Info Baru Alat Perkakas Yang Wajib Ada Di Rumah

Alat Perkakas Yang Wajib Ada Di Rumah

alat perkakas yang wajib ada di rumah
Alat Perkakas Yasng Wajib Ada Di Rumah
Alat Perkakas Yang Wajib Ada Di Rumah – Ada banyak sekali jenis alat-alar perkakas. Mulai dari yang manual, hingga alat perkakas canggih yang sangat memudahkan pekerjaan. Alat perkakas memang memiliki manfaat yang sangat penting. Dengan alat-alat perkakas ini, kita dapat menyelesaikan beberapa pekerjaan sendiri tanpa harus meminta bantuan kepada orang lain.

Beberapa jenis pekerjaan yang sering menggunakan alat-alat perkakas yaitu, perbengkelan, service elektronik, dan bidang pertukangan. Di antara banyaknya peralatan tehnik tersebut, ada beberapa perlatan yang perlu ada dan tersedia di rumah. Dan alat perkakas tersebut sangat membantu kita dalam pekerjaan rumah atau memperbaiki barang-barang yang rusak. Apa saja alat perkakas tersebut? Simak uraian berikut ini tentang alat perkakas yang wajib tersedia di rumah.

10 Alat Perkakas Yang Wajib Tersedia Di Rumah

1. Obeng

Obeng merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memasang atau membuka baut dan sekrup. Banyaknya perkakas rumah tangga yang memakai baut dan sekrup, menjadikan obeng ini wajib tersedia di rumah. Namun, kita cukup menyediakan obeng jenis min (-) dan plus (+). Karena, sebagian besar dari  jenis baut atau mur yang sering digunakan adalah min dan plus.

2. Tang

Tang merupakan alat perkakas yang memiliki multifungsi serbaguna. Dengan menggunakan tang, kita dapat memotong kawat/kabel, melepas baut, mencabut paku, mengencangkan bendrat, memegang benda panas dan lain-lain. Sehingga, tang ini juga harus ada di dalam rumah kita.

3. Palu

Palu atau martil merupakan alat yang digunakan memukul paku. Selain itu, palu juga bisa dipakai untuk mencabut paku dan untuk keperluan lainya, seperti membongkar tembok dan melepas barang-barang rusak yang terbuat dari kayu.

4. Gergaji

Gergaji adalah peralatan perkakas yang dipakai untuk memotong kayu atau besi sesuai jenisnya. Gergaji kayu memiliki permukaan yang lebar, sedangkan gergaji besi bentuknya lebih kecil. Selain untuk memotong kayu dan besi, alat ini juga bisa digunakan untuk memotong pipa dan bahan-bahan lainnya yang perlu dipotong.

5. Pahat

Pahat yaitu alat yang digunakan untuk membuat lubang pada sebuah bidang, misalnya kayu dan dinding. Dengan menggunakan pahat ini, kita dapat membuat lubang dengan bentuk dan ukurang yang kita inginkan. Misalnya ketika memperbaiki meja atau lemari yang rusak. Atau ketika akan memasang saklar dan stop kontak yang akan dipasang di dinding rumah.

6. Kunci Inggris

Kunci inggris ini merupakan alat yang digunakan untuk membuka dan mengencangkan mur dan baut. Dengan mulut penguncinya yang dapat diatur, kita dapat melepas dan mengendorkan baut mulai dari baut ukuran kecil hingga besar. Sehingga alat ini juga penting dan wajib ada di rumah.

7. Alat Ukur (Meteran)

Meteran merupakan alat yang digunakan untuk mengukur panjang sebuah benda. Dengan menggunakan meteran ini, kita akan lebih mudah dan tepat dalam menentukan sebuah ukuran panjang lebar suatu benda.

8. Kikir

Kikir adalah alat yang digunakan untuk mengikis atau mengurangi permukaan benda. Namun, alat ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki ulir yang rusak, mengasah gergaji dan alat-alat lainnya yang perlu di asah. Sehingga, alat ini pun perlu ada di rumah kita.

9. Cangkul

Alat yang sering digunakan para petani untuk mengolah tanah disawah, ternyata pelu juga tersedia di rumah. Selain digunakan disawah, alat ini juga membantu dalam membuat lubang di tanah. Misalnya ketika akan menanam tanaman atau mengubur sampah. Selain itu, cangkul ini juga bisa digunakan untuk membersihkan rumput liar yang ada di pekarangan rumah.

10. Linggis

Linggis merupakan sebuah tuas yang terbuat dari besi. Alat ini biasanya digunakan untuk melubangi tanah saat memasang pagar, mencabut paku berukuran besar, dan sebagai tuas pengungkit ketika memidahkan barang-barang yang besar. Dengan begitu, linggis ini pun sebaiknya ada tersedia di rumah.

Itulah beberapa alat perkakas yang wajib tersedia di rumah kita. Karena, keberadaan alat-alat perkakas tersebut sangat membantu kita dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. 

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *