Home » Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

cara+memperbaiki+kipas+angin

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung – Pasti pernah diantara kita ketika menghidupkan kipas angin, tetapi tidak berputar dan hanya bunyi berdengung. Hal ini tentu saja sangat menyebalkan, apalagi ketika cuaca sedang panas dan butuh hembusan angin untuk mendinginkan badan. Yang terjadi malah suasana tambah panas karena memikirkan cara memperbaiki kipas angin tersebut.

Manfaat kipas angin memang sangat dibutuhkan saat cuaca panas. Oleh sebab itu, mesin penghembus angin ini banyak yang memilikinya. Namun, jika penggunaanya secara terus menerus, tidak menutup kemungkinan jika kipas angin tersebut mengalami kerusakan.

Kerusakan yang sering terjadi pada kipas angin yaitu bunyi berdengung dan tidak berputar ketika dinyalakan. Dan biasanya kipas angin bisa berputar setelah dibantu diputar dengan tangan. Jika masalah seperti terjadi pada kipas angin yang kita miliki, sebaiknya diperiksa dahulu sebelum dimasukan ke gudang. Karena siapa tahu masih bisa diperbaiki.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

Masalah kipas angin yang berdengung ketika dihidupkan, sebenarnya masih bisa diperbaiki selama kipas angin tersebut belum keluar asap. Karena jika sudah mengeluarkan asap berarti tandanya dinamonya sudah terbakar. Namun, jika hanya berdengung tanpa keluar asap, sebaiknya hentikan langsung pemakaian dan segera diperbaiki agar kerusakannya tidak sampai parah.

Setiap masalah pasti ada solusinya. Dan kita harus tahu penyebabnya terlebih dahulu agar bisa mengatasinya. Dan penyebab kipas angin yang berdengung yaitu kapasitor yang sudah tidak berfungsi. Kapasitor yang telah rusak bisa dilihat dari bentuknya yang menggembung atau meleleh. Namun, ada juga yang masih utuh, tetapi nilai resistansinya menurun.

Pengecekan kapasitor untuk memastikan tidak berfungsi atau tidak, dapat menggunakan multitester. Caranya yaitu dengan mengatur multitester pada hambatan (ohm) skala X10K. Kemudian tempelkan kedua kabel probe ke masing-masing terminal kapasitor. Jika jarum multitester bergerak kekanan dan kembali lagi, maka kapasitor masih bagus. Tetapi jika jarum multitester bergerak kekanan dan tidak kembali atau jarum tidak bergerak sama sekali, maka tandanya kapasitor sudah rusak.

Untuk mengganti kapasitor yang rusak, gantilah dengan kapasitor baru yang memiliki nilai resistansi yang sama. Nilai resistansi kapasitor kipas angin yaitu diantara 1 μF sampai 2,5 μF. Jangan mengganti kapasitor dengan nilai resistansi yang berbeda, misalnya lebih besar atau lebih kecil, karena dapat menimbulkan permasalahan baru pada kipas angin.

Setelah mengganti kapasitor, cobalah untuk menghidupkan kipas angin. Dan lihat hasilnya, maka kipas angin akan berputar normal tanpa berdengung dan tanpa dibantu dengan tangan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara memperbaiki kipas angin berdengung. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top