Home » Tip & Trik » Cara Memperbaiki Tarikan Starter

Cara Memperbaiki Tarikan Starter

cara memperbaiki tarikan starter
Cara Memperbaiki Tarikan Starter
Cara Memperbaiki Tarikan Starter – Postingan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara memperbaiki tarikan starter yang mengalami kerusakan. Apa itu recoil starter? Simak uraian berikut ini.
Recoil starter (tarikan starter) merupakan komponen mesin yang berfungsi untuk menghidupkan mesin secara manual. Cara kerja recoil starter ini yaitu memutar poros mesin sebagai langkah awal pada proses menghidupkan mesin.
Banyak sekali mesin yang menggunakan recoil starter ini. Sebagai contohnya yaitu mesin penggerak bensin dan mesin penggerak solar (diesel), potong rumput, mesin pompa air dan mesin kompresor. Namun pada kesempatan kali ini yang dibahas yaitu recoil starter mesin honda GX 160.
Sebagai komponen yang sering ditarik berulang-ulang, recoil starter pada mesin honda GX 160 ini memang kerap mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut disebabkan oleh cara menghidupkan mesin GX  160 kurang benar atau kondisi mesin yang memang sudah berumur lama.

Untuk memperbaiki recoil starter yang mengalami kerusakan, sebenarnya caranya sangat mudah. Yang perlu diperhatikan adalah penyebabnya, sehingga dalam proses perbaikan recoil starter akan lebih cepat menemukan bagian mana saja yang mengalami kerusakan.

Berikut merupakan beberapa kerusakan yang sering terjadi pada recoil starter mesin honda GX 160 dan cara memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Tarikan Starter

1. Tali Satarter Tidak Bisa Kembali Seperti Semula

Maasalah yang sering terjadi pada recoil starter mesin honda GX 160 adalah tali starter tidak bisa kembali seperti semula ketika recoil starter di tarik. Penyebab dari tali yang tidak bisa balik lagi yaitu pir starter lepas atau pir starter patah.

Cara mengatasi pir starter lepas dari pengaitnya yaitu dengan mengaitkan kembali pir yang terlepas tersebut  pada dudukannya. Sedangkan jika pir starter patah, maka kita harus mengganti dengan pir starter yang baru.

2. Pelatukan Tidak Keluar Saat Di Tarik

Pelatukan recoil starter yang tidak keluar saat ditarik, akan mengakibatkan puli pengait mesin tidak dapat digerakan. Hal ini biasanya terjadi kerena pelatukan tersebut keluar dari alurnya. Sehingga akan terjepit oleh baut pengunci. Permasalahan ini dapat diatasi dengan cara membuka baut pengencang dan menempatkan pelatukan tersebut padan alurnya dengan benar. Setelah terpasang dengan benar, kencangkan kembali bautnya.

3. Tali Recoil Starter Putus

Apabila tali recoil starter putus, sebaiknya kita mengganti dengan tali starter yang baru. Ukuran standar tali starter mesin honda GX 160 adalah panjang 1,25 meter dan memiliki diameter 4 mm.

Cara pemasangan tali starter baru pada recoil starter sangat mudah. Yang pertama yaitu melepas tali starter yang telah putus. Kemudian pasanglah tali yang baru tersebut pada puli starter dan ikat ujung tali tersebut dengan kuat agar tidak terlepas.

Setelah itu, tempatkan tali pada coakan yang berada di tepi puli starter. Putarlah puli starter  tersebut berlawanan dengan arah jarum jam sebanyak 3 sampai 5 putaran. Kemudian lepaslah putaran puli starter tersebut secara perlahan. Dan secara otomatis tali starter akan menggulung dan terpasang dengan sendirinya.

Demikianlah uraian mengenai cara memperbaiki recoil starter mesin. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top