Home » Cara Menyetel Nozzle Mesin Diesel Kubota

Cara Menyetel Nozzle Mesin Diesel Kubota

cara+menyetel+nozzle+diesel+kubota
Cara Menyetel Nozzle Mesin Diesel Kubota

Cara Menyetel Nozzle Mesin Diesel Kubota – Penyetelan nozzle pada mesin diesel kubota berbeda dengan mesin-mesin diesel buatan china. Karena pada rumah nozzle mesin diesel kubota tidak terdapat baut penyetel seperti halnya yang terdapat pada mesin dongfeng dan lainnya. Oleh sebab itu, para mekanik mesin diesel biasanya memiliki cara tersendiri untuk menyetel tekanan nozzle pada mesin diesel kubota.

Nozzle itu sendiri merupakan komponen pada mesin diesel yang berfungsi sebagai pengkabut bahan bakar. Jika tekanannya mulai menurun akibat dari penggunaan yang cukup lama, maka dapat menyebabkan mesin susah dihidupkan dan berakibat performa mesin tidak optimal. Sehingga perlu penyetelan pada bagian nozzle agar tekanannya dapat normal kembali.

Pada mesin diesel buatan jepang seperti kubota dan yanmar, memang tidak memiliki baut penyetel nozzle. Karena pengaturan tekanan nozzle-nya memang sudah paten dari pabriknya. Namun, dengan trik yang akan diuraikan berikut ini, kita dapat menyetel tekanan nozzle pada mesin diesel kubota ketika mengalami penurunan agar menjadi kencang kembali.

Cara Menyetel Nozzle Mesin Diesel Kubota

Sebelum membahas tentang cara menyetel nozzle pada mesin diesel kubota, sebaiknya memahami dulu gejala dari tekanan nozzle yang menurun. Dan ciri-ciri dari nozzle yang tekanannya menurun dapat diketahui dari suara pancaran bahan bakar yang sudah tidak lagi terdengar ketika mesin diesel diengkol.

Selain ditandai dari suara tekanan bahan bakar, nozzle yang mengalami penurunan juga dapat dilihat dari mesin susah dihidupkan. Dan jika berhasil dihidupkan, maka mesin akan brebet tidak bertenaga dan lama kelamaan mati sendiri. Jika mengalami hal seperti itu, sebaiknya periksa nozzle-nya. Dan jika tekanannya ternyata lemah, maka lakukanlah penyetelan seperti berikut :

1. Pertama lepaskan terlebih dahulu pipa saluran bahan bakar (selang HPP) yang menghubungkan antara rumah nozzle dan bosch pump (pompa bahan bakar).

2. Kemudian lepaskan rumah nozzle dari tempatnya (cylinder head) dengan membuka flange (penjepit) terlebih dahulu.

3. Setelah itu, bongkarlah rumah nozzle hingga seluruh komponen yang ada di dalamnya terlepas.

4. Siapkan sim (pelat tipis), kemudian bentuklah lingkaran yang tengahnya berlubang (mirip sebuah ring) dengan diameter sesuai tempat spring pada rumah nozzle.

5. Letakan lingkaran sim yang telah dibuat pada pangkal tempat spring nozzle (untuk ganjal). Setelah itu, rangkai kembali seluruh bagian yang telah dilepaskan sebelumnya.

6. Sebelum memasang kembali rumah nozzle, periksalah terlebih dahulu tekanan nozzle-nya. Jika masih kurang kencang, tambahkan lagi sim-nya sampai tekanannya maksimal.

7. Setelah tekanan nozzle sesuai dengan yang dikehendaki, pasang kembali rumah nozzle pada tempatnya dan juga selang HPP. Setelah itu, cobalah untuk menghidupkan mesin diesel.

Demikianlah uraian mengenai trik yang dapat dilakukan dalam cara menyetel nozzle mesin diesel kubota. Cara ini juga dapat dilakukan pada semua mesin diesel yang tidak memiliki baut penyetelan. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top