kabel yang terputus. Jika sudah menemukan, tandai kabel tersebut.

3. Setelah itu, lepaskan carbon brush dari rumahnya. Kemudian lepaskan juga seluruh jalur kabel yang terhubung

4. Lepaskan kepala gerinda dengan membuka baut penguncinya dengan menggunakan obeng. Ketika melepas kepala gerinda, armature juga akan terangkat bersama kepala gerinda.

5. Lepaskan kedua baut pengunci stator yang menempel pada stator tersebut. Kemudian angkat statornya dari dudukannya. Jika susah, balikan gerinda dan ketukan secara perlahan-lahan. Jika sudah keluar, ambil dengan tangan.

6. Sambungkan jalur kabel yang terputus dengan menggunakan solder, kemudian bungkus dengan isolatip.

7. Setelah penyambungan selesai, cek kembali jalur kabel yang telah disambung dengan multitester untuk memastikan sudah terhubung dengan baik.

8. Setelah itu, pasang kembali stator pada tempatnya dan kencangkan dengan baut penguncinya.

9. Pasang juga kepala bor yang telah terlepas sebelumnya dan kencangkan kembali bautnya.

10. Sambungkan jalur kabel stator sesuai jalurnya. Masing-masing jalur kabel stator mendapati sambungan ke rumah carbon brush dan kabel power.

11. Pasang kembali carbon brush dan tutup cover belakang mesin dan kencangkan bautnya.

12. Sebelum mencoba menghidupkan mesin gerinda, sebaiknya periksa kembali dengan menggunakan multitester.

Demikanlah uraian mengenai cara melepas dan memasang stator gerinda. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top