Home » Servis » Mengatasi Genset Bensin Tidak Mau Hidup

Mengatasi Genset Bensin Tidak Mau Hidup

genset+bensin+tidak+mau+hidup
Mengatasi Genset Bensin Tidak Mau Hidup

Mengatasi Genset Bensin Tidak Mau Hidup – Genset bensin merupakan pengganti listrik yang paling banyak digunakan. Karena memang harganya lebih murah daripada genset diesel. Selain itu, penggunaan dan perawatannya pun tidak begitu sulit.

Namun, dalam beberapa kasus pengguna genset bensin, sering mengalami masalah yaitu susah dihidupkan. Sehingga, banyak yang membawa ke bengkel untuk diservis.

Mengatasi genset bensin yang tidak mau hidup sebenarnya mudah. Karena penyebab dari masalah tersebut biasanya karena tidak pernah dipanaskan ketika disimpan dalam waktu yang cukup lama. Sehingga terjadi endapan bahan bakar pada karburator.

Selain itu, genset bensin susah hidup juga bisa disebabkan karena penggunaan yang salah. Karena biasanya orang awam mematikannya dengan cara menutup choke. Sehingga mengakibatkan busi menjadi hitam dan percikan bunga apinya menjadi kecil ketika dihidupkan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi genset bensin tidak mau hidup. Silahkan dibaca agar dapat memperbaikinya sendiri tanpa harus dibawa ke jasa servis.

Cara Mengatasi Genset Bensin Tidak Mau Hidup

Bagi yang sedang mencari solusi mengatasi genset bensin tidak mau hidup, semoga langkah-langkah dibawah ini dapat menyelesaikannya dan genset dapat hidup kembali.

1. Bersihkan Karburator

Seperti yang telah diuraiakan di atas, salah satu penyebab genset bensin tidak mau hidup yaitu adanya endapan pada karburator yang mengakibatkan celah-celah udara menjadi tersumbat.

Dan untuk mengatasinya yaitu dengan cara membersihkan karburator tersebut dengan melepas seluruh bagiannya. Kemudian cuci menggunakan bensin sampai bersih. Jika telah selesai, pasang kembali karburator pada tempatnya dan coba hidupkan mesin.

genset+bensin+tidak+mau+hidup
Mengatasi Genset Bensin Tidak Mau Hidup

2. Busi Berkerak

Penyebab yang kedua dari genset bensin susah hidup adalah busi menjadi hitam dan berkerak karena salah penggunaan. Dan beberapa kasus yang terjadi busi menjadi mati (tidak keluar bunga api).

Untuk mengatasi masalah seperti ini, lepaskan busi dan bersihkan dengan amplas sampai bersih. Jika setelah membersihkan busi dan genset tak kunjung hidup, maka sebaiknya gantilah dengan busi yang baru.

3. Kabel Massa Menempel Bodi Mesin

Penyebab selanjutnya dari genset bensin tidak mau hidup adalah kabel massa CDI terkelupas dan menempel pada bodi mesin. Hal ini bisanya terjadi karena kabel massa tersebut digigit oleh tikus.

genset+bensin+tidak+mau+hidup
Mengatasi Genset Bensin Tidak Mau Hidup

Kabel massa ini biasanya terletak di bawah tangki bensin dan dibungku dengan bahan anti panas. Periksalah kabel massa tersebut mulai dari CDI sampai saklar on/off. Jika menemukan kabel yang terkelupas atau putus, sambunglah dan bungkus dengan isolatip.

4. Bensin Habis

Mungkin penyebab ini sangat sering diabaikan, sehingga jarang yang memeriksa ketersediaan bahan bakar saat mesin genset bensin tidak kunjung hidup. Selain itu, keran bensin yang tertutup (off) juga sering menjadi faktor lupa membukanya.

Oleh sebab itu, periksalah kapasitas bahan bakar pada tangki bensin jika genset tidak mau hidup. Dan juga pastikan jika kran bensin dalam posisi on (terbuka).

Untuk mengatasinya, periksalah kabel masa tersebut mulai dari CDI hingga saklar on/off mesin. Jika ada yang terkelupas atau putus, sambung kembali dan bungkus dengan isolatip.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi genset bensin tidak mau hidup. Silahkan share jika bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top