Home » Tip & Trik » Cara Menyetel Spray Gun Yang Benar

Cara Menyetel Spray Gun Yang Benar

cara+menyetel+spray+gun
Cara Menyetel Spray Gun

Cara Menyetel Spray Gun Yang Benar – Penggunaan spray gun memang sangat memudahkan dalam pekerjaan pengecatan dan finishing. Namun, tentu saja kita harus menguasai cara kerja alat semprot tersebut agar memperoleh hasil yang baik. Salah satunya yaitu dengan memahami cara menyetel spray gun yang benar.

Meskipun cara penggunaan spray gun biasanya tertera pada buku pedoman, namun dalam pelaksaaan kita harus melakukan uji coba secara langsung ketika melakukan penyetelan. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan alat semprot cat ini memiliki beberapa macam jenis yang berbeda. Sehingga untuk menyetelnya pun terdapat sedikit perbedaan.

Jenis spray gun pada dasarnya terbagi menjadi dua macam, yaitu suction feeed dan gravity feed. Perbedaan paling mendasar pada kedua jensi alat semprot tersebut terdapat pada letak tabung catnya. Dimana spray gun jenis suction feed, tabung cat berada di bagaian bawah, sedangkan pada jenis gravity feed, tabung catnya berada di bagian atas. Meskipun begitu, prinsip dasar cara penyetelannya sama saja.

Sebuah spray gun dapat dikatakan bagus jika tujuan finishingnya diterapkan dengan benar. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penyetelan pada spray gun harus dilakukan dengan tepat. Untuk itu, jika ingin memperoleh hasil finishing yang sempurna, lakukanlah penyetelah spray gun dengan baik dan benar.

Langkah – Langkah Menyetel Spray Gun Yang Benar

Untuk menyetel sebuah spray gun, tentunya kita juga harus memahami bagian-bagian dari spray gun. Nah, gambar di bawah ini merupakan bagian-bagian dari sebuah spray gun secara umum.

bagian+bagian+spray+gun
Bagian – Bagian Spray Gun
  • Tabung cat, berfungsi untuk menampung cairan cat yang akan disemprotkan.
  • Cup nozzle, berfungsi untuk menyetel arah semprtotan secara vertikal atau horizontal.
  • Knop pengatur luas semprotan, berfungsi untuk mengatur luas dan sempit semprotan cat yang keluar.
  • Knop pengatur volume cat, berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cat yang disemprotkan.
  • Tuas penekan atau trigger, berfungsi untuk menyemprot dan menghentikan semprotan cat.
  • Knop pengatur angin, berfungsi untuk mengatur tekanan angin yang keluar dari spray gun.

Setelah memahami fungsi bagian-bagian pada spray gun, kita lanjutkan dengan langkah-langkah penyetelan spray gun. Dan cara menyetel spray gun yang benar yaitu sebagai berikut.

  1. Bacalah buku panduan cara penggunaan yang ada. Biasanya di dalam buku tersebut diuraikan cara melakukan setting pada setiap bagian-bagian spray gun.
  2. Hubungkan spray gun dengan udara bertekanan atau mesin kompresor. Pastikan area sambungan tidak bocor yang dapat menyebabkan tekanan angin berkurang dan angin cepat habis.
  3. Siapkan cat yang akan digunakan untuk pekerjaan pengecatan. Kemudian masukan ke dalam tabung cat pada spray gun. Untuk hasil yang sempurna, disarankan untuk menyaring cat tersebut ketika memasukan ke dalam tabung cat.
  4. Setting knop pengatur volume cat. Untuk mengaturnya, putarlah berlawanan dengan arah jarum jam jika ingin membuka dan memperbanyak jumlah cat yang keluar. Sedangkan untuk mengurangi jumlah cat, putarlah searah dengan jarum jam. Kita bisa membuka sekitar satu putaran terlebih dahulu untuk percobaan.
  5. Setting knop pengatur angin. Untuk membuka angin, putarlah berlawanan dengan jarum jam. Dan untuk mengurangi tekanan angin, putarlah searah jarum jam. Tekanan angin yang terlalu besar, dapat menyebabkan hasil pengecatan tipis dan boros cat. Sedangkan jika tekanan angin terlalu kecil, maka cat tidak dapat disemburkan dan dapat menngakibatkan spray gun mampat.
  6. Setting pengatur luas semprotan. Jika kita memutar searah jarum jam, maka semprotan cat akan semakin menyempit. Begitu sebaliknya, jika memutar berlawanan dengan arah jarum jam, maka semprotan cat akan semakin meluas. Aturlah sesuai luas permukaan benda kerja yang akan dicat.
  7. Setting cup nozzle. Untuk mengatur cup nozzle, kendurkan terlebih dahulu mur penguncinya. Kemudian arahkan kedua ujung cup nozzle tersebut sesuai keinginan. Jika kita akan mengecat secara vertikal, maka posisikan cup nozzle tersebut agar cat yang keluar secara horizontal.
  8. Lakukanlah penyetelan pada nomer 4, 5, 6, dan 7 secara berulang-ulang dengan menyemprotkan spray gun pada benda percobaan hingga memperoleh semprotan cat yang diinginkan. Setelah penyetelan benar-benar tepat, barulah menyemprotkan pada benda yang akan dicat.

Bagaimana, tidak begitu sulit bukan? begitulah cara menyetel spray gun yang benar sebelum menggunakannya untuk pengecatan. Dan jangan lupa jika telah selesai mengecat, bersihkanlah spray gun hingga benar-benar terbebas dari cairan cat. Semoga artikel ini bermanfaat

Artikel Terkait :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top