Home » Cara Mengatasi Pompa Air Berisik

Cara Mengatasi Pompa Air Berisik

cara+mengatasi+pompa+air+berisik
Cara Mengatasi Pompa Air Berisik

Cara Mengatasi Pompa Air Berisik – Jika mesin pompa air berbunyi berisik ketika dinyalakan, itu tandanya ada masalah yang harus diperbaiki. Selain mengganggu pendegaran, jika hal itu dibiarkan terus menerus maka akan mengakibatkan mesin pompa air rusak. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja penyebab mesin pompa air berisik dan cara mengatasinya.

Ada beberapa kemungkinan yang menajdi faktor penyebab dari mesin pompa air yang mengeluarkan bunyi bising. Untuk itu, kita harus cermat dalam menganalisa masalah tersebut. Apakah merupakan kerusakan ringan atau masalah besar yang harus segera ditangani. Meskipun setelah diperiksa hanya merupakan kerusakan kecil, namun jika dibiarkan begitu saja lama kelamaan suaranya akan semakin keras dan menjadi sebuah masalah yang serius.

Oleh sebab itu, janganlah pernah membiarkan berlarut-larut masalah mesin pompa air yang berbunyi berisik tanpa melakukan perbaikan. Meskipun mesin pompa air masih dapat menghisap dan mengeluarkan air, namun kondisi seperti itu harus segera diatasi agar tidak menjalar dan merusak bagian yang lainnya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Pompa Air Berisik

Mesin pompa yang kondisinya masih baru, biasanya memang akan mengeluarkan suara bising yang diakibatkan oleh daya kevakuman yang masih rendah. Tetapi hal tersebut biasanya hanya berlangsung sebentar saja. Karena ketika volume air memadati ruang pompa, maka tekanan air akan meningkat dan suara berisik pun akan berangsur-angsur menghilang dengan sendirinya.

Namun, jika suara bising yang keluar tidak kunjung hilang dan air yang keluar semakin sedikit, maka perlu memeriksa instalasi pipa hisap. Karena kemungkinan hal itu terjadi karena adanya kebocoran pada bagian pipa hisap sampai ke bagian tusen klep. Sehingga mesin pompa air akan kehilangan daya vakum.

Dalam mengatasi suara berisik yang terjadi pada mesin pompa air, bisa dikatanan gampang-gampang susah. Karena telinga kita harus jeli dalam menemukan suara berisik yang menjadi penyebabnya. Untuk itu, berikut akan diuraikan mengenai beberapa hal yang sering menyebabkan mesin pompa air berbunyi berisik dan cara memperbaikinya.

1. Kipas Pendingin Dinamo Lepas

Ada beberapa mesin pompa air yang memiliki kipas pendingin pada bagian luar dinamo penggeraknya. Jika kipas tersebut bergoyang atau terlepas dari as dinamo, maka akan mengakibatkan bunyi berisik pada mesin pompa air. Meskipun masalah seperti ini merupakan jenis kerusakan ringan, namun jika dibiarkan begitu saja, kipas tersebut dapat rontok dan mengakibatkan dinamo pompa air menjadi cepat panas.

Untuk itu, jika pompa air berbunyi bising, periksalah bagian kipas dinamo tersebut dengan membuka cover pelindungnya terlebih dahulu. Jika kondisi kipas bergoyang, maka segeralah diperbaiki agar dapat berputar secara normal. Namun, jika sudah rusak atau rontok sebaiknya gantilah kipas tersebut dengan yang baru.

2. Impeller Menyentuh Dinding Pompa

Penggunaan mesin pompa air dalam jangka waktu yang lama, pasti akan muncul beberapa kerusakan pada komponennya. Misalnya bagian o-ring cover impeller yang aus atau memipih akibat panas dari dinamo. Sehingga akan menyebabkan ruang pompa menjadi menyempit. Akibatnya ruang gerak impeller pun juga akan mengecil dan lama kelamaan impeller tersebut akan menyentuh dan bergesekan dengan dinding pompa yang menimbulkan bunyi bising.

Untuk mengatasi impeller yang bersentuhan dengan dinding pompa, kita harus membuka bagian cover impeller dan mengganti o-ring yang telah aus atau rusak. Dengan begitu, maka ruang gerak impeller akan sedikit membuka. Sehingga impeller pun dapat berputar dengan leluasa tanpa bergesekan dengan dinding pompa.

3. Laher/Bearing Dinamo Rusak

Laher/bearing dinamo merupakan tumpuan berputarnya as rotor. Jika bearing tersebut rusak, maka putaran rotor menjadi tidak seimbang dan akan menyentuh bagian stator. Jika rotor sampai bersentuhan dengan stator maka akan timbul pergesekan dan menghasilkan bunyi yang bising. Selain itu, jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka dapat mengakibatkan dinamo pompa air terbakar dan merusak bagian lainnya seperti mekanikal seal dan impeller.

Oleh sebab itu, jika bearing dinamo rusak, maka segeralah untuk menggantinya dengan yang baru. Namun, untuk melakukan penggantian bearing tersebut kita harus membongkar seluruh bagian mesin pompa air. Meskipun dapat melakukannya sendiri, namun sebaiknya diserahkan kepada ahlinya agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menimbulkan permasalahan yang baru pada mesin pompa air.

Demikianlah uraian mengenai penyebab dan cara mengatasi pompa air berisik. Jika mesin pompa air yang Anda miliki mulai terdengar bunyi yang berisik dan tidak normal, segeralah untuk diperbaiki agar tidak menjadi masalah yang lebih serius pada mesin pompa air. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top