Home » Servis » Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Diesel Pincang

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Diesel Pincang

penyebab+mesin+diesel+pincang
Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Diesel Pincang

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Diesel Pincang – Permasalahan pada mesin diesel, ternyata dapat diprediksi dari suaranya. Kondisi mesin diesel yang bagus, akan terdengar suara lansam ketika mesin idle. Sebaliknya,jika mesin diesel bermasalah, akan terdengar suara pincang dan getaran yang tidak beraturan. Lalu, apa sih sebenarnya yang menjadi penyebab mesin diesel pincang?

Penyebab mesin diesel pincang tersebut yaitu adanya kerusakan pada bagaian-bagian tertentu. Hal ini bisanya disebabkan kurangnya perawatan pada mesin diesel. Sehingga, suara mesin diesel menjadi tidak beraturan. Seperti ada suara yang meletup-letup pada knalpot.

Lalu bagaimana cara mengatasi mesin diesel pincang tersebut? Untuk memperbaiki permasalahan ini, kita harus mengecek bagaian yang mungkin menjadi penyebabnya. Karena permasalahan tersebut ada beberapa kemungkinan bagian yang mengalami kerusakan dan harus diganti.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Diesel Pincang

1. Injektor Macet

Injektor merupakan bagian yang memiliki peranan penting pada pembakaran mesin diesel. Jika injektor bermasalah, tentu saja akan mengakibatkan pembakaran menjadi tidak sempurna dan mengalami kendala. Oleh sebab itu, jika terdengar suara pincang pada mesin diesel, perikasalah bagian injektor apakah masih berfungsi normal atau tidak.

Ciri-ciri injektor yang bermasalah yaitu tidak mampu mengkabutkan bahan bakar secara sempurna. Atau bisa juga ada tetesan ketika mengkabutkan bahan bakar. Oleh sebab itu, jika mengalami masalah mesin diesel pincang, periksalah injektornya. Jika memang sudah tidak bagus, gantilah dengan injektor yang baru.

2.Bosch Pump Lemah

Penyebab kedua dari suara mesin diesel pincang yaitu pompa injektor (bosch pump) lemah. Sehingga tidak mampu menghasilkan tekanan pemompaan yang maksimal. Memang sebenarnya komponen yang ada pada bosch pump yang bernama plunger memiliki usia yang harus diganti secara berkala. Sehingga, jika sudah waktunya tiba harus diganti dengan yang baru.

Tanda-tanda bosch pump lemah ini dapat dilihat dari pancaran pengkabutan yang kurang tidak kencang. Sehingga, bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar menjadi susah untuk dikompresi. Dan hasilnya akan terdengar bunyi pincang pada saat mesin diesel dinyalakan.

Oleh sebab itu, jika menemukan adanya pancaran pengkabutan yang lemah, periksalah plunger bosch pump masih bagus atau tidak. Dan jika sudah tidak bagus, gantilah dengan yang baru.

3. Intake Tersumbat

Intake adalah saluaran udara yang menempel pada silinder head. Jika jarang dibersihkan, kotoran yang tersaring pada filter udara lama-kelamaan akan terbawa oleh hisapan langkah kompresi. Sehingga, mengakibatkan intake tersumbat dan menyebabkan suara mesin diesel menjadi pincang.

Oleh sebab itu, periksalah dan bersihkan filter udara dan saluran intake tersebut secara rutin berkala. Agar udara yang masuk ke dalam ruang kompresi lancar tanpa tersumbat kotoran.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mesin diesel pincang. Oleh sebab itu, lakukanlah servis secara teratur pada mesin diesel agar terhindar dari permasalahan yang mungkin terjadi. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top