Home » Info Baru » Spare Part Genset Yang Sering Rusak

Spare Part Genset Yang Sering Rusak

spare part genset yang sering rusak
Spare Part Genset Yang Sering Rusak
Spare Part Genset Yang Sering Rusak – Penggunaan mesin genset dalam waktu yang lama, biasanya akan muncul beberapa masalah. Hal itu terjadi karena spare part pada genset memang memiliki umur dan suatu saat mengalami kerusakan. Sehingga, jika waktunya sudah tiba, ada beberapa spare part pada genset yang harus diganti.

Dalam mengganti spare part pada mesin genset, terlebih dahulu kita harus tahu merk mesin gensetnya. Karena setiap spare part produk dari mesin genset memiliki tipe dan bentuk yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita harus benar-benar teliti dalam menentukan jenis spare part-nya.

Memang, ada beberapa merk mesin genset yang memiliki spare part yang sama dan kita bisa mengkanibalnya. Namun, tentu saja kita harus memastikannya sebelum menggantinya. Karena, sayang kan jika sudah terbeli tetapi pada saat dipasang ternyata berbeda.

Menganalisa kerusakan spare part pada mesin genset, bisa dikatakan gampang-gampang susah. Kita, harus benar-benar memahami cara kerja dari setiap spare part-nya. Namun, ada beberapa spare part mesin genset yang sering mengalami kerusakan. Diantaranya seperti yang akan diuraikan berikut ini.

Spare Part Genset Yang Sering Rusak

1. Busi

Busi merupakan sumber pengapian yang terdapat pada jenis genset bensin. Dan spare part ini memang sering mengalami masalah, seperti api kecil atau mati. Penyebab dari kerusakan pada busi adalah kualitas busi yang memang kurang bagus. Sehingga, memiliki umur yang pendek jika digunakan.

Selain itu, percampuran yang tidak seimbang antara udara dan bahan bakar juga mengakibatkan busi menjadi hitam dan lama kelamaan mati. Oleh sebab itu, pengaturan angin dan bensin pada karburator harus benar-benar tepat.

2. Karburator

Masih seputar spare part yang sering rusak pada genset bensin. Dan karburator pada genset bensin juga sering mengalami masalah. Mesin genset yang tersimpan cukup lama, akan mengalami pengendapan bahan bakar pada karburator. Sehingga, fungsi karburator menjadi tidak maksimal. Akibatnya performa mesin pun menurun.

Apabila mesin genset tidak digunakan dalam waktu tertentu yang cukup lama, sebaiknya lakukan pemanasan seminggu sekali selama kurang lebih 5 menit. Sehingga, bahan bakar dapat bersirkulasi dan tidak mengendap pada karburator.

3. Bosch Pump

Pada mesin genset diesel, terdapat spare part yang bernama bosch pump. Fungsi Bosch pump ini adalah sebagai pemompa bahan bakar. Oleh karena itu, jika bosch pump ini rusak, maka mesin genset tidak dapat dinyalakan.

Penyebab kerusakan pada bosch pump ini biasanya karena penggunaan yang terus menerus. Sehingga, komponen bosch pump seperti plunger akan mengalami aus yang mengakibatkan tekanan bahan bakar menurun.

Selain itu, penyebab lain dari kerusakan pada bosch pump adalah karena genset diesel tidak digunakan dalam waktu yang lama. Hal ini akan menyebabkan plunger macet dan tidak bisa memompa bahan bakar.

4. AVR Genset

AVR merupakan spare part mesin genset yang sering mengalami kerusakan. Tanda- tanda AVR genset yang mengalami kerusakan dapat terlihat dari mesin genset yang tidak keluar arus listrik.

Penyebab kerusakan pada AVR yaitu pemakaian daya listrik yang melebihi kapasitas genset. Sehingga, AVR menjadi panas dan akhirnya terbakar. Oleh karena itu, jika tidak ingin mengalami kerusakan pada AVR, gunakanlah listrik mesin genset sesuai kapasitasnya.

Itulah beberapa spare part genset yang sering rusak. Jika ingin mesin genset awet, gunakanlah listrik genset sesuai kapasitasnya dan seringlah melakukan service pada mesin genset. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top