Home » Tip & Trik » Cara Memancing Mesin Pompa Air

Cara Memancing Mesin Pompa Air

cara+memancing+pompa+air
Cara Memancing Mesin Pompa Air 
Cara Memancing Mesin Pompa Air –  Mesin pompa air yang sudah lama digunakan, biasanya airnya susah naik meskipun pompa air telah dinyalakan. Sehingga, harus dipancing dahulu supaya airnya dapat mengalir keluar.

Mengatasi  pompa air yang tak kunjung keluar air dengan cara memancing dengan air, sebenarnya bukanlah cara yang benar. Namun, banyak orang yang melakukan cara tersebut ketika situasi yang mendesak. Sehingga, memasukan air ke dalam tabung pompa air terlebih dahulu dianggap cara yang paling tepat.

Mesin pompa air yang tidak keluar air, sebaiknya harus diperbaiki. Agar tidak terus-menerus memancing pompa air tersebut ketika akan menggunakannya. Karena, hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada mesin pompa air.

Penyebab mesin pompa air yang harus dipancing tersebut, sebenarnya hanya merupakan masalah masuk angin pada saluran hisap. Sehingga, daya hisap air menjadi lemah ketika mesin pompa air dihidupkan. Akibatnya, air tidak dapat naik.

Permasalahan masuk angin yang terjadi pada mesin pompa air, dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya yaitu kebocoran pada instalasi pipa hisap, mekanikal seal rusak, dan impeller terkikis. Ketiga faktor tersebutlah yang mengakibatkan air tidak naik pada mesin pompa air. Dan berikut merupakan cara memancing mesin pompa air yang airnya tidak naik.

Cara Memancing Mesin Pompa Air 


1. Sebelum memancing pompa air, pastikan mesin pompa air dalam keadaan mati (belum dinyalakan). Kemudian, bukalah tutup lubang pengisian dengan menggunakan tang atau kunci pas.

2. Kemudian pasanglah corong ke lubang pengisisan air. Selanjutnya, masukan air secara perlahan agar air tidak menyebar ke mana-mana. Jika ada air yang mengalir keluar, bersihkan dengan kain lap hingga kering.

3. Jika air sudah memenuhi tabung pompa air, tutuplah kembali lubang tersebut seperti semula. Pastikan tertutup rapat dan kencangkan kembali dengan tang atau kunci pas.

4. Setelah semua langkah selesai. Cobalah nyalakan mesin pompa air. Jika langkah demi langkah telah dilakukan dan belum membuahkan hasil, lakukanlah kembali mulai dari awal hingga air mengalir keluar.

Demikianlah uraian mengenai cara memancing pompa air ketika airnya tidak naik. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top