Home » Info Baru » Macam-Macam Obeng Dan Fungsinya

Macam-Macam Obeng Dan Fungsinya

macam+macam+obeng
Macam-Macam Obeng

Macam-Macam Obeng Dan Fungsinya – Obeng adalah alat yang digunakan untuk melepas dan mengencangkan sekrup. Alat ini sering dipakai untuk bongkar pasang perkakas elektronik di rumah maupun di bengkel-bengkel otomotif. Berikut ini akan diberikan informasi tentang apa saja macam-macam obeng dan fungsinya.

Pada umumnya, ada dua macam jenis obeng yang sering digunakan, yaitu obeng plus dan obeng min. Meskipun terdapat berbagai macam bentuk obeng lainnya, namun setiap jenis obeng hanya memiliki satu fungsi. Sehingga, setiap jenis mata obeng hanya dapat digunakan pada satu bentuk kepala sekrup.

Dengan berkembanganya zaman dan tehnologi, terdapat berbagai macam-macam obeng dengan fungsi yang telah disesuaikan. Hal itu didasari oleh adanya berbeagi bentuk kepala sekrup yang berbeda.

Macam-Macam Obeng Dan Fungsinya

Berikut merupakan nama macam-macam obeng, lengkap beserta gambar dan fungsinya masing-masing.

1. Obeng Plus (Kembang)

obeng+ plus
Obeng Plus

Obeng plus (+) atau atau lebih dikenal dengan obeng kembang merupakan jenis obeng yang ujung mata obengnya berbentuk silang. Mata obeng tersebut jika dilihat dari penampang atas mirip seperti kembang (bunga). Oleh sebab itulah sering dinamai obeng kembang.

Fungsi obeng kembang ini yaitu untuk memutar kepala sekrup yang berbentuk plus. Ujung mata obeng plus ini ada yang lancip dan ada yang tumpul. Kedua jenis obeng plus tersebut digunakan menyesuaikan bentuk dan ukuran dari kepala sekrup.

2. Obeng Pipih (Min)

obeng+pipih
Obeng Min

Obeng pipih juga sering disebut dengan obeng minus, merupakan jenis obeng yang memiliki ujung mata berbentuk pipih tipis. Fungsi obeng minus ini adalah untuk memutar kepala sekrup yang berbentuk min (-).

Perbedaan obeng plus dan obeng minus adalah bentuk ujung mata obengnya. Obeng plus berbentuk plus (+), sedangkan obeng pipih berbentuk min (-).

Meskipun memiliki fungsi sebagai pengencang dan pengendur sekrup, namun banyak yang menggunakan obeng min untuk mencongel bagian benda yang akan dibongkar. Yaitu dengan cara memasukan ujung obeng diantara celah benda yang akan dibuka.

Baca Juga :  Bagian-Bagian Busi Dan Fungsinya

3. Obeng Ketok

obeng+ketok
Obeng Ketok

Obeng ketok adalah jenis obeng yang cara penggunaannya diketok. Dengan memukul ujung batangnya, maka mata obeng akan berputar sesuai arah yang dikendekai.

Fungsi obeng ketok adalah untuk melepas atau memasang skrup yang memiliki moment kekencangan yang kuat. Biasanya digunakan untuk melepas skrup-skrup yang berada di blok mesin yang tidak bisa diputar dengan obeng biasa

4. Obeng Shock

obeng+shock
Obeng Shock

Jenis obeng lainnya yaitu obeng shock. Obeng shock merupakan obeng yang memiliki beberapa mata obeng yang dapat diganti-ganti sesuai penggunaannya. Mata obeng shock ini biasanya selalu tersedia dalam satuan set.

Sama seperti obeng lainnya, fungsi obeng shock yaitu untuk membuka dan memasang sekrup. Namun, obeng ini dapat digunakan untuk memutar berbagai bentuk kepala sekrup. Karena memiliki banyak jenis mata obeng yang bervariasi.

5. Obeng Megnet

obeng+magnet
Obeng Magnet

Obeng magnet adalah jenis obeng yang dilengkapi adanya daya magnet pada ujung mata obengnya. Magnet tersebut digunakan untuk mengambil sekrup yang terselip dan tidak bisa dijangkau oleh tangan.

Ketika kita melepaskan sekrup di lubang yang cukup dalam dan sekrup tersebut jatuh ke dalam celah-celah sempit, maka dengan menggunakan obeng magnet sekrup tersebut dapat menempel dan ditarik keluar.

6. Obeng Tespen

obeng+tespen
Obeng Tespen

Tespent merupakan jenis obeng yang sering dipakai oleh para tukang instalasi listrik. Fungsi obeng tespent ini digunakan untuk mengecek arus listrik.

Di dalam gagang obeng tespent ini selalu dilengkapi dengan adanya lampu kecil yang akan menyala jika ujung mata obengya ditempelkan pada kabel yang terhubung aliran listrik.

7. Obeng Elektrik

obeng+elektrik
Obeng Elektrik

Obeng elektrik merupakan jenis obeng yang pengoperasiannya menggunakan energi listrik. Biasanya obeng ini dilengkapi adanya batere di bawah gagangnya.

Baca Juga :  Harga Mesin Pres Minuman (Cup Sealer)

Dengan menggunakan obeng elektrik ini, melepas atau mengencangkan sekrup menjadi lebih mudah. Kita cukup menekan saklar pada gagang obeng dan mata obeng akan berputar sesuai putaran yang diinginkan.

8. Obeng Felxible

obeng+flexible
Obeng Flexible

Obeng flexible merupakan jenis obeng yang memiliki batang lentur diantara gagang dan mata obengnya. Fungsi obeng flexible ini yaitu untuk memutar sekrup yang berada di tempat yang susah dijangkau oleh obeng biasa.

Dengan batang flexible yang dapat digerakkan ke arah mana saja, sangat memudahkan untuk menjangkau sekrup di area sempit dan terbatas.

9. Obeng Ratchet

obeng+ratchet
Obeng Ratchet

Obeng ratchet adalah obeng yang memiliki gagang ratchet seperti gagang pada kunci shock. Jenis obeng ini juga memiliki mata obeng yang bisa dilepas dan diganti. Sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam bentuk sekrup.

Dengan menggunakan obeng ratchet, melepas dan memasang sekrup menjadi lebih mudah dan cepat. Karena kita cukup menggerakan gagangnya naik turun tanpa harus memutarnya.

10. Obeng Offset

obeng+offset
Obeng Offset

Obeng offset adalah jenis obeng yang gagangnya berbetuk siku-siku yang berlawanan. Obeng ini memiliki mata obeng pada setiap ujungnya. Sehingga, jika salah satu mata obengnya rusak, masih bisa menggunakan mata obeng yang satunya lagi.

Fungsi obeng offset adalah untuk memutar sekrup yang tempatnya berliku dan tidak dapat dijangkau oleh jenis obeng lainnya. Obeng offset ini biasanya digunakan untuk membuka sekrup cover motor atau mobil yang tempatnya di bawah kolong-kolong.

Demikanlah pembahasan mengenai nama macam-macam obeng dan fungsinya masing-masing. Silahkan share jika bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top