Home » Kelistrikan » Cara Memasang Saklar Lampu Tunggal Dan Ganda

Cara Memasang Saklar Lampu Tunggal Dan Ganda

cara+memasang+saklar+lampu
Cara Memasang Saklar Lampu

Cara Memasang Saklar Lampu Tunggal Dan Ganda – Pasti kita sering menyalakan dan memadamkan lampu di rumah dengan menekan saklar. Saklar yang sering dijumpai di rumah yaitu jenis saklar tunggal dan saklar ganda. Lalu, pernahkah terpikir tentang bagaimana cara memasang saklar lampu tersebut?

Saklar itu sendiri merupakan komponen listrik yang memiliki fungsi untuk menyambung dan memutus arus listrik. Cara kerja saklar sangat sederhana. Jika terminal saklar menutup (on), maka arus listrik akan mengalir. Sedangkan jika terminal saklar membuka (off), maka arus listrik akan terputus.

Dengan mengetahui cara kerja saklar yang sederhana, maka dapat disimpulkan bahwa cara pemasangannya pun juga sangat mudah. Nah, bagi yang belum bisa memasangnya, tidak perlu khawatir. Karena pada artikel ini akan dibahas tentang cara memasang saklar lampu dengan mudah, baik itu saklar tunggal maupun saklar ganda.

Cara Memasang Saklar Lampu Tunggal Dan Ganda

1. Cara Memasang Saklar Tunggal

Saklar lampu tunggal merupakan jenis saklar yang paling sederhana. Yakni hanya terdiri dari satu buah tuas. Dengan saklar tunggal, kita dapat menyalakan dan memadamkan lampu hanya dengan menggunakan satu tombol.

Untuk pemasangan saklar tunggal, silahkan lihat instalasi pada gambar rangkaian lampu di bawah ini.

cara+memasang+saklar
Cara Memasang Saklar Lampu Tunggal

Dari gambar diatas, kita bisa melihat pemasangan saklar berada pada kabel phase. Mengapa demikian? Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya kesetrum ketika akan mengganti lampu atau akan mengistalasi rangkaian baru.

Baca Juga :  Cara Pasang Saklar Lampu Rumah Sendiri

Penjelasan singkatnya seperti ini, jika kita membuka (memutuskan) saklar yang berada di jalur kabel phase, secara otomatis arus listrik akan berhenti di saklar tersebut. Sehingga, perangkat listrik (lampu) setelah saklar tersebut tidak akan arus listrik yang mengalir.

Berbeda jika pemasangan saklar berada di jalur kabel netral. Jika saklar telah membuka (terputus), arus listrik akan tetap ada di perangkat listrik (lampu) meskipun lampu tersebut padam. Hal itu dikarenakan jalur kabel phase tidak terputus dan masih terhubung ke sumber listrik.

2. Cara Memasang Saklar Ganda

Pemasangan saklar ganda sedikit berbeda dengan saklar tunggal. Dimana saklar ganda ini mampu menyalakan dan memadamkan dua buah lampu yang terletak di tempat berbeda. Misalnya, lampu di kamar 1 dan kamar 2.

Untuk pemasangan saklar ganda, bisa melihat instalasi pada gambar rangkaian lampu di bawah ini.

cara+memasang+saklar
Cara Memasang Saklar Lampu Ganda

Dengan melihat gambar di atas, sebenarnya cara kerja saklar ganda ini sama dengan saklar tunggal, yaitu menghubungkan dan memutuskan arus listrik. Yang berbeda hanya cara pemasangannya saja. Dimana, salah satu dari kedua tuas saklar tersebut terdapat jumper (menghubungkan dua titik).

Aturan penempatan saklar ganda ini pun sama dengan saklar tunggal. Yaitu berada di jalur kabel phase. Tentu saja dengan alasan yang sama, yaitu sebagai pengaman terjadinya kesetrum saat pengaplikasian ulang instalasi jalur kabel.

Baca Juga :  Fungsi Steker Pada Instalasi Listrik

Demikianlah pembahasan mengenai cara memasang saklar lampu tunggal dan ganda. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top